[D.I.Y hilang] Perbaiki penutup ABS yang hilang , untuk diperbaiki ! Bagian ③

[D. I. Y satu langkah lebih lanjut] Mari kita Perbaiki Cowl FRP sendiri! Pada bagian 1, FRP memperbaiki lubang besar di undercowl. Kali ini, aku akan membentuk permukaan dengan dempul dan pergi ke proses pengecatan!

 

Tutup bawah telah diperbaiki dari dalam dengan FRP, tetapi permukaannya masih compang-camping sehingga terlihat buruk dan tidak bisa dicat. Jadi saya memutuskan untuk membentuk permukaan dengan dempul.

 

Untuk memperbaiki tutup ABS cowl yang rusak [D.I.Y maju satu langkah]! Kita memoleskan dempul polyester pada cowl dengan alat scraper tipis pelat baja ②. Dempul antara untuk soft finishing untuk memperhalus bentuk lengkungan cowl.

 

Dempul dicampurkan dengan bahan stater dempul. Jika stater diberikan terlalu sedikit, dempul akan lambat mengeras, dan jika terlalu banyak, pengerasan akan terlalu cepat.

 

Oleskan dempul hingga merata dan tutupi bagian yang tidak rata dengan scrapper baja.

 

Gunakan scrapper untuk mengoleskan dempul. Caranya adalah dengan menerapkan area yang lebih luas dan jumlah yang lebih besar ke bagian yang harus dilapisi. Jika terlalu banyak, tidak apa-apa dapat diratakan dengan cara mengamplasnya, tetapi jika terlalu sedikit, Anda harus menambahkannya lagi.

 

Setelah dempul mengeras, pertama-tama permukaannya diperhalus dengan sander orbital dengan kertas # 180.

 

Gunakan mesin orbital sander sampai mendapatkan permukaan yg halus dan rata, sehingga ketika hampir selesai, ia akan dialuskan secara manual.

 

Selesaikan sampai tidak ada permukaan yang tidak rata. Jika perlu, dempul dan ulangi lagi pengamplasan, sehingga permukaan benar benar halus rata.

 

Karena kertas # 180 itu kasar, goresan tetap ada saat diamplas, jadi kita akan selesai dengan # 320.

 

Ini adalah keadaan setelah diamplas di # 320. Jika sudah seperti ini, bahkan jika itu dicat, jika dilihat dari atas, goresan yang dihaluskan dengan amplas tidak akan terlihat. Jika Anda akan mengecat, aplikasikan pengamplasan # 320 ke seluruh permukaan.

 

Pindah ke bagian pengecatan dan bersihkan permukaan dengan kertas dapur yang dibasahi dengan silikon. Jika Anda tidak membersihkan dengan baik, Anda akan mendapatkan hasil cat yang kurang baik.

 

Dari kiri : permukaan, gelas pengukur & kupasan digital, pengeras, pengencer, cat sprayer. Kali ini, lapisan permukaan akan menjadi dasar cat.

 

Setelah menghitung jumlah permukaan yang digunakan, campur pengeras dan pengencer lalu letakkan di cat sprayer. Jangan lupa saring dengan saringan saat Anda memasukkannya ke dalam sprayer untuk mencegah kotoran dan debu.

 

Dalam proses pengecatan dasar, kita pilih dengan menyemprot bagian yang tersulit dahulu, sehingga permukaan bisa merata kena cat dasar, dan tidak ada kelebihan cat dipermukaan yang dicat, hasilnya catnya akan merata tidak bergelombang.

 

Selesai dengan satu kali penyemprotan. Hasil pengecatan belum tampak halus, jadi terlihat seperti kulit jeruk, sambil menunggu kering..

 

Pengeringan dilakukan dengan memasukan kedalam ruang panas yang dilengkapi kipas pemanas.

 

Cat dasar Ini selesai! Dari sini, Anda bisa memulai pengecatan dengan warna pilihan dan bisa dilakukan berulang ulang sampai hasil merata, setelahnya dipoles. Setelah selesai bisa melakukan dengan clear coat, untuk menghasilkan warna yang besinar sesuai dengan pilihan anda!