Ini Cara Modifikasi CVT Motor Matic Agar Tarikan Makin Mantap

Motor matic memang menjadi motor yang banyak disukai. Selain karena mengendarainya lebih mudah, motor matic sangat cocok dipakai sehari-hari. Namun hal ini kerap kali membuat orang kurang puas karena tarikannya kurang bagus atau maksimal. Nah, kamu bisa melakukan modifikasi CVT motor matic! 

Tips Melakukan Modifikasi CVT Motor Matic

Supaya tarikan motor makin mantap, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat ingin melakukan modifikasi. Tentunya cara-cara ini termasuk yang cukup sering dilakukan supaya berkendara semakin aman dan nyaman. 

1.Mengurangi Bobot Roller CVT

Teknik pertama yaitu dengan mengurangi berat roller cvt. Hal ini akan membuat tarikan pertama akan lebih responsif pada putaran bawah. Namun, ada baiknya kamu jangan menurunkan bobot terlalu banyak. Dengan begitu, putaran atas tetap bertenaga. Sebab jika bobot roller cvt terlalu ringan biasanya pada putaran atas tenaga motor akan lebih loyo. Cukup kurangi 1 mata saja, contohnya dari berat 10 gram menjadi 9 gram.

2.Ganti Per Kampas Kopling 

Cara berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah mengganti per kampas kopling dengan yang lebih keras. Roller cvt yang ringan maka akan semakin cepat bukaan pully yang membuat kampas sentrifugal akan lebih cepat terangkat. Maka dari itu untuk menghindari hal tersebut, ketiga per kampas yang ada pada cvt harus diganti dengan yang lebih keras agar seimbang dengan bukaan pully yang cepat.

3.Gunakan Per CVT Racing

Terakhir, kamu mengganti per CVT standar dengan per CVT racing. Jenis per ini mampu membuat mesin lebih bertenaga di putaran bawah. Untuk ukuran per CVT racing sesuaikan dengan kebutuhan. Namun jika mesin pada motor matic masih standar lebih baik pilih per CVT racing dengan ukuran 1000 sampai 1500 RPM.

Cara Lain untuk membuat Tarikan Motor Makin Mantap

Selain melakukan modifikasi CVT motor matic, kamu bisa melakukan beberapa cara agar tarikan motor makin mantap. Misalnya memakai noken As racing. Alat ini berfungsi untuk mengatur buka-tutup klep sehingga berperan penting terhadap performa motor matic. Sayangnya harga Noken As Racing cukup mahal, yakni sekitar Rp 400.000 – Rp 500.000

Berikutnya  kamu bisa mengganti knalpot bawaan dengan knalpot racing. Ternyata hal ini bisa membuat motor lebih cepat dan enteng. Namun asal jangan pilih. Kamu harus memilih knalpot original.  Satu lagi cara membuat tarikan enteng, yakni dengan menaikan rasio kompresi mesin. 

Namun, pastikan dilakukan oleh profesional. Kesalahan dalam menaikan kompresi mesin bisa berbahaya. Sebab butuh perhitungan yang pas agar setinggan bisa sempurna. Apabila pengaturannya pas, tarikan mesin akan terasa lebih enteng dan membuat motor bisa berlari lebih cepat.

Terakhir, ada beberapa penyebab tarikan motor matic matic berat. Salah satunya adalah karena oli yang digunakan sudah melebihi masa pakai dan harus diganti dengan oli baru. Sewajarnya durasi penggantian oli motor matic adalah setiap dua bulan sekali atau ketika motor sudah menempuh jarak 2.000-3000 km.

Penggantian oli yang telat hanya akan membuat tarikan motor terasa berat. Sebab tingkat kekentalan oli akan menurun dan menjadikan mesin motor cepat panas. Agar performa mesin selalu prima, maka kamu wajib mengganti oli secara berkala. Dengan cara-cara itulah, kamu bisa membuat motor matic memiliki tarikan yang lebih mantap.