Modifikasi Black Thunder Gagah Yang Menginspirasi

Pada tahun 1999 Suzuki mengeluarkan Thunder 250 yang berhadapan dengan pesain-pesaing tangguhnya seperti Tiger dan Scorpio.

 

Dari Segi kapasitas mesin memang motor ini mempunyai cc yang paling besar selain itu penampilannya pun terlihat meyakinkan.

 

Karena kelebihan-kelebihan yang dimilikanya tak urung motor inipun mampu merebut hati para penggemar otomoti khususnya motor sport touring dengan daya mesin yang lumayan besar.

 

Kelebihan utama dari Suzuki Thunder ini adalah desainnya yang klasik sporty dan ideal sebagai motor touring. Selain itu akselerasi yang dapat diandalkan dan top speednya yang dapat mencapa 120 km/ jam juga menjadi daya tarik bagi para penggemarnya.

 

Posisi pengendara yang di desain nyaman untuk berkendara jarak jauh juga menjadi salah satu fitur yang diunggulkan oleh Suzuki pada motor Thundernya ini.

 

Hal-hal itulah yang kemudian berhasil mensejajarkan motor ini dengan pesaing-pesaing beratnya seperti Honda Tiger dan Yamaha Scorpio.

 

Pada modifikasi Thunder kali ini tampak sekali terinspirasi oleh desain Harley Davidson. Konsep desain modifikasinya tampak berhasil menampilkan sosok baru Thunder yang seolah ingin menyaingi moge.

 

Modifikasi motor ini merubah konfigurasi bentuk secara cukup drastis yaitu dengan mebuat tangki bahan bakatnya mendongak keatas sehingga jok tampak menjadi lebih rendah ala chopper.

 

Selain itu bentuk tangki bahan bakanya sendiri tampak sangat menunjang dan mempunyai konsep desain yang sangat sesuai untuk penampilan barunya.

 

Jok single seaternya tampak sangat membantu untuk menciptakan konfigurasi bentuk yang baru dari motor ini. Bentuknya yang baru ini menjadikan motor Thunder ini tampak lebih sesuai sebagai sport touring semi chopper.

 

Disamping itu modifikasi ini juga terlihat mempunyai nuansa klasik vintage dengan pilihan lampu bundar besar yang mempunyai desain seperti yang sering kita jumpai pada motor-motor klasik era perang dunia II.

 

Jok single seaternya sendiri terlihat sangat elegan dan menjadi komponen estetik yang utama dalam modifikasi Thunder gagah ini.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Suzuki Thunder.

 

Panjang × lebar × tinggi : 1,975 × 765 × 1,075mm
Jarak sumbu roda : 1,310mm
Berat kosong : 145kg
Suspensi depan : Teleskopik 37mm
Suspensi belakang : Lengan ayun, sokbreker ganda
Ban depan : 3.00 – 18
Ban belakang : 120/80 – 17
Rem depan :
Rem belakang : Teromol
Kapasitas tangki BBM : 15 Liter
Tipe mesin : 4 Langkah SOHC, TSCC,
pendinginan : udara
Diameter × langkah : 72 × 61,2mm
Volume langkah : 249cc
Perbandingan kompresi : 9,0: 1
Sistem pengapian : CDI
Karburator : Mikuni BSR32mm
Daya maksimum : 22dk / 7,500rpm
Torsi maksimum : 2,1kg-m / 6,000rpm
Kecepatan Maksimum : 150km/jam
Kapasitas Oli : 1,400ml
Kopling : Manual, tipe basah
Gigi transmisi : 5 kecepatan
Arah perpindahan gigi : 1-N-2-3-4-5

 

Mesin

Mesin 250 cc yang dimiliki motor ini menjadi modal utama yang mengantarkan Thunder menjadi motor sport touring yang akan memberi kepuasan berkendara pada pemiliknya.

 

Rangka body

Rangka body tidak mengalami perubahan yang terlalu besar. Perubahan yang dilakukan hanyalah pada penyangga jok dan tailnya.

 

Setang

Setang masih menggunakan setang orisinil keluaran pabriknya. Posisi stang cukup tinggi dan memungkinkan posisi duduk yang tegak dan nyaman untuk berkendara jarak jauh ataupun untuk waktu yang lama.

 

Grip setang

Grip setang klasik vintage tampak serasi dan sangat sesuai dengan konsep desain modifikasi motor ini. Selain itu warnanya pun tampak diperhitungkan dengan matang dan terlihat harmonis.

 

Set Lampu

Head light custom yang dipasang tampak dilengkapi dengan  lamp cap yang juga berfungsi sebagai reflektor bagi lampu lednya.

 

Fork

Fork teleskopik orisinil Thunder memberikan suspensi yang baik dan juga memungkinkan untuk diterapkannya konsep desain modifikasi yang diinginkan.

 

Shock

Swing arm dengan shock ganda ring suspension yang semakin menguatkan penampilannya sebagai motor sport touring klasik yang bergaya.

 

Spedometer

Speedometer analog dengan desain minimalis terlihat menjadi aksen diatas stang Thunder ini. Meskipu kecil speedometer ini memberikan indikator kecepatan yang jelas dan akurat.

 

Tangki bahan bakar

Tanki bahan bakar custum dengan desain tear drop yang berukuran cukup besar ditempatkan sedemikian rupa sehingga menghasilkan konfigurasi bentuk yang diinginkan sesuai dengan konsep desainnya yang cenderung menyerupai cruiser.

 

Jok

Jok press ramping dan tipis single seater dengan kombinasi motif diamond  sangat cocok dengan konsep desain modifikasi dari motor ini. Single seater ini sebenarnya dapat pula difungsikan sebagai double seater ketika diperlukan. Desainnya dibuat sedemikian rupa sehingga jok double seater ini mempunyai bentuk seperti single seater.

 

Footstep

Footstep cnc berdesain modern menjadi pelengkap yang juga memberikan kenyamanan pada pengendara. Meskpun tampak remeh tetapi footstep tentu saja mempunyai fungsi yang sama sekali tidak dapat dianggap remeh.

 

Knalpot

Muffler tube custom yang dipasang juga mempunyai desain minimalis modern yang menambah nilai estetik motor ini. Aksen Horizontal yang kuat tamapak ditampilkan oleh muffler ini.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail terbuat dari plat baja yang cukup tebal sehingga tampak kokoh dan sama sekali tidak berkesan murahan. Desainnya sendiri dibuat sedemikian rupa untuk menguatkan kesan motor cruiser.

 

Velg

Velg chrome dengan jari-jari tapak lebar juga menjadi elemen setetik yang penting pada modifikasi ini. Jari-jarinya memperkuat kesan klasik yang ingin ditampilkan dan selain itu juga membantu meredam getaran.

 

Ban

Ban tapak lebar on-road pada motor ini memperkuat gaya cruising yang terlihat menonjol dalam desain bentuk secara keseluruhannya. Ban motor ini memberika proporsi yang sangat seimbang dengan bentuk motor seara keseluruhan.

 

Rem

Untuk tem dipasang kombinasi sistem tromol dan cakram yang memberikan rem yang responsif tetapi sekaligus nyaman pada saat pengereman mendadak. Kombinasi rem seperti ini memang sangat sering kita jumpai dan sperti menjadi standard sistem pengereman yang sudah teruji dan diterima secara luas.

 

Warna dan striping

Warna hitam dengan aksen coklat dari jok dan grip setang terlihat harmonis dan menampilkan kesan jantan dan gagah pada motor ini. Aksen motif diamond pada joknya juga sangat mengesankan dan berhasil.

 

Modifijkasi motor ini tampak merubah tampilan Suzuki Thunder orisinil sebagai sport touring menjadi semi chopper sekelas cruiser.

 

Configurasinya sendiri memang sudah mencirikan konsep desain dari motor cruiser dimana posisi duduk pengemudi menjadi sangat menentukan karena kenyamanan berkendara jarak jauh menjadi pertimbangan utama.

 

Detail-detail seperti jok dan grip setang juga speedometer dan lamp cap tampak direncanakan dengan matang dan penuh perhitungan.

 

Memang kreatifitas yang baik tidak dapat dipisahkan dari kualitas pekerjaan yang baik pula sehingga dapat menghasilkan modifikasi yang berhasil.