Scorpio Yang Tampil Retro Dengan Style Bobber Japs Mewah dan Berkelas

Yamaha Scorpio memang seolah menjadi favorit bagi para pencinta modifikasi motor custom di tanah air. Mesin yamaha yang satu ini mempunyai banyak kelebiha-kelebihan yang menjadi incaran pencinta motor.

 

Irit, handal dan harga yang bersaing tampaknya sudah umum diketahui oleh para penggemarnya. Kapasitas mesin 225 cc nya terasa ideal dan memberi keleluasaan pada pencinta modifikasi untuk melakukan perubahan-perubahan tanpa takut motor akan menjadi terlalu berat.

 

Ban tapak lebar dapat dipasang tanpa khawatir akan muncul masalah performa mesin. Selain itu kapasitas mesin ini juga memberikan keleluasaan penuh dalam aktifitas sehari-harinya.

 

Daya mesinnya jelas diatas kebanyakan motor yang kita temui di jalan raya, dengan keunggulan itu motor ini terasa sangat nyaman untuk aktifitas didalam kota maupun perjalanan luar kota. Bahkan off-road.

 

Bobber dan Japs-style dengan sentuhan vintage klasik tampaknya menjadi favorit dari Maximum Garage, sebuah workshop di kota Cimahi dibawah arahan kang Tanto ini.

 

Workshop ini sebagian besar memproduksi sendiri komponen-komponen customnya dan dilakukan dengan cermat dan detail sehingga hasil akhirnyapun tampak berkualitas dan menjadi sesuatu yang dapat dibanggakan.

 

Bila kita perhatikan Konsep Modifikasi desain dari motor ini sebenarnya tidaklah murni Jap-style atau Bobber ataupun Scrambler. Motor ini sebenarnya sudah mengusung style baru yang berbeda dengan model-model atau style yang disebutkan tadi.

 

Karena itu untuk penamaannya pun dapat diberikan sesuai dengan intepretasi dari orang yang melihatnya. Yang pasti motor yang tampil gagah dan mewah ini dapat dikategorikan sebagai motor sport casual yang diimbangi dengan performa tinggi baik on-road maupun off-road.

 

Berikut ini adalah Spesifikasi keluaran pabrik dari Scorpio 2008

 

Tipe Mesin 4 langkah, SOHC
pendingin udara
Volume Silinder 223cc
Daya Maksimal 19PS/8,000RPM
Torsi Maksimal 1.86kgf.m / 6,500RPM
Suplai Bahan Bakar Karburator MIKUNI
Transmisi Kopling manual, 5 speed
Dimensi 2,020 x 770 x 1,090mm
Jarak Sumbu 1,295mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165mm
Berat Isi 141kg
Kapasitas Tangki 12 – 14 liter
Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80 / 100-18-47P
Ban Belakang 100 / 90-18-56P
Kelistrikan BateraiGM7B-4B
Busi NGK / DP8EA-9
Sistem Pengapian DC-CDI

 

Mesin

Kapasitas 225 cc dengan performa yang handal menjadi mesin yang di idam-idamkan oleh para modifikator. Maklumlah mesin Yamaha yang satu ini banyak banget kelebihannya. Yang pasti mesin ini Handal, irit dan banyak dicari.

 

Rangka body

Dengan jenis double cradle yang kokoh diimbangi dengan suspensi teleskopik dan monoschock merupakan kombinasi mantap yang memberikan kenyamanan maksimal dalam berkendara.

 

Setang lebar

Setangnya yang selain tampak gagah berjiwa muda, juga memberikan handling yang mudah dan nyaman pada pengendaranya.

 

Grip setang

Bentuk yang unik dan futuristik dari grip setang terlihat telah dipertimbangkan dengan matang dan melalui proses seleksi dan uji coba yang lumayang panjang. Jenis ini masih jarang kita lihat.

 

Set Lampu

Headlight bulat dengan led yang terlihat elegan serta memberikan pencahayaan sempurna ketika berkendara dimalam hari. Stop light dan lampu sen retro yang melengkapinya menambah keindahan motor ini.

 

Fork

Fork teleskopik yang dilengkapi dengan cover terlihat sesuai dan berhasil menonjolkan penampilan suspensi depan sehingga tampak lebih kekar dan meyakinkan. Kereen istilah sekarangnya.

 

Shock

Monoshock Yamaha yang membuat motor terasa lebih stabil dan memberi kemantapan berkendara. Selain itu monoshock ini juga memberikan tampilan langsing dan bertenaga yang sesuai dengan performa mesinnya.

 

Spedometer

Kombinasi speedometer analog dan digital minimalis gaya klasik tampak duduk manis diatas headlight. Speedometer ini meskipun karena ukurannya yang kecil tampak seperti pelengkap, namun merupakan elemen estetika yang sangat besar pengaruhnya dalam desain secara keseluruhan.

 

Tangki bahan bakar

Tangki yang juga mempunyai desain minimalis khas retro terlihat menjadi pusat dari konsep desain modifikasi ini. Warna kuningnya memberikan kesegaran tersendiri dan tampak begitu serasi dengan warna hitam dari bodynya.

 

Jok

Jok press yang tampil low profile tetapi tetap berkelas dan bergaya. Desain jok ini adalah penyempurnaan dari desain jok Jap-style pada umumnya. Meskipun mempunyai dimensi yang cukup panjang terlihat bahwa motor ini sesungguhnya cenderung untuk menjadi single seater saja.

 

Footstep

Foot step cnc muncul sebagai detail yang diperhitungkan dengan matang.

 

Frame guard

Ramping bertenaga dan kokoh adalah kesan pertama yang timbul ketika kita melihat motor ini, Peranan frame guard sangat besar dalam menampilkan kesan kekar dan kokoh pada motor ini.

 

Knalpot

Muffler chrome kecil dari sistem exhaust terlihat sederhana tapi mempu memberikan pengaruh besar dalam keseimbangan proporsi desain modifikasi secara keseluruhan.

 

Spakbor dan tail

Penempatan dan desain spakbor teraa begitu pas dan memenuhi aspek fungsi dan estetika dengan sangat baik. Spakbor yang dibuat dari plat besi yang lumayan tebal ini memang kokoh se kokoh motor ini.

 

Velg

Jari-jari rapat dari velgnya selain tampak indah dan artistik juga menjadi peredam kejut yang dapat diandalkan. Kombinasi ban dan velg terlihat menyatu dan tampil sebagai roda denan proporsi yang baik.

 

Ban

Ban tapak lebar dengan dipilih sedemikian rupa sehingga memberikan proporsi bentuk secara keseluruhan yang seimbang meyakinkan. Selain itu jenis semi off-road nya dengan profil yang memberikan kesan garang da berni pada motor ini.

 

Rem

Untuk sistem pengereman dipilih cakram diroda depan dan tromol dibagian belakang. Sistem seperti ini telah teruji memang memberikan kenyamanan dan keamanan yang dapat diandalkan dan menjadi favorit banyak pengendara.

 

Warna dan striping

Striping pada tangki bahan bakar terlihat ditata dengan baik dan sama sekali tidak pasaran. Kombinasi warna kuning dan hitam dengan aksen chrome pada motor ini pasti menjadikannya akan selalu dilirik terlebih oleh para pencinta motor custom.

 

Motor ini tampaknya sangat merepresentasikan arti sesungguhnya dari sebuah Naked Bike. Keindahannya muncul dengan mengekspos mesin dan aspek mekanikalnya. Berbeda dengan kebanyakan naked bike yang menambahkan kosmetik plastik sebagai penutup body.

 

Rangka yang terlihat jelas, demikian pula mesinnya yang kekar terlihat begitu indah dan berani yang dengan sangat berhasil telah ditampilkan melalui modifikasi yang dilakukan.

 

Tidak lupa pula cover body disamping kiri dan kanan yang sederhana tetapi terasa menjadi kelengkapan yang tidak dapat dipisahkan dalam konsep desain modifikasi dari motor Yamaha Scorpio ini.

 

Secara keseluruhan sekali lagi Maximum Garage telah berhasil mengeluarkan produk yang berkualitas dan menunjukan kreatifitas tinggi sehingga terlahir desain hybrid yang menjadi pelopor untuik style seperti ini.