Aturan Memakai Cat Semprot Pada Motor yang Tepat

Modifikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mewarnai bagian bodi motor. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan warna berbeda pada bodi motor. Salah satunya adalah memakai cat semprot pada motor. Apa saja yang perlu kamu perhatikan?

Alat dan Bahan yang Perlu Disiapkan

Tentunya sebelum memakai cat semprot pada motor, kamu perlu menyiapkan sederet alat dan bahan yang mendukung cat motor. Pertama harus menyediakan amplas yang tidak terlalu kasar maupun halus. Amplas 400 menjadi pilihan yang tepat. Siapkan juga bagian amplas halus.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan air sabun untuk mencuci bagian bodi motor supaya bersih. Setelah itu, jangan lupa untuk menyiapkan lap bersih supaya membersihkan dan mengeringkan bodi motor dari air. Siapkan cat semprot warna silver atau cream untuk menjadi dasar.

Jangan lupa menyiapkan warna yang memang diinginkan. Terakhir jangan lupa menyiapkan cat semprot berwarna bening supaya tampilan motor bisa lebih kinclong. Kamu juga harus menyiapkan tempat yang tepat. Jangan terlalu panas atau tempatnya berangin cukup kencang. Pakai di dalam ruangan juga tak masalah karena udara relatif tenang.

Langkah Memakai Cat Semprot Pada Motor

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membersihkan bodi motor agar bebas dari kotoran. Alangkah baiknya kamu mencuci motor sampai bersih dan kering. Jangan lupa untuk amplas bagian permukaannya. Ingat bahwa bagian pengamplasan adalah yang utama. Kalau dilakukan dengan cara yang salah, hasilnya bisa jadi kurang bagus.

Setelah itu, barulah kamu memakai cat dasar yang umumnya berwarna abu-abu. Jika kamu ingin memberi warna motor dengan warna cerah, ada baiknya memakai cat dasar berwarna silver. Setelah cat dasar sudah diberikan, barulah kamu bisa melakukan pengecatan dengan warna yang diinginkan.

Untuk menyemprotnya, ada baiknya kamu menjaga jarang kurang lebih 20 cm dari permukaan. Saat melakukan penyemprotan, lakukan dengan tipis-tipis terlebih dahulu. Setelah itu, aplikasikan cat semprot yang clear supaya bisa tampak mengkilap. Dengan begitu bodi motor akan memiliki warna yang sempurna.

Aturan Memakai Cat Semprot

Pada saat memakai cat semprot, ada baiknya kamu harus memperhatikan beberapa aturan. Misalnya jangan tergesa-gesa ketika memakai cat semprot. Hal ini perlu dilakukan supaya warna cat tidak luntur. Kamu bisa menyemprot lapisan pertama dengan yang lebih tipis. Setelah itu biarkan cat pertama kering sebelum akhirnya lanjut mengecat.

Cara terbaik untuk memakai cat semprot pada motor adalah memberikan coating di permukaan vertikal. Bagian bodi harus disemprot sedikit saja kemudian dilanjutkan dengan bagian horizontal. Ingat kamu harus mengulangi cat dengan pola yang sama. Hindari pola acak supaya hasilnya akan rata saat sudah kering.

Kamu juga sebaiknya jangan mengayun cat semprot. Gerakan ini kerap dianggap sebagai gerakan natural. Namun, jangan pakai gerakan ini ya. Semprot secara paralel atau garis lurus. Permukaan cat bisa lebih rapi dengan warna yang pastinya lebih rata.

Kemudian teknik berikutnya yang perlu diperhatikan adalah ketika menumpuk lapisan cat. Biasanya kamu harus menumpuk cat setelah melakukan cat semprot untuk warna dasar. Supaya cat bisa rata secara keseluruhan, kamu harus memastikan cat selanjutnya menumpuk sebanyak 50% dari lapisan sebelumnya.

Selain teknik mengecat yang tepat, kamu juga bisa menyiapkan alat pendukung saat memakai cat semprot pada motor. Misalnya memakai gagang cat semprot khusus. Kamu bisa memasang pegangan ini untuk membantu supaya jari tidak kaku dan presisi pengecatan juga akan semakin optimal.

Jangan lupa untuk memakai masker muka. Partikel kimia dari cat semprot sangat mudah bercampur dengan udara. Maka, kamu wajib memakai masker muka. Zat kimia dalam cat semprot cukup berbahaya bagi paru-paru dan saraf tubuh. Sementara jika mengecat ke area terbuka maka cat semprot bisa dihinggapi debu hingga serangga. Maka kamu bisa mengerjakannya di ruangan dengan pintu dan jendela terbuka.