Ini Rekomendasi Gaya Modifikasi Scoopy

Modifikasi menjadi tantangan tersendiri bagi para pemilik kendaraan. Pastinya proses modifikasi memerlukan waktu yang panjang. Sebut saja kamu harus melakukan perencanaan dari segi desain hingga budgeting. Lalu, kamu harus melakukan eksekusinya. Jika kamu pecinta motor scoopy, ketahui ada beberapa gaya modifikasi scoopy.

Modifikasi scoopy

(sumber: Instagram @wisnu26_)

Tips Modifikasi Scoopy

Sebelum mengenal model yang cocok untuk modifikasi Scoopy, ada beberapa tips modifikasi yang perlu kamu ketahui. Dengan demikian, kamu bisa memahami seperti apa modifikasi yang akan dibuat.

Mengganti ban dan velg

Salah satu gaya modifikasi yang paling banyak dilakukan adalah mengganti velg dan ban. Kamu bisa menggantinya dengan model baby-look, racing hingga thai-look. Penggantian dua hal ini ternyata cukup memberikan suasana yang berbeda pada motor. Namun, modifikasi ini membutuhkan dana yang besar dan risiko yang cukup tinggi.

Mengganti warna bodi

Ternyata, kamu bisa melakukan modifikasi sederhana pada motor scoopy. Salah satunya adalah mengganti warna bodi. Ini termasuk modifikasi sederhana karena pada dasarnya scoopy sudah memiliki tampilan desain eksterior dengan retro modern. Tipe rangka backbone memiliki suspensi teleskopik.

Kasih Tambahan Box

Jika kamu senang melakukan touring dan bepergian jauh, ada baiknya melakukan penambahan box. Desain retro dari scoopy juga bisa senada dengan tambahan box yang membuat motor semakin cocok untuk dibawa touring. Agar memaksimalkan gaya retro dari Scoopy, kamu bisa menambahkan windshield.

Modifikasi scoopy

(Sumber : Instagram @mawan_299)

Gaya Modifikasi Motor Scoopy

Selain beberapa tips mengenai modifikasi motor scoopy, kamu juga bisa meniru sederet gaya modifikasi yang biasanya dipakai untuk motor satu ini. Gaya modifikasi ini termasuk yang mudah dilakukan karena bagian modifikasinya mudah didapatkan. Seperti apa modifikasi yang bisa kamu coba?

Modifikasi retro

Mengapa gaya modifikasi ini termasuk mudah? Tentunya karena memang konsep Honda Scoopy yang retro, maka dengan mudah kamu semakin membuatnya tampak klasik. Salah satu caranya adalah dengan penggunaan garis-garis lurus dengan motif yang cerah. Kamu bisa memakai decal stiker pada bodi.

Jika ingin memasang box, kamu bisa memilih yang berbahan kulit. Kamu juga bisa memakai windshield panjang dengan spion yang bentuknya bulat dan tinggi. Lapisan jok bisa kamu ganti dengan bahan kulit berwarna coklat supaya semakin tampil klasik.

Modifikasi simple

Modifikasi simple sangat cocok bagi kamu yang ingin memakai motor untuk kehidupan sehari-hari. Kamu hanya perlu memberikan sedikit sentuhan supaya tidak mengubah bentuk asli dari motor tersebut. Ubahan yang sering dilakukan adalah dengan mengganti warna.

Bodi biasanya tidak akan diubah. Hanya saja kamu bisa mengubah motifnya dan menyesuaikan dengan pemilik. Cat bodi dengan gaya matte maupun glossy bisa dipakai untuk mendukung modifikasi satu ini. Kamu juga bisa menempelkan berbagai stiker vinyl. Jika kurang puas, kamu bisa mengganti ban dengan yang lebih sporty.

Modifikasi Thailook

Modifikasi ini termasuk yang cukup ekstrim. Aliran yang terkenal sejak 2005an ini memang terinspirasi dari Thailand. Biasanya ini dipakai oleh para remaja yang senang dengan kecepatan karena akan memakai roda yang ringan dan kecil. Karakter pertama yang cukup khas adalah bodi yang mengkilap dan mencolok.

Kemudian pemakaian warna juga cenderung memakai warna-warna terang. Striping dari pabrikan biasanya diganti dengan aksen Thailand. Kamu tidak akan sulit untuk mencari aksen Thailand. Bagian jok juga biasa dibuat lebih tipis. Begitu pula dengan ban yang cenderung ramping. Biasanya memakai roda 14 atau 17 inch.

Namun, gaya modifikasi scoopy ini cukup mengandung risiko besar. Penggunaan ban kecil atau ban cacing tadi memiliki tapak yang lebih sempit dibandingkan ban standar. Maka dari itu, maka bisa berpengaruh terhadap performa cengkraman traksi ke aspal.

Itu dia sederet tips hingga gaya modifikasi scoopy yang bisa kamu coba. Tentunya modifikasi scoopy termasuk yang mudah dilakukan karena memang motor ini punya gaya retro yang berbeda dan unik tersendiri.