Scorpio 2004 Custom Bergaya Retro Kontemporer Segar dan Unik

Tiga generasi Yahama Scorpio yang kita kenal sampai dengan dewasa ini adalah:

Yamaha Scorpio generasi pertama yang diproduksi dari tahun 2001 sampai 2004.

 

Setelah itu munculah Yamaha Scorpio generasi kedua yang diproduksi dari tahun 2005 sampai dengan tahun 2008.

 

Generasi ketiga yang dikenal dengan nama Yamaha Scorpio Z CW di produksi tahun 2009 sampai dengan sekarang.

 

Pada Kesempatan kali ini akan kita simak modifikasi custom Yamaha scorpio generasi pertama yang merupakan awal kesuksesan dari Scorpio di tanah air.

 

Kesuksesan ini tentu saja menunjukan keunggulan Yamaha sebagai produsen sepeda motor di Tanah air. Kecermatannya dalam melihat dan mengevaluasi pasar patut mendapat acungan jempol yang setinggi-tingginya.

 

Dari segi desain Yamaha Scorpio generasi pertama kita dapat merasakan sentuhan sporty kekinian dari sebuah naked bike yang mengutamakan performa mesin yang unggul.

 

Desain sporti futuristik yang sangat digemari pada zamannya kemudian menjadi standard desain naked bike yang dilirik bahkan oleh pesaing-pesaingnya.

 

Perubahan paling mendasar dari Scorpio 2004 ini adalah dari desain body yang menerus dari tangki sidebody jok dan tail menjadi bagian-bagian segmen komponen yang jelas terpisah dan berdiri sendiri.

 

Dimulai dengan perubahan pada tangki bahan bakar yang mengadopsi desain retro modern ber desain ala tear drop bila dilihat dari samping.

 

Tangki bahan bakar ini kemudian dilanjutkan oleh jok khas Jap style ber desain minimalis yang tipis dan ramping namun terlihat mewah dan berkelas.

 

Bagian atas body motor scorpio custom ini diakhiri dengan tail klasik vintage yang berhasil memberikan statemen yang berkarakter.

 

Untuk bagian block mesinnya sendiri terlihat naked bike ini dicat dengan warna hitam dof yang tidak terlalu mengekspos profil dari engine dan rangka scorpio ini.

 

Namun demikian kesan kekar dan tangguh dari mesin Scorpio 2004 ini tetap tampil dengan jelas dan memberikan warna tersendiri pada motor custom garapan Maximum Garage ini.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Yamaha Scorpio 2004

 

 

 

Tipe Mesin 4 Langkah SOHC Pendingin Udara
Diameter x Langkah 70 × 58mm
Gigi transmisi 5 Kecepatan
Pola pergantian gigi 1-N-2-3-4-5
Karburator Mikuni BS 30
Volume silinder 223cc
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Susunan silinder Silinder Tunggal Tegak
Sistem Starter Starter GAnda
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas oli 1,4 Liter
Bahan Bakar Premium / Pertamax
Berat kosong 131kg
Tipe rangka Double Craddle
Kapasitas tangki 12 Liter
Jarak sumbu roda 1,295mm
Jarak terendah ke tanah 165mm
Suspensi depan Telescopic
Suspensi belakang Monoshock
Ukuran ban belakang 100-90-18-56P
Ukuran ban depan 80/100-18-47P
Dimensi P x L x T 2,020 × 770× 1,090mm
Radius belok minimum 2,100mm
Daya maksimum 19ps / 8,000rpm
Torsi maksimum 1,86kgf.m pada perputaran 6,500
Rem depan Cakram Double Piston
Rem belakang Teromol

 

Mesin

Engine 225cc sama sekali tidak bisa dibilang kecil. Daya yang diberikannya menjadikan motor ini ideal untuk touring dan bahkan cruising. Manuver di tanjakan dalam perjalanan antar kota akan menjadi mudah dan menyenangkan.

 

Rangka body

Konsep desain modifikasi yang memberikan segmentasi pada upper body motor custom ini tidak mensyaratkan perubahan berarti pada frame nya. Hal ini adalah salah satu kepiawaian dari Maximum Garage

 

Setang

Setang scrambler lebar terlihat sangat masuk akal untuk konfigurasi bentuk seperti ini. Salah satu alasan utamanya adalah pertimbangan handling dan kendali yang akan dirasakan oleh pengendaranya.

 

Grip setang

Grip setang berdesain minimalis dan terbuat dari karet lembut terasa nyaman ditelapak tangan. Warna pink gelap nya menampilkan tema kontemporer yang mencerminkan kebebasa ekspresi yang luas.

 

Set Lampu

Head light dan tail light vintage kontemporer klasik terlihat tampil manis dan sesuai dengan konsep desain modifikasi motor custom ini. Bentuk yang sangat unik dari headlight nya menjadi focal point dalam konsep desain modifikasi scorpio yang satu ini.

 

Fork

Fork teleskopik kekar menampilkan kesan muscle bike tangguh. Suspensi depan terlihat begitu meyakinkan dan menjanjikan kenyamanan serta keamanan berkendara yang maksimal

 

Shock

Monoshock dari motor ini diganti dengan schock spring untk memberikan bentuk retro yang lebih kental dan nuansa klasik yang kuat.

 

Spedometer

Speedometer analog klasik tampaknya menjadi pilihan. Desain nya yang minimalis dan dimensinya yang kecil cocok untuk dipasangkan dengan head light unik yang seoleh muncul dari win shieldnya.

 

Tangki bahan bakar

Desain tangki bahan bakar custom juga bergaya kontemporer dan terlihat berbeda bila dibandingkan dengan tangki bahan bakar custom

 

Jok

Jap style seat press yang tipis dan ramping mewakili retro style yang dipasang pada motor custom bergaya kontemporer ini/

 

Footstep

Foot step rubber standard berwarna hitam bergaya klasik tidak lupa pula turut melengkapi kehadiran scorpio kontemporer ini.

 

Knalpot

Muffler double cone mungkin adalah komponen yang paling unik yang akan sangat menarik perhatian setelah headlight scorpio custom ini. Mufffler ini ditempatkan pada posisi yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan posisi muffler motor-motor custom pada umumnya.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dibagian depan tampak diangkat pada posisi yang tinggi sehingga sangat menunjang penapilan headlight unik dari motor custom ini.

 

Velg

Velg hitam dengan jari-jari jelas menampilkan suasana klasik retro. Velg jari-jari ini tampak kontras berdampingan dengan komponen bergaya kontemporer nya.

 

Ban

Ban tapak lebar semi off road memang sesuai dengan stang scramblernya. Motor custom yang satu ini nampaknya juga ingin menampilkan nuansa petualangan dalam konsep desain modifikasinya.

 

Rem

Tamapak bahwa sistem pengereman yang dipilih adalah sitem cakram baik untuk roda depan maupun untuk toda belakang nya.

 

Warna dan striping

Kemewahan tersendiri tampak ditampilkan oleh warna tangki bahan bakar yang menjadi aksen dalam desain motor custom ini.

 

Tidak banyak kita jumpai desain modifikasi motor custom bernuans kontemporer. Berbeda dengan desain bergaya Jap style misalnya yang sangat sering kita jumpai sehari-hari.

 

Demikian juga dengan gaya-gaya yang sudah menjadi trend dan menjamur karena sangat digemari dan menjadi mode tersendiri seperti hal nya caffe racer , bobber dan lain lain.

 

Konsep desain kontemporer menuntut keahlian dan keberanian tersendiri untuk menampilkannya. Keahlian yang dimaksud terutama berkaitan dengan pemahaman estetika visual yang dihasilkan.

 

Adalah mudah untuk menciptakan sesuatu yang unik dan lain dari yang lain. Yang sulit adalah menjadikan sesuatu yang unik itu menjadi indah, menarik dan enak untuk dilihat sekaligus aman dan nyaman untuk dikendarai.