Sentuhan Ringan Pada Kawasaki W175 Custom Yang Mengesankan

Kawasaki belum lama ini meluncurkan produk baru nya yang cukup mengejutkan pasar sepeda motor di tanah air. Penyebabnya adalah Kawasaki W175 ini tampil dengan desain retro klasik yang memang ditahun tahun terakhir ini terasa makin diminati.

 

Motor-motor custom dengan tema retro klasikpun  bemunculan bagaikan jamur dimusim hujan. Para Builder tampak berlomba-lomba mengadu kreatifitas dalam melahirkan motor-motor custom yang karya dan kebanggaan mereka.

 

Diantara motor custom yang banyak kita jumpai adalah Jap style, caffe racer, bobber, scrambler, chopper sampai motor custom klasik vintage era perang dunia ke dua ala Royal enfield.

 

Bila kita perhatikan modifikasi yang dilakukan bervariasi tingkat perubahan nya. Ada golongan motor custom yang terlihat seolah bertransformasi menjadi bentuk yang sama sekali baru.

 

Selain itu ada pula motor-motor custom yang hanya mengalami perubahan atau modifikasi ringan pada komponen-komponennya untuk memberikan sentuhan baru yang segar pada motor tersebut.

 

Seperti hal nya kawasaki W175 yang akan kita simak ini. Perubahan pada motor ini dapat digolongkan pada modifikasi ringan yang sama sekali tidak merubah bentuk asli dari motor kawasaki ini.

 

Pertimbangan utamanya adalah bahwa motor Kawasaki W175 ini memang sudah mengusung konsep desain retro klasik yang diminati banyak orang.

 

Tampil dengan desain ala Triumph, Kawasaki ini tampil solid dengan gaya klasiknya yang kokoh seolah melambangkan kekuatan mesin dan juga desain yang tidak lekang oleh waktu dan tidak pernah pudar ditelan zaman.

 

Modifikasi yang dilakukan mempunyai tujuan dan konsep untuk memperkuat karakter ini selain juga pertimbangan fungsi dan pertimbangan aspek estetik yang berhasil menambah point dalam penampilannya.

 

Modifikasi dengan pertimbangan fungsi yang dimaksud adalah penambahan bracket bagasi samping dan belakang yang dirasa sangat diperlukan terutama mengingat aktifitas pemiliknya yang akrab dengan perjalanan touring antar kota.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari motor Kawasaki W175.

 

 

 

Kapasitas 177cc
Tenaga Maksimal 12.82hp
Jenis Kopling Wet multi-Plate
Torsi Maksimal 13.2Nm
Sistem Pendinginan Pendingin Cairan
Pipa Knalpot Single Exhaust
Jumlah langkah 4-Stroke
Kecepatan maksimum 120kmph
Jenis Penggerak Chain Drive
Jenis Mesin Single Cylinder,4-Stroke, 2 Valves, SOHC
Jumlah silinder 1
Rasio Kompresi 9.1:1
Katup Per Silinder 2
Konfigurasi Katup SOHC
Diameter x langkah 65.5mm x 52.4mm
RPM torsi maksimum 6,000rpm
RPM Tenaga Maksimum 7,500rpm
Jenis Transmisi Manual
Gear Box 5-Kecepatan
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Dual Shock
Ukuran velg belakang R17
Jenis Ban Radial
Ban belakang 100/90 R17
Ukuran velg depan R17
Ban depan 80/90 R17
Ground Clearance 165mm
Panjang 1,930mm
Berat Kosong 126kg
Wheelbase 1,275mm
Tinggi 1,030mm
Lebar 765mm
Ketinggian Jok  765mm
Kapasitas Tempat Duduk 2 Kursi
Sistem pembakaran DC-CDI
Opsi start Listrik
Sistem bahan bakar Carburettor
Jenis Bahan Bakar Bensin

 

Mesin

Kapasitas mesinnya lumayan besar dan tampaknya sudah diperhitungkan dengan desain yang pas dengan ukuran bodynya mungkin pertimbangan ekonomis dan harga jual menjadi alasan utamanya.

 

Rangka body

Double cradle frame dari Kawasaki 175 di desain secara khusus untuk memberikan kekuatan sekaligus menyerap getaran dari mesin 175cc nya.

 

Setang

Setang orisinil sudah memberikan kendali dan kontrol yang baik pada pengendara sehingga tidak dirasa perlu untuk menggantinya dengan setang yang lebih lebar.

 

Grip setang

Terlihat ada penambahan fungsi lampu sein pada grip setang seperti yang sering kita jumpai pada motor-motor vintage klasik.

 

Set Lampu

Head light bulat orisinilnya diganti dengan bentuk yang lebih kecil yang terasa lebih dekat dengan karakter vintage klasik yang elegan. Healight orisinil mempunyai dimensi yang lebih besar dan terlihat lebih bulky. Tail light nya pun diganti dan disesuaikan terutama karena penambahan bracket bagasi pada motor ini.

 

Fork

Fork teleskopik nya memberikan suspensi depan yang menjamin kenyamanan berkendara bahkan untuk perjalanan luar kota diatas jalan yang sering tidak mulus.

 

Shock

Double schock spring untuk suspensi belakang tidak mengalami perubahan Hanya tampak diganti dengan shock yang dilengkapi dengan peredam kejut. Suspensi belakang terasa nyaman dan empuk terutama ketika membawa penumpang dan bagasi full.

 

Spedometer

Speedometer orisinil kawasaki yang unik minimalis sekaligus klasik menjadi salah satu komponen orisinil yang dipertahankan pada motor kawasaki custom ini.

 

Tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar desin tear drop yang menjadi trademark dari Kawasaki W175 tetap dipertahankan sehingga dengan mudah motor ini dapat dikenali dari tangki bahan bakarnya.

 

Jok

Jok pun tidak mengalami perubahan dan tetap memaki jok orisinil 2 seater yang bernuansa retro klasik dan caffe racer. Pada jok terlhat ada sedikit steping yang akan membuat posisi penumpang sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan pengemudinya.

 

Footstep

Untuk foot step tampak dipasang foot step cnc dengan desain minimalis modern. Warna chromenya cukup mencolok dan serasi dengan velg dan fork.

 

Knalpot

Muffler cone tampaknya menjadi pilihan builder motor kawaski custom ini. Desin simpel yang elegan dan trendi serta banyak kita jumpai terpasang pada motor-motor custom.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail mengalami modifikasi yaitu pemotongan sehingga menjadi lebih pendek dan lebih banyak mengekspos ban tapak lebarnya.

 

Velg

Velg dengan jari jari seperti velg orisinilnya menguatkan nuansa klasik pada roda. Warna chrome seperti juga pada muffler menjadi aksen segar yang terlihat cerah.

 

Ban

Ban tapak lebar yang dipilih tampak mempunyai profil untuk berkendara dalam segala medan. Berbeda dengan ban orisinilnya yang hanya untuk on road. Hal ini meskipun sedikit mengurangi performanya di jalan aspal akan memperluas daya jelajah motor custom ini.

 

Rem

Sistem pengereman tidak mengalami perubahan dan masih mengadopsi sistem rem orisinilnya yaitu cakram untuk roda depan dan tromol di toda belakangnya.

 

Warna dan striping

Warna dan striping pun masih mengadopsi warna dan striping orisinil, tidak ada perubahan. Hal ini menjadikan motor custom ini sekilas tidak terlihat mengalami perubahan dan langsung akan dikenali sebagai W175

 

Pada dasarnya modifikasi motor custom tidak selalu dilakukan untuk memberi bentuk atau karakter baru pada motor yang bersangkutan.

 

Tidak jarang pula kita jumpai modifikasi yang pertimbangan utamanya adalah fungsi dan justru memperkuat karakter dan konsep desain aslinya. Seperti halnya modifikasi pada Kawasaki W175 yang satu ini.

 

Karena itu mungkin perubahan pada sebuah motor dapat kita kelompokan menjadi tiga kelompok besar yaitu:

  • Modifikasi, dimana dilakukan perubahan bentuk yang besar kecilnya akan mempengaruhi seberapa besar transformasi yang dilakukan pada motor yang bersangkutan.
  • Restorasi, dimana yang dilakukan adalah justru mengembalikan bentuk asli dari motor yang bersangkutan sehingga menampilkan kesan orisinil dan kesan brand new.
  • Upgrade, yaitu penambahan ataupun pengurangan disana sini dengan tanpa merubah karakter asli namun menambahkan sentuhan-sentuhan baru.