Honda CRF 250 L, Motor buat cross dipake di jalanan?

Kali ini kita akan membahas salah satu pesaing Kawasaki KLX dan D-Tracker nih, usutan dari honda yang juga tidak mau kalah dari pabrikan sebelah, kali ini honda memiliki amunisi yang dirancang sedemikian rupa agar dinilai layak untung bersaing di jajaran motocross. Ya, inilah dia CRF 250 L. Motor adventure besutan pabrik otomotif asal Jepang ini diklaim akan sangat cocok bagi para konsumen di Tanah Air yang mencari motor tangguh untuk melewati semua medan jalan namun dengan harga yang tak terlalu mahal.

 

Spesifikasi

Tipe DOHC, liquid-cooled, 4-stroke, single-cylinder
Kapasitas 249cc
Diameter x Langkah 76mm x 55mm
Rasio Kompresi 10.7:1
Tenaga Maksimal 18,2Kw / 8,500rpm
Torsi Maksimal 22,6Nm / 6,750rpm
Transmisi 6 percepatan
Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Sistem Kopling Multi-plate hydraulic
Kapasitas Oli 1.8 Liter
Starter Electric

Dimensi

Panjang 2,210mm
Lebar 900mm
Tinggi 1,425mm
Tinggi Jok 895mm
Jarak Sumbu Roda 1,445mm
Jarak Terendah 270mm
Berat 155kg
Kapasitas Tangki 10.1 liter
Kaki-kaki Tipe Rangka twin-spar aluminum chassis
Ukuran Ban Depan 21 inci 3.00
Ukuran Ban Belakang 18 inci 120/80
Rem Dapan Floating Wave Disk 256mm with twin-piston caliper
Rem Belakang Wave Disk 220mm with single-piston caliper
Suspensi Depan Upside Down 43mm inverted fork
Suspensi Belakang Pro-Link single shock

 

Memiliki ukuran dimensi yang dirasa cukup pas di mana memiliki panjang 2.210 mm, lebarnya 900 mm. tinggi 1.425 mm, dan mempunyai jarak sumbu roda 1.445 mm. Maka, dengan dimensi tersebut, tentu akan membuat tampilan dari Honda CRF 250 Rally sedikit lebih simple hingga memiliki bobot maksimal hingga 155 Kg. Tentu, dengan bobot seperti itu maka motor adventure ini akan terasa lebih ringan dan mudah dioperasikan. Kemudian, hal yang tak kalah penting yaitu pada bagian ground clearance di mana Honda CRF 250 Rally ini memiliki ukuran yang cukup tinggi, yaitu 270 mm sehingga akan mempermudah si pengemudi dalam bermanuver di berbagai medan tanpa perlu khawatir bagian bawah motor tergesek. Kemudian, untuk ketinggian jok yaitu 895 mm. Sehingga, ukuran dimensi Honda CRF 250 Rally tersebut dirasa sesuai untuk postur tubuh rata-rata orang Indonesia. Namun, bagi beberapa konsumen yang mengalami postur yang lebih pendek, tentu akan sedikit sulit untuk mengendalikan motor yang satu ini. Namun meskipun demikian, secara keseluruhan sektor dimensi dari spesifikasi Honda CRF 250 Rally ini memang mengusung rangka yang pas dan cocok serta kuat.

 

Tampaknya, spesifikasi Honda CRF 250 Rally ini memang terlihat begitu kompleks dan modern. Sebagai contoh, seperti pada instrumen indikatornya di mana Honda telah menyematkan speedometer jenis full digital di mana fungsinya tentu lebih tepat dalam menampilkan berbagai informasi terkait kondisi motor yang sedang ditungganginya. Hal itu bisa dilihat dari penataan panel indikator pada Honda CRF 250 Rally ini yang dibuat cukup simple dan sederhana namun tampak modern dan tentunya informatif.

 

Masalah harga, motor ini di banderol dengan harga kisaran kurang lebih 62 jutaan untuk OTR Jakarta. Jadi, untuk sobat otobikers yang berada diluar Jakarta, mungkin akan mendapatkan harga yang sedikit lebih tinggi daripada OTR Jakarta. Apakah sobat otobikers minat untuk meminang motor kece anti mainstream ini?