Tampilan Retro Bobber Japs Yang Gagah Memukau

Scorpio yang dijadikan bahan untuk modifikasi motor custom kali ini adalah Yamaha Scorpio generasi kedua yang diproduksi tahun 2009.

 

Scorpio generasi pertama mulai diproduksi pada tahun 2003 dan langsung mendapat sambutan yang sangat baik dari para penggemar motor custom di tanah air.

 

Daya tarik utamanya adalah kapasitas mesin dan tampilan desain yang progresif sporty. Desain dengan sifat yang sangat dinamis seperti ini belum pernah dijumpai sebelumnya pada naked bike lain.

 

Kapasitas mesin 225cc nya mengukuhkan motor ini menjadi motor touring yang tangguh dah bahkan cocok pula untuk tampil sebagai cruiser.

 

Selain itu dari sisi para builder dewasa ini Scorpio dirasa mempunyai harga yang sangat bersaing terutama bila dibandingkan dengan kapasitas dan kualitas mesin yang dimilikinya.

 

Konsumsi bahan bakarnya pun tergolong sangat irit sehingga motor ini mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Yamaha telah membuktikan kehandalan teknologi yang dikeluarkan pada setiap produk-produk nya termasuk Yamaha Scorpio ini.

 

Ulasan Style Modiikasi motor

Modifiksi yang dilakukan cocok untuk digolongkan sebagai Japs bobber yang ditujukan untuk pemakaian on road.

 

Bila kita perhatikan komponen pertama yang akan terasa sangat menonjol adalah velg cast wheel dan ban tapak lebar nya.

 

Tampilan seperti itu pada konsep desain modifikasi motor custom adalah lazim untuk gaya bobber. Yang populer di akhir masa perang dunia II. Pada saat itu desain dari motor banyak mengurangi pemotongan dan pengurangan untuk menjadikannya lebih ringan dan mudah dikendarai.

 

Berikut ini adalah spesifikasi Yamaha Scorpio 2009 keluaran pabrik

 

 

 

Tipe mesin 4 langkah SOHC
pendingin udara
diameter × langkah 70 × 58mm
Volume Silinder 223cm
Perbandingan Kompresi 9.5 : 1
Susunan Silinder Tunggal Tegak
Sistem Pengapiannya DC-CDI
Kopling Manual basah
Gigi Transmisi 5 kecepatan
Pola Pengoperasian Gigi 1-N-2-3-4-5
Rem depan cakram double piston
rem belakangnya tromol
PxLxT 2,020 × 770 × 10,90mm
Sistem Starter Kick & Electric
Daya Maksimum 19PS / 8,000RPM
Torsi Maksimum 1.86kgf.m / 6,500RPM
Tangki bensinnya 12
Oli mesin 1,400ml
Karburator MIKUNI BS30 x 1
Baterai GM7B-4B
Busi NGK / DP8EA-9
rangka Tipe Double Cradle
Panjang x Lebar x Tinggi 2,025 x 765 x 1,095mm
Sumbu Roda adalah 1,295mm
jarak ke tanah 165mm
Tinggi tempat duduk adalah 770mm
Berat isi 141kg
Knalpot 5BP

 

Mesin

Kapasitas 225cc yang dimilikinya dapat membawa motor custom cruiser ini untuk touring atau bahkan cruising jarak jauh. Selain itu builder pun tidak perlu khawatir dalam berkreasi karena performa mesinnya memang dapat diandalkan.

 

Rangka body

Konsep desain modifikasi yang dilakukan kebetulan tidak menuntut perubahan yang berarti pada frame dari yamaha scorpio ini. Hal ini juga merupakan kelebihan tersendiri karena modifikasi yang dilakukan dapat maksimal dengan perubahan mendar yang minimal.

 

Setang

Setang lebar ala scrambler memberikan kontrol dan kendali maksimal pada pengemudi. Sesuatu yang akan memudahkan handling motor custom ini di jalan raya.

Posisi setang sedemikian rupa sehingga posisi pengendara menjadi tegak dan rileks.

 

Grip setang

Grip setang minimalis dengan bahan yang nyaman di telapak tangan. Meskipun tampaknya sepele tapi grip setang akan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap kenyamanan kita berkendara.

 

Set Lampu

Head light dan tail light vintage klasik terasa harmonis serta pas untuk dipasang pada scorpio custom kita. Headlight bundar yang dilengkapi dengan lampu led memberikan penerangan sempurna. Tail light mungil dan sangat fungsional duduk dengan elegan pada spakbor belakang motor ini.

 

Fork

Suspensi teleskopik dibagian depan memberikan kenyamanan yang menjadikan motor ini menjadi sebuah motor custom yang berkelas. Selain itu fork ini juga menjadi elemen estetik yang tidak dapat dikesampingkan.

 

 

Shock

Monoshock scorpio diganti dengan shock spring di kiri kanan motor ini. Penampilan shock spring memang terasa lebih cocok untuk tema retro klasik yang diusung oleh modifikasi motor custom ini.

 

Spedometer

Speedometer digital dengan bentuk minimalis tampak menjadi pilihan yang tepat karena selain bentuknya yang dapat diadaptasikan dengan desain motor secara keseluruhan, speedometer ini juga dapat diandalkan sebagai indikator dalam berkendara.

 

Tangki bahan bakar

Desain tangki bahan bakar custom bergaya retro yang menampilkan kesan gagah dan jantan. Warna hitam yang dihiasi dengan striping putih disaming tampak mewah. Lekukan pada tangki juga dibuat sedemikian rupa sehingga tangki tampil lebih kokoh.

 

Jok

Jok minimalis mewah yang merupakan varian dari Jap style ini berhasil menempatkan motor custom ini sebagai motor custom kelas papan atas. Jok nya tampak di desain dengan cermat dan seksama dengan memperhatikan detail-detail yang elegan.

 

Footstep

Desain footstep cnc yang berkesan high tech terasa sangat pas dan menyatu dengan konsep desain motor custom ini secara keseluruhan. Terjadi perpaduan yang manis antara elemen visual klasik dengan elemen visual modern

 

Knalpot

Muffler cone minimalis yang sederhana tapi elegan dari motor custom ini mampun memberikan sentuhan tersendiri yang tampak sangat mengesankan nuansa gagah,

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail terbuat dari bahan plat baja denan finishing metalic sehingga tampak kokoh dan berkelas. Spakbor bagian depan tampak ditanggalkan untuk memperkuat tampilan naked bike pada motor custom ini.

 

Velg

Velg hitam cast wheel yang tampil modern ternyata tetap serasi dalam desain modifikasi scorpio ini. Warna hitamnya membantu memberikan kesan ban yang secara visual tampak lebih besar.

 

Ban

Ban tapak lebar khusus on road terlihat sangat mewah dan menunjukan kelasnya sendiri. Tapak yang lebar sangat diperlukan mengingat daya mesin yang lumayan besar sehingga stabilitas motor perlu dijaga dengan baik. Ban tapak lebar dapat memberikan daya cengkram yang lebih baik sehingga lebih aman.

 

Rem

Sistem pengereman double cakram depan dan belakang memberikan kenyamanan dan keamanan bahkan dalam pengereman mendadak.

 

 

Warna dan striping

Hal yang secara visual paling berpengaruh dalam konsep desain modifikasi ini adalah pemilihan warna hitam denga list abu muda yang benar-benar tampak gagah dan jantan. Prilihan warna hitam abu ini sekaligus juga mencerminkan kematangan konsep dan berhasil memberikan kesan mendalam pada siapapun yang melihatnya.

 

Secara keseluruhan desainnya tampak mempunyai karakter yang kuat dan jelas. Kekar tangguh dan gagah sekaligus mewah adalah tema-tema yang ingin ditampilkan melalui konsep desain modifikasi dari Maximum Garage.

 

Keberhasilan dari Maximum Garage tentu saja tidak dapat dipisahkan dari jam terbang dan keseriusan dalam mengerjakan setiap pekerjaan-pekerjaan modifikasi motor custom yang dihadapi.