Bikin Motor Custom, Ini Langkah dan Biayanya

Modifikasi sekarang sudah banyak berkembang pesat. Bahkan banyak orang yang tidak hanya melakukan modifikasi pada bagian tertentu dalam motor. Banyak orang yang bikin motor custom untuk membuat motor sesuai dengan keinginan dan selera.

Menyiapkan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari bahan. Maksudnya bahan adalah sepeda motor yang menjadi bahan dasar. Pastinya kamu harus memilih dan memastikan bahan motor yang akan dipakai. Biasanya motor yang akan dipakai itu akan diambil bagian bodi, mesin hingga beberapa kelistrikan.

Bahan motor sendiri benar-benar bisa disesuaikan dengan selera. Banyak konsumen yang memakai motor modern untuk membuat model motor yang klasik. Semuanya bisa dilakukan karena  bikin motor custom memang menyesuaikan dengan selera kamu masing-masing.

Menyiapkan Konsep

Setelah menentukan bahan motor yang akan dipakai, saatnya kamu membuat ide dasar untuk membangun sebuah motor custom. Kamu harus membuat seperti apa konsep dari motor custom. Dengan konsep yang jelas maka pengerjaan motor bisa jadi lebih terarah.

Kamu akan punya gambaran yang jelas motor akan seperti apa. Pembangunan motor juga jadi lebih efisien bila dilihat dari biaya dan juga waktunya. Terdapat beberapa aliran motor custom yang bisa jadi referensi. Ada beberapa aliran seperti café racer, chopper hingga scrambler.

Untuk café racer misalnya merupakan modifikasi dengan gaya motor balap jadul. Setangnya memakai model clip-on atau jepit yang biasanya dipasang di bawah segitiga atas atau dengan model clubman.

Sementara untuk chopper merupakan gaya motor custom yang memiliki bodi minimalis tanpa memiliki suspensi bagian belakang. Tren minimalis ini ditambah dengan tidak adanya pemakaian sepatbor dengan serta tangki kecil. Ukuran ban juga cukup kontras bagian belakang dengan setang tinggi menjulang.

Genre ini ternyata cukup ngetren karena dipengaruhi oleh public figure. Salah satunya adalah Presiden RI Joko Widodo yang memiliki motor model chopper. Tak heran jika motor ini semakin naik daun. Memang aliran motor custom juga menyesuaikan dengan tren.

Tren berikutnya adalah scrambler. Ternyata tren ini merupakan inspirasi dari desain motor garuk tanah pada zaman dahulu. Aliran ini juga dilengkapi dengan kaki-kaki motor tangguh yang bisa bertahan di berbagai medan jalan. Selain itu, ada ciri khas yaitu knalpot yang dibuat menggantung ke atas.

Menghitung Biaya

Faktor berikutnya yang harus diperhatikan adalah biaya yang dibutuhkan untuk bikin motor custom. Biayanya memang cukup bervariasi karena biaya satu bengkel atau workshop satu dengan yang lainnya cukup berbeda. Jenis motor, genre modifikasi hingga kapasitas mesinnya.

Namun umumnya biaya yang dikeluarkan berdasarkan besaran mesinnya. Untuk kapasitas di bawah 250 cc, biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 15 juta untuk jasa dan part. Tentunya ini di luar harga motor dari bahan. Sementara untuk kapasitas mesin di atasnya sekitar Rp 20 juta.

Harga bikin motor custom ini tentu disesuaikan dengan gayanya. Misalnya untuk aliran yang butuh usaha lebih seperti chopper dan scrambler tentu membutuhkan biaya yang lebih besar. Semakin rumit tentunya akan semakin mahal.

Waktu Pengerjaan

Hal terakhir yang perlu diperhatikan untuk bikin motor custom adalah waktu pengerjaan. Ada baiknya kamu harus bersabar karena membutuhkan ketelitian tingkat tinggi supaya hasilnya maksimal. Untuk pengerjaan membutuhkan dua sampai tiga bulan. Tentu saja ini menyesuaikan dengan kondisi bengkel. Jika bengkel sedang sepi tentu akan lebih cepat.

Proses untuk bikin motor custom sendiri pada dasarnya cukup panjang. Proses dimulai dengan belanja barang, merapikan bagian kaki, finishing pada cat dan body work kemudian sampai kepada perakitan. Setelah pemasangan, bengkel juga akan melakukan quality control hingga akhirnya layak untuk dikirim.