Hindari Hal Ini Saat Bikin Motor Custom

Bikin motor custom mungkin menjadi hobi bagi sebagian orang. Memang kamu bisa membebaskan ide untuk membuat motor custom yang sesuai selera. Hanya saja ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat membuat atau membangun motor custom.

Salah Memilih Bahan Motor

Saat membuat motor custom, pastinya kamu akan memilih aliran tertentu. Misalnya saja jika kamu melakukan modifikasi dengan gaya street tracker ataupun scrambler. Jika kamu mau memakai aliran ini kamu bisa memakai bahan motor dengan jenis modern classic. Kamu bisa memilih motor modern yang punya tampilan cukup lawas.

Beberapa contoh motornya antara lain GPX Legend 200, Kawasaki W175 dan jenis motor lainnya. Jenis motor modern classic ini termasuk yang cocok untuk dijadikan tracker atau scrambler.Jadi jangan membeli superbike untuk dijadikan gaya scrambler. Hal inilah yang akan membuat modifikasi motor jadi sulit bahkan bisa cenderung gagal.

Tidak Teliti

Untuk bikin motor custom, kamu harus memiliki ketelitian yang tinggi. Apalagi dalam hal pemasangan bagian ban, shock dan komponen lainnya. Hal ini untuk memastikan pemasangan tidak ada kesalahan dan bisa tetap presisi. Perlu diingat bahwa pembuatan motor custom sangat rumit karena hitungannya sampai ke millimeter apalagi jika berbicara ke proses pembubutan.

Bahkan untuk pemasangan beberapa bagian harus memakai hitungan matematika trigonometri. Pemakaian shock ubahan harus dilakukan dengan tepat. Sudut yang dibuat harus tepat supaya motor benar-benar bisa berjalan dengan baik. Membangun motor harus dilakukan dengan teliti khususnya dalam bidang hitung-hitungan.

Begitu pula dengan pemasangan ban agar bisa berada di posisi tengah. Perhitungan bahkan sampai milimeter harus dilakukan dengan presisi. Hal ini juga butuh ketelitian tinggi. Jika kurang 1 milimeter saja bisa menyebabkan seret. Maka tak heran jika pembuatan motor custom membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Tidak Memperhatikan Alat Keselamatan

Ada baiknya kamu tetap mendahulukan keselamatan ketika membuat motor custom. Hindari mencopot peralatan yang bisa menunjang keselamatan. Misalnya saja mencopot spion. Tentunya hal ini adalah hal penting yang tidak boleh terlewat. Tidak hanya karena takut ditilang polisi, keselamatan juga menjaga supaya aman dalam perjalanan.

Kamu juga harus membedakan motor modifikasi yang akan dipakai untuk kontes dengan motor yang memang akan dipakai sehari-hari. Jika mau memakai motor untuk sehari-hari, maka sesuaikan dengan standar kendaraan yang berlaku. Ingat bahwa keselamatan adalah hal yang utama.

Bore Up Mesin

Banyak orang melakukan modifikasi motor custom dilakukan agar bisa lari dengan kencang. Hal ini membuat orang melakukan modifikasi pada kapasitas mesin. Bore up memang kerap menjadi andalan para penggila otomotif. Motor yang tarikan mesinnya kurang seperti Jupiter Z biasanya diubah sehingga tampak gahar di jalan.

Motor lain yang kerap kali mengalami  bore up adalah Supra dan legenda. Kedua jenis motor ini memang terkenal dan cukup bandel di kelasnya. Maka banyak orang yang melakukan modifikasi dengan melakukan penyetelan karburator yang sesuai. Modifikasi gaya ini banyak ditemui pada kontes balap liar pada 2010-an.

Sayangnya modifikasi ini harus dilakukan dengan hati-hati. Bila dilakukan dengan salah dan kurang tepat, dapat melanggar aturan mengenai lalu lintas. Apalagi dilihat dari segi keselamatan. Kamu harus berhati-hati supaya mesin bisa aman dibawa untuk kegiatan sehari-hari.