Yamaha Scorpio 225

Raja motor kelas street fighter pada masanya, Berjaya di awal abad ke 20, hingga kini masih mlekat di hati para penggemarnya. Dengan memanfaatkan kemajuan tekhnologi dan kreatifitas, kini scorpio dapat diubah menjadi beragam model dan bentuk motor retro. Seperti Japstyle, bratstyle,  chopper, bobber, café racer, dan masih banyak lagi.

 

Pada kesempatan ini, saya akan membahas sedikit tentang modifikasi dari motor Scorpio milik Haryono ini, yaitu dengan menggunakan konsep “Japstle” atau “ Japanese Style”. Dengan memodifikasi beberapa bagian seperti headlamp, fender, seat, tanki, shockbreaker, swing arm dan membuka tampilan bagian mesin supaya mendapatkan kesan yang klasik seperti motor motor jadul, namun tidak mengesampingkan kesan trendy, naked, dan garang nya.

 

Dilapisi cat berwarna hijau tua, dengan beberapa bagian decaling berwarna putih, menampilkan nuansa sangar namun tetap adem untuk diperhatikan, decaling ‘moto guzzi’ yg legendaris juga terpampang sehingga terasa lebih klasik.

Menggunakan tanki custom berkapasitas 8 liter  yang lebih kecil dan ramping daripada ukuran aslinya, seat custom yg memiliki Panjang 75 cm, chroming color pada beberapa bagian body, speedometer custom, headlamp rounded type, tail light square, mini circle flasher light, KSB shockbreaker tube type.

Terkesan klasik tapi tetap ganteng pada bagian body dan tampilannya.

 

Memiliki spesifikasi mesin dengan

  • Tipe mesin 4 langkah.
  • SOHC pendingin udara dengan diameter x langkah : 70 x 58 mm.
  • Volume Silinder : 223 cm dan Perbandingan Kompresi : 9.5 : 1
  • Susunan Silindernya Tunggal Tegak
  • Jenis dan Sistem Pengapiannya DC-CDI.
  • Kopling adalah Manual basah dengan Gigi Transmisi 5 kecepatan dan Pola Pengoperasian Gigi: 1-N-2-3-4-5.
  • Rem depannya adalah cakram double piston sedangkan rem belakangnya tromol.
  • Dimensi : PxLxT : 2020 x 770 x 1090 mm.
  • Sistem Starter : Kick & Electric.
  • Daya Maksimum : 19 PS/8.000 RPM
  • Torsi Maksimum : 1.86 kgf.m/6.500 RPM.

 

Dengan membuat perubahan pada tampilan mesin, namun tetap memiliki tenaga berkapasitas 225 cc dengan bantuan dan perubahan dalam O.S piston menghasilkan tenaga dan daya pacu yang lebih mumpuni.

 

Tipe Karburator : MIKUNI BS30 x 1

Tipe Baterai : GM7B-4B

Tipe Busi : NGK / DP8EA-9

Berat chassis/rangka adalah 125 kg dengan Tipe Double Cradle.

Panjang x Lebar x Tinggi : 2025mm x 765mm x 1095mm.

Jarak Sumbu Roda adalah 1295 mm dan jarak ke tanah 165 mm.

 

Namun kembali ke pembahasan utama, bahwa point utama nya adalah tentang modifikasi dari gaya berkendara dan tampilan “japstyle” nya tersebut, mengesampingkan telebih dahulu performa dan daya pacu yang dimilikinya.

Dengan tampilan yang sederhana, cost yang paling murah, gaya yang tidak kalah keren, mungkin bisa menjadi inspirasi bagi anda yang sedang mencari gaya baru untuk memodifikasi motor scorpio anda agar terlihat lebih keren dari biasanya.