Inspirasi Gaya Modifikasi Beat yang Populer

Honda Beat termasuk salah satu jenis motor yang banyak dimiliki orang di pasaran. Tak hanya karena harganya yang terjangkau saja, motor ini juga ringan dan cocok dipakai sehari-hari. Pastinya motor ini juga tidak lepas dari modifikasi. Seperti apa gaya modifikasi yang banyak dipakai oleh orang?

Cutting Sticker

Gaya modifikasi ini memang termasuk mudah untuk dilakukan. Kamu cukup datang ke penjual cutting sticker dan bisa menciptakan desain livery motor. Desain yang dibuat juga bisa bervariasi. Misalnya kamu bisa memakai anime, grafis atau livery balap.

Pedagang stiker juga biasanya menyiapkan beberapa contoh atau inspirasi yang bisa kamu pakai. Jadi, kamu bisa langsung datang dan memilih desain yang sudah tersedia. Harganya pun juga menyesuaikan dengan tingkat kesulitan desain. Selain itu, lamanya proses pengerjaan juga ikut berpengaruh.

Untuk desain yang murah dan sudah tersedia harganya antara Rp 250.000 sampai Rp 500.000. Kamu tinggal memilih bahan yang akan digunakan. Salah satu kelebihan dari gaya modifikasi Beat ini adalah proses pasang yang cukup singkat. Kelebihan lainnya adalah bisa dicopot jika memang kamu sudah bosan dan ingin ganti desain. Stiker juga bisa untuk melindungi cat asli motor dari goresan.

Racing Look

Racing look sendiri sebenarnya banyak disukai karena tidak terlalu ramai dan heboh. Gaya modifikasi Beat satu ini lebih banyak mengedepankan fungsi dan performa untuk pemakaian sehari-hari. Agar bisa menghasilkan performa lebih baik, gaya modifikasi ini mengubah beberapa bagian seperti velg, ban shockbreaker hingga knalpot.

Aliran satu ini sebenarnya memang lebih bersahaja namun mengedepankan performa mesin yang terbaik. Hal inilah yang membuat motor akan lebih baik dari segi spesifikasi. Spek dari motor ini biasanya berubah menjadi semi kompetisi yang bisa dipakai untuk harian. Contohnya saja pemakaian ban dengan kompon soft yang memiliki tujuan menghasilkan grip yang lebih maksimal.

Agar handling lebih maksimal, kamu juga bisa mengganti shockbreaker belakang dengan produk aftermarket. Jika kamu punya budget yang lebih banyak, gaya modifikasi Beat bisa dengan melakukan upgrade mesin dengan oversize piston. Kamu bisa mengganti beberapa part pendukung misalnya klep dan noken as. Supaya hasilnya semakin maksimal, kamu bisa memaksimalkan sistem pembakaran dan upgrade bagian CVT supaya transfer tenaga ke roda lebih baik.

Untuk segi harga, kamu harus menyisihkan biaya yang cukup besar. Bila dijumlahkan, harga part bisa mencapai jutaan sampai belasan juta rupiah. Hanya saja jangan sampai menyalahgunakan modifikasi ini untuk balap liar. Kamu cukup menikmatinya untuk performa sehari-hari saja.

Gaya Modifikasi Beat

(Foto: IG @tegar_nitinegoro)

Thailook

Konsep Beat Thailook ini paling mudah dan paling sering kita temui. Ciri khas dari Thailook ini memakai velg jari-jari ukuran 17 ban cacing. Tema Thailook biasanya hanya untuk menunjang penampilan motor agar terlihat lebih unik dan ngejreng.
Sebenarnya, konsep Thailook ini membuat penampilan motor jadi ramping tapi malah jadi salah kaprah di kalangan anak muda. Di negeri asalnya, konsep modifikasi ini memakai ban yang ukurannya proporsional yaitu 60/80 17 dan 70/80 17 sehingga masih aman untuk pemakaian harian.

Tema Thailook ini menarik bila dipakai untuk kontes modifikasi karena penampilan motor terlihat ramping dengan banyaknya aksesoris. Sayangnya, pengguna Beat dari kalangan remaja yang masih duduk di bangku sekolah cuma punya modal modifikasi pas-pasan.

Mereka memodifikasi motor seadanya dari hasil mengumpulkan uang jajan. Karena ekspektasi yang tidak realistis itulah, membuat garapan Thailook mereka jadi cibiran. Mulai dari aksesoris KW, ban cacing murahan yang sering bocor, hingga suara knalpot yang bising mengganggu tapi tidak bisa menghasilkan performa.

Padahal bila diniati atau diseriusi, tema Thailook juga tak kalah kece dan seringkali menjadi primadona di kontes modifikasi. Bila perlu, kita juga melakukan beberapa upgrade di sektor mesin sehingga modifikasi yang dilakukan semakin menyeluruh.