Kawasaki W175 Retro Dengan Sentuhan Scrambler Japs Yang Manis

Menyusul kemunculan W800 dan W250 , W175 hadir dengan kapasitas mesin yang lebih kecil yang berarti harga yang lebih terjangkau. Tampaknya Kawasaiki kali ini berusaha menyasar pangsa pasar yang lebih luas dengan memunculkan produk dengan harga dibawah 35 juta an.

 

Nilai lebih yang ditawarkannya adalah tampilan modern retro yang akhir-akhir ini memang terlihat semakin digemari oleh para penggemar otomotif dengan gaya motor klasik.

 

Trend ini juga terlihat dengan semakin besarnya minat pada motor custom yang dapat kita peroleh dengan segmen harga yang kurang lebih sama yaitu dibawah 35 juta an.

 

Contoh lain adalah benelly yang terlihat juga mulai menyasar segmen pasa ini dengan produk-produk retronya.

 

Sekilas tangki Kawasaki W175 mengingatkan kita pada motor vintage klasik zaman royal enfield. Termasuk pula kompartemen di sisi kiri dan kanan yang tampak menonjol secara desain. Fungsinya sebagagai penutup aki dan bagasi kecil penyimpanan barang.

 

Adapun modifikasi yang dilakukan oleh Maximum garage kali ini adalah merupakan penyempurnaan bentuk yang diperoleh dengan mengganti komponen-komponen tertentu motor ini seperti : setang, knalpot, jok, spakbor, headlight dan stop light.

 

Selain penggantian komponen-komponen ini, juga dilakukan penambahan tail braket ya ng berfungsi sebagai dudukan side bag dan tail bag sebagai tambahan bagasi yang dapat difungsikan bilamana diperlukan sesuai dengan kebutuhan pemiliknya.

 

Dari penambahan bracket ini dapat kita bayangkan bahwa motor ini dipersiapkan untuk touring dengan jarak yang lumayan.

 

Daya mesin yang memadai juga kapasitas tangki bahan bakar yang relatif besar yaitu 13,5 liter menjadikan motor ini mempunyai daya jelajah yang cukup dapat diandalkan terutama bila dibandingkan dengan harganya yang relatif terjangkau.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Kawasaki W175

 

Kapasitas : 177cc
Tenaga Maksimal : 12.82hp
Jumlah langkah : 4-Stroke
Kecepatan maksimum : 120kmph
Pipa Knalpot : Single Exhaust
Jenis Mesin : Single Cylinder, 4-Stroke, 2
Valves, SOHC Engine
Jenis Penggerak : Chain Drive
Rasio Kompresi : 9.1:1
Sistem Pendinginan : Pendingin udara
Katup per Silinder : 2
Jumlah silinder : 1
Konfigurasi Katup : SOHC
Diameter × langkah : 65.5mm × 52.4mm
Torsi Maksimal : 13.2 Nm
RPM torsi maksimum : 6,000rpm
RPM Tenaga Maksimum : 7,500rpm
Jenis Ban : Radial
Ban belakang : 100/90 R17
Ban depan : 80/90 R17
Ukuran velg : depan R17
Ukuran velg : belakang R17

 

Mesin

Daya 177 cc sangat memadai untuk menjadikan motor ini sebuah motor touring yang lumayan tangguh. Daya mesin yang lumayan besar akan sangat memudahkan untuk manufer-manufer di jalan yang datar maupun berbukit.

 

Rangka body

Tidak mengalami perubahan melainkan sedikit penambahan untuk bracket bagasi samping dan belakangnya. Rangka double cradle terkenal rigid dan kokoh sehingga perlu dilengkapi dengan sistem suspensi yang memadai.

 

Setang

Setang lebar scrambler memberikan kendali yang lebih baik pada motor ini. Posisi berkendara yang dibuat lebih tegak menjadikan pengendara akan lebih rileks dan tahan lama untuk berkendara jarak jauh.

 

Grip setang

Dipakai gaya klasik retro yang terlihat gagah dilengkapi dengan reflektor lampu diujungnya yang juga berfungsi sebagai pengaman mengingat ukuran stang yang lebar tadi.

 

Set Lampu

Set lampu klasik vintage. Headlight bundar dengan led yang memberikan penerangan yang baik untuk berkendara dimalam hari. Stop Light clasik vintage dengan desain minimalis terlihat manis dan serasi pada motor ini.

 

Fork

Fork teleskopic kekar memberikan suspensi yang memberi kenyamanan maksimal pada pengendara. Suspensi depannya juga dilengkapi dengan cover fork sehingga terlihat lebih besar.

 

Shock

Shock ring dengan peredam kejut menguatkan desain retro dari motor ini. Uniknya shock ini dipasang terbalik mungkn untuk memberikan kesan unik. Dan ciri khas tersendiri.

 

Spedometer

Speedometer digital analog dengan desain minimalis dan sangat fungsional dengan dimensi yang kecil dan tidak terlihat menonjol. Speedometer jenis ini sekarang mudah kita temui dipasaran sebagai komponen standard motor custom.

 

Tangki bahan bakar

Desain retro dari tangki bahan bakar tetap dipertahankan dan menjadi ciri khas dalam modifikasi ini. Dengan demikian identitas kawasaki tetap tampil dengan jelas. Selain itu tangki desain keluaran pabriknya memang sudah terlihat pas dengan konsep desain modifikasi motor touring ini.

 

Jok

Perubahan yang cukup besar tampak dilakukan pada jok motor ini. Jok terlihat didesain dan dikerjakan dengan seksama. Ramping dan tipis dengan motif diamond yang klasik dan menarik. Desain jok seperti ini juga sering kita temui pada motor-motor Jap style.

 

Footstep

Footstep cnc juga terlihat tampil dengan desain minimalis dan compact. Desain footstep ini memberikan sentuhan modern pada desain retro dari motornya. Perpaduan antara desain modern dengan klasik memang memberikan daya tarik tersendiri.

 

Knalpot

Muffler cone menggantikan muffler orisinilnya. Desain yang dipakai juga minimalis klasik dan terlihat lebih proporsional bila dibandingkan dengan muffler orisinilnya.

Muffler orisinil dari motor ini mempunyai ukuran yang lebih panjang. Selain itu muffler cone menjadikan motor ini tampak lebih dinamis, trendy dan kekinian.

 

Spakbor

Untuk spakbor dipilih gaya chopper yang pendek dan ringan namun tetap berkesan kokoh dan berkelas. Spakbor ini terbuat dari bahan plat baja sehingga kokoh dan bergaya.

 

Velg

Velg dengan jari-jari yang rapat menjadi ornamen penting dalam desain modifikasi secara keseluruhan. Dengan warna chrome sebagai aksen yang berkesan mewah. Jari-jari velg juga berfungsi meredam getaran mesin dan getaran dari jalan.

 

Ban

Ban semi off-road disesuaikan dengan gaya scrambler dari setangnya. Ukurannya sendiri dibuat sama dengan ukuran ban keluaran pabrik motor ini. Kesan bobber tampaknya tidak menjadi bagian dari konsep desain modifikasi motor ini.

 

Rem

Rem depan memakai sistem cakram sedangkan rem belakang memakai tromol. Sistem pengereman ini terasa sudah sangat memadai dan merupakan bawaan pabriknya.

 

Warna dan striping

Kombinasi warna hijau, coklat dan hitam menguatkan kesan retronya. Warna hijau tua dari tangki tampak sangat berkesan klasik, berbeda dengan joknya yang meskipun bermotif retro namun tampil dengan warna yang berkesan mewah kekinian.

 

Modifikasi yang dilakukan terutama merubah proporsi dari komponen-komponen motor sehingga secara keseluruhan motor ini tampil dengan proporsi bentung yang terlihat berbeda dengan proporsi bentuk orisinilnya.

 

Perubahan yang sangat berpengaruh pada proporsi tadi adalah perubahan di bagian jok dan setang nya. Setelah modifikasi terlihat bahwa bagian depan motor ini menjadi lebih menonjol sementara bagian belakangnya terlihat jauh lebih ramping.

 

Bila bagasi belakang dan sampingnya sudah dipasang maka modifikasi kawasaki W175 ini akan terlihat lebih gagah dan kekar serta sporty.

 

Komponen-komponen lainnya lebih bersifat sebagai pelengkap dari perubahan proporsi bentuk tadi. Kemahiran dalam bermain dengan proporsi tampaknya memang menjadi salah satu kelebihan yang menonjol dari Maximum Garage.