Thunder 125 Si Ramping Gesit Yang Bergaya Klasik

Sejak kemunculannya yang pertama thn 2004 Suzuki Thunder sudah melewati banyak perubahan dari segi tampilan maupun spek nya. Hal ini sejalan dengan besarnya minat pencinta speda motor pada Thunder 125. Motor ini sangat hemat bahan bakar dan mesinnya terkenal handal dan bandel.

 

Tampilannya mengusung desain sporty dan gagah sebagai motor lelaki naked bike dengan kapasitas mesin yang lumayan motor ini menjadi pilihan dari para pencinta sepeda motor di tanah air.

 

Motor ini di desain siap untuk perjalanan jarak jauh atau berkendara dalam waktu yang cukup lama. Posisi duduknya cukup rileks dan tagak. Banyak pengendara yang memuji kenyamanan motor ini untuk aktifitas touring.

 

Kelebihannya yang sangat menonjol adalah konsumsi bahan bakarnya per km sangat rendah. Untuk 1 liter bensin motor ini dapat menempuh jarak sampai 50 km.

 

Kelebihan lain adalah sangat disukai oleh para builder custom bike dan menurut mereka Suzuki Thunder mudah untuk dimodifikasi sesuai dengan keinginan.

 

Akhirnya yang juga tidak dapat diabaikan begitu saja adalah harganya yang sangat bersaing dan sangat menarik mengingat kapasitas dan kwalitas mesinnya yang baik.

 

Modifikasi yang dilakukan kali ini merubah karakter tampilan dan bentuknya secara mendasar. Karakter Thunder orisinil sebagai naked bike yang kekar dan sporty telah disulap menjadi sepeda motor fashion retro yang ramping serta berkesan ringan dan dinamis.

 

Perubahan yang sangat menonjol adalah pada tangki bahan bakar custom nya yang menampilkan desain minimalis ramping dan stream line khas retro modern.

 

Konfigurasi jok tidak mengalami perubahan selain motif wafle khas retro yang ditampilkan. Perubahan yang memberikan karakter kuat selain tangki bahan bakarnya adalah ban tapak lebarnya yang sekilas mengesankan tampilan semi bobber, dengan velg racing yang kontras dengan konsep desain retronya .

 

Berikut ini adalah Spesifikasi Pabrik Thunder 125 keluaran pabrik.

 

 

Volume Silinder 125cc
Daya Maksimum 11,2 PS / 9,000 rpm
Torsi Maksimum 9,4 N.m / 7,500 rpm
Perbandingan Kompresi 10,5 : 1
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing Arm
Rem Depan Cakram hidrolis
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/90 -18 M/C 45P
Ban Belakang 90/90 -18 M/C 51P
Panjang x Lebar x Tinggi 1.970 x 745 x 1.045mm
Jarak Poros Roda 1,270mm
Jarak ke Tanah 165mm
Berat 130kg
Kapasitas Bensin 15 Liter
Tipe Mesin 4 Langkah, SOHC
Diameter x Langkah 57.0 mm x 48.8mm
Tipe kopling Manual
Sistem Pelumasan Basah
Sistem Starter Electric starter & kick starter
Sistem Pendinginan Pendingin Udara
Sistem Bahan Bakar Karburator
Tipe Transmisi Return, 5 Kecepatan

 

Mesin

Mesin 125cc tidak mengalami perubahan dan terasa sangat memadai terutama karena konsep desain modifikasi motor ini yang membawa konsep ringan sehingga kapasitas mesin dapat lebih terasa optimal.

 

Rangka body

Karena konfigurasi jok tidak mengalami perubahan maka praktis rangka motor ini tidak mengalami perubahan dari aslinya.

 

 

Setang

Setang yang cukup lebar dari motor custom ini memberikan karakter tersendiri sebagai fashion retro yang unik dan lain dari yang lain.

 

Grip setang

Setang desain minimalis cocok dengan gaya retro

 

Set Lampu

Head light bundar dengan led dan tail light vintage terlihat cocok menampilkan karakter retro dari motor custom ini

 

Fork

Suspensi teleskopik depan juga tampak ramping, meskipun demikian kenyamanan tetap terjaga dan pengendara akan merasakan kehandalan suspensi yang dirancang dengan cermat ini. Fork cover memberikan proporsi tersendiri yang memperkuat tampilan retro nya.

 

Shock

Shock spring sebagai suspensi belakang mengikuti jejak desain orisinilnya. Dan yang juga penting adalah penampilan klasik vintage nya yang elegan dan berkesan mewah.

 

Spedometer

Speedometer minimal digital tampaknya menjadi pilihan karena dua alasan utama yaitu nuansa minimalis klasik yang ditampilkan dan sekaligus kesan hi tech yang menonjol.

 

 

Tangki bahan bakar

Karakter dalam konsep desain modifikasi motor custom ini terutama hadir dari tangki bahan bakar custom ramping dengan desain peluru.

 

Jok

Dari Jok terlihat kehandalan konsep desainnya, yaitu dengan mempertahankan bentuk jok orisinil yang mengadopsi steping untuk penumpang namum juga memberikan sentuhan khas jok Japs style dalam desain nya.

 

Footstep

Kombinasi rubber dan cnc yang simpel dan elegan menjadi komponen penting yang juga diperhatikan dengan seksama dalam konsep desain modifikasi motor ini.

 

Knalpot

Muffler cone dengan cap chrome tampil manis dalam modifikasi custom ini. Konfigurasi bentuknya yang sederhana namun tepat dari segi proporsi dan estetika.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail tentu saja dipilih desain custom vintage klasik yang sudah sangat dikenal dikalangan builder custom. Terbuat dari plat baja sehingga terlihat kokoh dan mewah. Spakbor dan tail meskipun hanya pelengkap tetapi sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata dalam setiap desain motor custom.

 

Velg

Velg racing hitam yang jelas-jelas mewakili zaman modern ternyata dapat dipadukan secara apik dengan konsep desain retro motor custom ini. Memang terlihat dualisme yang kuat dalam konsep desinnya yang memadukan unsur modern dan klasik.

 

Ban

Ban tapak lebar terasa sangat penting untuk dipasang dalam motor custom ini. Alasan pertamanya adalah daya cengkram ban yang lebih besar sehingga motor akan lebih aman. Alasan kedua adalah pertimbangan estetis dan proporsi bentuk yang juga mengesankan stabilitas dan katangguhan motor custom ini.

 

Rem

Sistem rem diertahankan serupa dengan sistem pengereman orisinilnya yaitu cakram untuk roda depan dan tromol di roda belakang. Kombinasi yang sudah sangat familiar dikalangan para pencinta sepeda motor selain itu keamanan dan kenyamanan sistem ini pun sudah diakui.

 

Warna dan striping

Bagian yang sangat penting dan menentukan dalam kesusksesan dari modifikasi motor custom ini secara keseluruhan adalah pemilihan warna sebagai finishing touch yang sangat vital pengaruhnya pada tampilan secara keseluruhan.

 

Konsep desin modifikasi motor ini terlihat unik dan berbeda. Dengan manis Maximum garage telah memadukan unsur-unsur karakter retro dengan tampilan yang berkesan ringan di bagian body nya.

 

Kesan ringan di bagian body ini diimbangi dengan ban yang mempunyai bobot proporsi yang cukup menonjol secara visual sehingga terjadi keseimbangan yang sangat menarik dan segar untuk kita dinikmati.

 

Tampilan visual dalam hasil akhirnya terlihat berhasil memperlihatkan kemewahan dan berkesan glamor dalam simplisitas desainnya.

 

Kesan mewah tidak dapat dipungkiri akan sangat menarik dan mengangkat motor custom ini sebagai modifikasi motor custom papan atas dari segi desain estetika dan bahkan kenyamanan berkendara.

 

Hasil ini tentu saja tidak dapat dipisahkan dari jam terbang dan produktifitas Maximum garage sebagai builder custom bike berkualitas.