Begini Gaya dan Tips Modifikasi Cafe Racer

Ada banyak modifikasi yang bisa dilakukan pada motor. Salah satu gaya yang cukup banyak diminati salah satunya adalah cafe racer. Sudah belasan tahun aliran modifikasi ini dikenal oleh orang Indonesia. Lalu seperti apa gaya dan tips untuk melakukan modifikasi cafe racer? 

Mengenal Modifikasi Cafe Racer

Modifikasi cafe racer pada dasarnya bergaya retro. Hanya saja modifikasi ini lebih ke arah retro balapan. Banyak sekali bengkel modifikasi yang memiliki gaya unik untuk menampilkan cafe racer yang unik. Filosofi dari cafe racer sendiri memang berkembang di Eropa. Para bikers Eropa kala itu ingin membuat motor retro namun kekinian. 

Nama cafe racer juga didapatkan dari Inggris karena waktu itu ide ini tercetus di cafe-cafe yang ada di jalan Cross Country setelah Perang Dunia II. Untuk di Indonesia, modifikasi ini juga mengadopsi gaya cafe racer namun ditambah rasa lokal. 

Tips Modifikasi Cafe Racer

Jika kamu tertarik untuk melakukan modifikasi cafe racer, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan untuk membuat modifikasi ini. Tentunya ini untuk menunjang keberhasilan modifikasi yang akan kamu lakukan.

1.Cari motor yang akan dijadikan Cafe Racer

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah motor untuk cafe racer. Memang tidak ada aturan baku mengenai motor yang bisa dipakai untuk konsep Cafe Racer. Namun, kamu bisa memakai motor Yamaha Scorpio. Desain bodi yang cukup sporty membuat motor ini bisa dimodifikasi dengan gaya cafe racer. 

2.Menyiapkan rangka motor yang sesuai 

Langkah berikutnya adalah menyiapkan rangka motor. Jika dilihat rangka motor yang bagus untuk pemakaian cafe racer adalah rangka dengan posisi tangki dengan jok sejajar. Tipe rangka double cradle ini cenderung punya posisi sejajar. Kamu tidak perlu melakukan perubahan pada motor ini karena hanya memotong bagian belakang dan sesuaikan postur tubuh pengendara.

3.Cari tangki dengan bentuk klasik

Salah satu ciri khas dari modifikasi cafe racer adalah bagian tangki yang klasik. Itu artinya kamu harus mencari tangki custom. Harganya sendiri berkisar Rp 250.000 dan belum termasuk cat. Untuk bagian finishing, kamu bisa menyesuaikan dengan selera dan belum termasuk ke dalam biaya finishing.

4.Mencari jok single seater atau hornet

Untuk bagian jok sendiri, kamu bisa membeli single seater atau bentuk hornet. Untuk gaya modifikasi ini memang hanya memakai jok yang bisa dipakai untuk satu orang saja. Kamu bisa melakukan custom pada bagian jok dengan harga yang juga cukup terjangkau. 

5.Cari bagian setang

Untuk setang sendiri, kamu harus mencari setang jepit atau yang pendek. Hal ini akan membuat pengendara tampak menunduk ketika mengendarai motor. Kamu bisa mencari setang tipe jepit atau clubman. Harganya sendiri juga terjangkau karena tidak sampai Rp 500.000. 

6.Cari piranti kelengkapan

Modifikasi bisa berlanjut dengan piranti tambahan seperti knalpot dan spakbor. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan selera. Ada pula tambahan lainnya adalah bagian lampu baik lampu utama, sein hingga rem. Semua lampu ini memiliki gaya klasik yang siap kamu pakai untuk melengkapi motor retro cafe racer.

7.Ganti ban dan pelek

Untuk mengganti bagian roda, kamu bisa memakai pelek jenis jari-jari. Hal ini penting supaya konsep klasiknya semakin terlihat. Jangan lupa untuk memilih ban dengan profil yang tinggi. Untuk harganya, pelek dan ban, kamu siapkan uang sebesar Rp500 ribu – 1 juta.

Ternyata gaya modifikasi cafe racer termasuk yang mudah dilakukan asalkan memiliki konsep yang jelas. Semua gaya modifikasi bisa disesuaikan dengan selera kamu sebagai pemilik hingga budget yang kamu siapkan. Selamat mencoba untuk modifikasi!