Mengenal Gaya Modifikasi Scrambler Beserta Tipsnya

Modifikasi Scrambler menjadi salah satu gaya yang cukup banyak digemari. Gaya satu ini memang banyak populer di tahun 60an. Jika kamu berminat untuk melakukan modifikasi dengan gaya ini, ketahuilah ada sederet tips dan trik jika ingin melakukan modifikasi tersebut. 

Mengenal Konsep Modifikasi Scrambler 

Konsep scrambler pada dasarnya memunculkan tampilan sepeda motor yang sederhana namun tetap tangguh dan punya kecepatan yang oke. Dari segi desain, tema modifikasi motor scrambler terbagi ke dalam beberapa sub kategori. Tema yang paling terkenal adalah classic scrambler dan modern scrambler. Fokus modifikasi yang dilakukan para builder dalam menggarap scrambler adalah pada rangka, desain knalpot, suspensi termasuk kaki-kaki.

Scrambler juga memiliki ciri khas yakni di bagian knalpot, yaitu melengkung ke atas dan sejajar dengan bagian bawah jok. Ubahan desain knalpot ini agar saluran pembuangan tidak terganggu andaikata motor melalui genangan air yang cukup dalam.

Umumnya, scrambler di bagian kaki-kaki memanfaatkan velg jari-jari karena lebih lentur ketika melahap medan off road dan jalan berbatu. Velg baik depan maupun belakang dibuat sama ukurannya, memakai diameter 18 inch yang dibalut ban enduro.

Estimasi Biaya Modifikasi Motor Scrambler

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan adalah estimasi biaya yang harus kamu keluarkan. Tentunya modifikasi motor membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Kamu perlu melakukan modifikasi mulai dari tangki, kaki-kaki hingga rangka. Meski demikian, modifikasi scrambler memang yang cukup terjangkau dan sederhana.

Untuk membuat motor bergaya scrambler, kamu membutuhkan dana sekitar Rp 10 juta. Proses pengerjaan sekitar satu hingga dua minggu. Angka Rp 10 juta juga tidak bisa menjadi patokan karena tergantung dengan bengkel serta aksesoris yang kamu pilih. Maka dari itu, jangan lupa diskusikan dengan pihak modifikator mengenai konsep dan aksesoris yang akan digunakan. 

Biaya Rp 10 juta juga belum termasuk bahan motor yang akan dipakai untuk modifikasi. Harga sport naked yang biasa dipakai untuk modifikasi gaya scrambler berkisar antara Rp 10 sampai dengan Rp 15 jutaan. Tentunya ini tergantung dengan kondisi motor itu sendiri. 

Paling tidak kamu perlu membeli motor dengan kondisi listrik dan mesin yang sehat. Hal ini penting supaya tidak membuat beban baru setelah proses modifikasi terjadi. Jika ditotal secara keseluruhan, estimasi biaya yang digunakan berkisar Rp 25 juta. 

Motor yang Cocok Dipakai untuk Modifikasi Scrambler

Hal terakhir yang perlu diperhatikan adalah bahan motor yang akan kamu pakai untuk modifikasi Scrambler. Bahan motor ini termasuk elemen penting karena turut menentukan hal-hal penting termasuk jenis aksesoris. Motor pertama yang bisa dipakai adalah Yamaha Scorpio.

Alasan pertama pemakaian motor ini adalah kapasitas mesin yang cukup besar yaitu mencapai 225 cc. Mesin besar berarti memiliki tenaga yang besar pula. Nantinya motor ini bisa dipakai untuk jalan raya atau ingin dipakai pada medan off-road yang ringan. Sasis dan bentuk dasarnya sudah asyik. Kamu tinggal memotong bagian belakang serta mengganti ban dan knalpot. Hal tersebut sudah mengubahnya jadi modifikasi scrambler. 

Motor berikutnya adalah Kawasaki Ninja 250. Motor sport ini juga sering kali dibuat gaya scrambler. Alasannya kurang lebih sama yaitu bertenaga dengan mesin besar. Tampilan motor juga tampak menjadi kekar dengan gaya scrambler. Pilihannya juga asik karena bentuk sasis sudah datar.

Kamu juga bisa memakai kaki-kaki bawaan dengan mengganti bang. Setang bisa kemudian diganti menjadi setang jepit. Motor terakhir yang bisa dipakai adalah Honda Tiger atau GL-200. Motor yang mulai jadi legenda di jalanan ini termasuk yang sering dijadikan bahan modifikasi. Meski kapasitas sasis Tiger yang tidak terlalu besar namun asik jika dibuat Scrambler. Motor ini cukup direkomendasikan untuk dibuat modifikasi scrambler.