CB150R Streetfire, Naked bike CB500F kw?

CB150R, naked bike kelas medium Honda yang mentargetkan perang dengan competitor nya dari Yamaha Vixion R, kesan yang sangat streetfighter nyatanya banyak digemari oleh masyarakat Indonesia khusunya anak muda, tampilannya yang sporty abis pun ditopang dengan kemampuan performa yang dihasilkan berkat mesin 150 cc nya.

 

Untuk desainnya seperti mengingatkan kita pada generasi CB yang sebelumnya belum lama riliss yaitu CB500F, mengusung desain head cover berbentuk V Shape, hampir mirip dengan desain batok lampu Sonic 150R namun dengan ukuran lampu lebih besar. Selain itu, ‘konde’ Honda CB150R StreetFire versi baru ini juga memiliki desain baru dengan aksen bertingkat. Wajah baru CB150R ini membuatnya terlihat lebih ganas dan agresif, ciri khas naked sport bike. Bergerak ke sisi samping, Honda pun mengubah tampilan tangki pada motor barunya ini. Sekilas, tangki baru pada motor StreetFire ini condong lebih mirip ke tangki milik V-ixion Lightning. Tangki yang berukuran lebih besar dari versi lama itu berpadu dengan shrouds baru yang memiliki bentuk lebih runcing dan berkarakter. Air-flow pada Honda CB150R StreetFire pun memiliki dimensi yang lebih besar sehingga menutupi hampir separuh rangka tubular yang menjadi ciri khas dari CB150R StreetFire.

 

Memiliki desain yang modern, tentunya tak terlepas dengan penambahan fitur fitur yang lebih futuristic. Seperti panel speedometer digital LCD monochrome yang terdapat dua klaster yang terlihat menyatu berbentuk trapesium terbalik. Klaster pertama pada panel dashboard Honda CB150R StreetFire memiliki bentuk memanjang yang ditempati oleh RPM meter digital, trip meter, penunjuk jam, serta indikator bahan bakar tersedia. Sedangkan di klaster lainnya yang terpisah dengan kluster pertama, terdapat penunjuk kecepatan dengan ukuran huruf besar. Bagian berikutnya dari dashboard Honda CB150R StreetFire di isi oleh indikator lampu, indikator gear netral, indikator mesin, indikator suhu mesin saat overheat, serta indikator lampu utama dan indikator lampu sein.

 

Honda masih mengusung mesin 4-Stroke DOHC silinder tunggal empat katup yang memiliki kubikasi sebesar 149,6 cc. Mesin Honda CB150R StreetFire tersebut memiliki tingkat perbandingan kompresi sebesar 11,3:1, sama dengan Sonic 150R. Nah bedanya dengan Sonic, terletak pada power yang dihasilkannya. Honda CB150R StreetFire ini memiliki power maksimal mencapai 12,4 kW atau setara dengan 16,9 Ps pada 9.000 rpm, sedikit di atas Sonic 150R. Sementara untuk torsi yang dihasilkan, mesin pada New CB150R ini mampu meraih torsi sebesar 13,8 Nm pada 7.000 rpm. Tenaga itu disalurkan oleh transmisi manual enam percepatan.

 

Honda CB150R StreetFire juga dibekali dengan sistem penguncian New Auto Secure Key Shutter yang akan memberikan keamanan maksimal saat motor ditinggalkan dalam waktu yang lama. Sedangkan pada tangkinya, Honda CB150R StreetFire menggunakan tutup tangki model rata yang memberikan tampilan sporty dan modern. Urusan pencahayaan pun juga tak luput dari sentuhan teknologi Honda. Pencahayaan Honda CB150R StreetFire menggunakan lampu jenis LED yang menghasilkan cahaya terang maksimal. Sedangkan dari mesinnya, spesifikasi Honda CB150R StreetFire juga telah menggunakan teknologi mesin berstandar Euro2 dan Euro3.

Kesimpulannya, CB 150 R ini merupakan motor streetfighter yang sangat worth it untuk digunakan didalam maupun di luar kota, sebagai gaya berkendara yang garang ala anak muda dengan tampilan yang garang, fitur yang canggih, serta futuristic.