Modifikasi Motor Trail untuk Keselamatan Berkendara

Motor trail merupakan salah satu jenis motor yang banyak peminatnya. Dengan rangka motor yang dirancang untuk menaklukkan medan berat tentunya motor ini sangat disukai oleh orang yang suka memacu adrenalin. Nah, jika kamu ingin melakukan modifikasi motor trail ketahui beberapa langkah untuk keselamatan berkendara.

Bagian Setang

Jika ingin lebih aman dan nyaman saat berkendara motor trail, ada baiknya kamu mengganti setang bawaan pabrik. Kamu bisa mengganti diameter setang yang lebih besar. Saat ini juga banyak orang menjual berbagai ukurang setang. Pastinya bisa menyesuaikan dengan keinginan pelanggan itu sendiri.

Merk setang sendiri di pasaran punya berbagai macam. Untuk yang lokal harganya sekitar Rp 200 ribuan. Namun jika kamu ingin mencari yang kualitas premium, harganya sekitar Rp 1 sampai dengan Rp 2 juta. Nah, biasanya ada penambahan lain ketika berbicara modifikasi setang pada motor trail.

Hal itu adalah bagian busa pada setang motor trail. Ternyata ini memiliki fungsi penting ketika terjadi kecelakaan. Busa dengan bentuk silinder atau kotak ini akan tampak membungkus di bagian tengah setang. Lalu, apa fungsinya setang tersebut? Memang biasanya busa ini dipakai untuk motor yang akan berkompetisi.

Ternyata fungsi busa tersebut cukup vital. Busa ini dapat meredam jika terjadi kecelakaan. Memang kompetisi trail cukup berisiko terjadi kecelakaan. Biasanya bagian dada akan menghajar setang motor. Jika kompetisi terjadi, umumnya kecelakaan membuat pengendara jatuh ke bagian depan.

Fungsi busa inilah yang menjaga agar tulang dada tidak mengalami cedera serius karena terbentur dengan setang. Maka dari itu, kamu juga perlu melengkapi motor trail dengan beberapa modifikasi untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Modifikasi motor trail

(Foto: Instagram/andrerioraranta)

Bagian Knalpot

Modifikasi motor trail berikutnya yang bisa dilakukan adalah bagian knalpot. Gaya modifikasi ini bisa memberikan efek gahar ketika berada di jalan. Kamu tentunya harus mengganti knalpot. Untuk knalpot lokal yang full system harga sekitar Rp 700 ribu. Sementara jika kamu ingin memakai knalpot impor yang lebih berkualitas tentunya harganya bisa mencapai Rp 4 jutaan.

Lampu

Bagian berikutnya yang umumnya diganti oleh para pecinta motor trail adalah bagian lampu belakang. Biasanya lampu bawaan pabrik memiliki reflector di bagian belakang. Biasanya akan dilepas dan diganti dengan lampu kecil. Hal ini dilakukan agar gayanya sama seperti motor trail cross sesungguhnya.

Modifikasi Gir

Agar modifikasi trail semakin membuat motor lebih responsif, kamu bisa mengganti girnya. Tarikan enteng dari gir motor memang harus dimodifikasi sesuai dengan kebutuhannya. Bagian gir memang dimodif supaya bisa lebih enteng. Namun, kamu harus melihat tracknya. Kalau gir terlalu besar bisa membahayakan pembalap karena tenaga terbuang percuma.

Jika motor terlalu enteng juga motor bisa kebuang. Jika trail dibuat untuk medan yang memiliki tanjakan dan loncatan, maka modifikasi mesin serta gir harus ada di kelas menengah. Artinya mesin dan girnya tidak terlalu besar supaya bisa menjaga power pada motor.

Melakukan modifikasi motor trail bisa dibilang menyesuaikan dengan kebutuhan penggunanya juga. Apalagi jika motor trail memang dipakai untuk medan yang ekstrim. Maka modifikasi perlu dilakukan agar aman dan juga nyaman dipakai.