Chopper Klasik Berkelas Yang Tangguh Gagah dan Elegan

Yang menjadi bahan dari modifikasi kali ini adalah motor Yamaha Scorpio generasi ketiga yang merupakan generasi terakhir dari Yamaha scorpio yang diberi nama Scorpio Z CW.

 

Desain orisinilnya mengadopsi desain naked bike racing yang juga ideal untuk digunakan sebagai motor touring. Ataupun city bike.

 

Motor ini juga mempunyai kapasitas mesin 225cc yang dapat diandalkan untuk manuver dalam dan luar kota yang menantang baik itu di tanjakan maupun diturunan.

 

Konsep desain modifikasi yang dimunculkan kali ini merubah total konfigurasi bentuk awal dari Scorpio 2011 yang sudah sangat kita kenal bersama.

 

Konsep desain chopper yang diterapkan pada motor custom ini menuntut perubahan pada frame motor. Komponen-komponen lainnya kemudian dipasang dan keseluruhannya terlihat harmonis dan sesuai dengan konsep desain modifikasinya.

 

Sekali lagi Maximum garage mengeluarkian motor custom terbarunya. Kali ini motor custom yang diluncurkan tampak bergaya chopper yang sangat classy.

 

Kesan mewah yang ditampilkan terutama didukung oleh pemilihan warna abu-abu gelap yang dikombinasikan dengan body dan mesin hitam dof dengan aksen chrome dari komponen-kompenen lain sperti velg, fork, lampu dan spion.

 

Kesemuanya menampilkan kesan klasik yang elegan dan memukau. Dan behasil menempatkan motor custom ini pada kelasnya tersendiri.

 

Hal ini tentu saja tidak dapat dipisahkan dari kwalitas pekerjaan dan kecermatan dalam perencanaan yang dilakukan builder Maximum Garage.

 

Berikut ini adalah spesifikasi Yamaha Scorpio 2011 keluaran pabrik

 

Tipe 4 Langkah, 2 Valve SOHC
Diameter langkah 70,0 x 58,0mm
Kapasitas CC 223cc
Silinder Silinder Tunggal Tegak
Kompresi 9,50 :1
Daya max 18.2 PS@8.000 r / min)
Torsi max  (1.78 kgf-m@6500 r/min)
Transmisi 5 Kecepatan (1-N-2-3-4-5)
Panjang x Lebar x Tinggi (2.025 x 765x 1.095) mm
Tinggi jok 770mm
Jarak sumbu roda 1,295mm
Jarak dari tanah 165mm
Tangki bahan bakar 13 Liter
Berat 141 kg
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Suspensi Monshock
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/100-18 47P
Ban Belakang 100/90-18 56PS

 

Mesin

Mesin dengan kapasitas sangat lumayan dan dengan kehandalan yang sudah terbukti. Selain itu konsumsi bahan bakarnya pun sangat irit. Semua kelebihan tadi menjadikan mesin Scorpio ini menjadi incaran banyak para builder motor custom.

 

Rangka body

Fram scorpio mengalami perombakan yang cukup berarti. Perubahan-perubahan dilakukan untuk mendapatkan konfigurasi bentuk chopper yang sesuai dengan konsep desain modifikasinya.

 

Setang

Setang naked bike motor ini terlihat masih dipertahankan. Hal ini dilakukan untuk menjamin posisi duduk pengemudi yang tegak karena dalam posisi ini akan terasa lebih rileks sehingga dapat berkendara jarak jauh ataupun untuk berkendara dalam waktu yang cukup lama.

 

Grip setang

Gip setang berdesain minimalis terbuat dari bahan karet yang lembut memberikan kenyamanan pada telapak tangan pengendara. Hal sederhana yang tidak dapat dianggap remeh karena ini adalah titik kontak utama antara pengendara dengan motornya.

 

Set Lampu

Head light bulat dengan lampu led mengesankan nuansa klasik yang kuat disamping fungsi penerangannya yang memberikan keamanan berkendara dimalam hari. Bila diperhatikan head light nya tampak mempunyai cap lampu yang sangat cantik terutama dengan warna chromenya yang cukup mencolok.

 

Fork

Suspensi depan telescopic up side down tampak kekar dan gagah serta sangat proporsional dengan bentuk motor secara keseluruhan. Fork cover memperkuat karakter klasik vintage yang menjadi konsep desain modifikasi scorpio custom ini.

 

Shock

Shock spring chrome terlihat menjadi aksen khusus dibagian belakang body. Schock spring juga menampilkan nuansa klasik yang sangat khas. Disamping itu ukuran spring yang tampak lebih besar memberikan jaminan suspensi yang nyaman pada pengendara.

 

Spedometer

Untuk speedometer kembali dipilih desain minimalis yang simpel dan elegan serta tamapak serasi dengan headlight nya juga menjadi aksen dalam desain modifikasi motor custom ini.

 

Tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar custom dengan bentuk segitiga tampak menjadi pilihan desain yang tepat dengan lengkungan dan desain apik mewah elegan dan berkelas.

 

Jok

Jok single seat memang mempunyai daya tarik sendiri dan khas vintage klasik serta terlihat lebih mewah bila dibandingkan dengan jok yang berbentuk panjang seperti yang umum kita lihat sehari-hari pada sepeda motor.

 

Footstep

Footstep cnc yang dielaborasi dengan mounting metal yang adjustable menjadi daya tarik tersendiri bagi motor custom ini. Warna chrome nya jadi terlihat indah dan menonjol dengan background body warna hitam.

 

Knalpot

Knalpot unik dengan desain minimalis berupa muffler tube chrome tampak tampil sangat berani meskipun sma sekali tidak tamapak kesan berlebihan dalam desainnya. Muffler motor custom ini terlihat di desain dengan sangat baik dan menjadi ciri khusus dari motor custom ini.

 

Spakbor dan tail

Spakbor depan tampak dilepas untuk mengekspos roda tapak lebarnya. Sementara tail terbuat dari plat baja tamapak kokoh dan gagah dengan proporsi yang sangat sesuai.

 

Velg

Velg dengan jari-jari sehingga karakter klasik dari motor custom ini dapat muncul dengan lebih kuat. Jari-jari ini selain menjadi ornamen estetik yang indah juga membantu kerja suspensi karena dapat meredam getaran roda-roda nya.

 

Ban

Ban tapak lebar dengan profil yang dikhususkan untuk jalan aspal terlihat proporsional dan memberikan keseimbangan visual yang baik pada bentuk keseluruhan motor scorpio custom chopper ini.

 

Rem

Rem yang mengadopsi sistem cakram untuk roda depan dan belakang ampu memberikan keamanan dan kenyamanan bahkan ketika kondisi pengereman mendadak.

 

Warna dan striping

Warna tangki abu-abu tua metalik tampak berdampingan dengan manis dengan tekstur kulit mewah dan warna hitam dari body motor custom ini.

 

Chopper gagah ini terlihat mempunyai karakter desain yang kuat. Tampil dengan warna hitam dan abu2 tua sehingga tampak gagah dan kokoh meskipun tetap terlihat ringan dan mengesankan kelincahannya untuk melakukan manuver baik itu di dalam kota maupun di luar kota.

 

Kapasitas mesinnya yang lumayan besar tentu saja akan memberi keleluasaan dan kenyamanan untuk meliwati tanjakan maupun turunan dengan lalu lintas ramai.

 

Karakter yang kuat dari motor custom ini tidak dapat dilepaskan dari detail detail komponen yang terlihat dibuat dengan desain dan pekerjaan yang rapih dan berkualitas. Selain itu finishing juga diperhatikan dengan seksama.

 

Keberhasilan ini tentu saja tidak dapat dipisahkan dari jam terbang dan perbaikan terus menerus yang dilakukan oleh builder papan atas ini.

 

Pada dasarnya setiap motor custom adalah perpaduan antara segi engineering yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan disatu pihak dan aspek estetika bentuk yang memberikan karakter pada desain modifikasi motor custom. Hasil akhirnya adalah sebuah sepeda motor dengan tampilan estetika yang tinggi.