Scorpio Scrambler Metal Gaya Rebel Yang Tampil Mewah

Yamaha Scorpio 2008 dikenal dengan Scorpio Z tentu saja sudah tidak asing lagi bagi para sobat OtoRaja. Kapasitas mesin yang lumayan besar menjadi daya tarik utama para pencinta motor manual. Selain itu modelnya yang gagah, trendi dan sporty juga menjadikannya selalu dilirik para bikers.

 

Konsep desain modifikasi dari scorpio 2008 ini adalah menggabungkan beberapa style yang dewasa ini sudah menjadi trend dan sangat banyak diminati oleh para penggemar motor custom di tanah air.

 

Style pertama adalah scrambler yang bercirikan stang yang lebar dengan posisi yang agak tinggi sehingga pengendara akan mempunyai posisi duduk tegak yang lebih rileks dan santai.

 

Style lain yang juga terlihat diadopsi oleh motor ini tentu saja adalah Jap-style yang bercirikan jok khasnya yang tipis dan ramping bedesain minimalis.

 

Selain itu cover body samping yang bergaya metal terlihat sangat serasi untuk tema scrambler. Cover body samping ini tampak serasi pula dengan spakbor belakang bergaya vintage clasic  yang elegan dan sepadan dengan set lampu custom yang dipasang.

 

Penggabungan beberapa style ini tampak telah dilakukan dan berhasil mendapatkan hasil akhir modifikasi yang sangat enak dilihat selain juga nyaman dikendarai.

 

Maximum Garage yang berlokasi dikota cimahi ini memang sudah mempunyai reputasi yang diakui oleh para pencinta motor khususnya penggemar motor custom yang jumblahnya semakin hari semakin besar.

 

Ini mungkin berkaitan dengan selera konsumen yang sekarang ini cenderung untuk memilih warna retro bagi kendaraan roda dua kesayangannya.

 

Gelombang retro sebenarnya tidak hanya muncul di dunia otomotif termasuk motor. Semangat retro mula merambah ke dalam desain produk-produk lain termasuk didalamnya produk digital dewasa ini.

 

Tampaknya kita dewasa ini merasa tertarik oleh kombinasi antara desain era digital yang futuristik dengan nilai-nilai estetika klasik yang memang bersifat abadi, universal dan selalu muncul kembali dalam khasanah desain di setiap era.

 

Berikut ini adalah Spesifikasi keluaran pabrik dari Scorpio 2008

 

Tipe Mesin 4 langkah, SOHC
pendingin udara
Volume Silinder 223cc
Daya Maksimal 19PS / 8,000RPM
Torsi Maksimal 1.86kgf.m / 6,500RPM
Suplai Bahan Bakar Karburator MIKUNI
Transmisi Kopling manual, 5 speed
Dimensi 2,020 x 770 x 1,090mm
Jarak Sumbu 1,295mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165mm
Berat Isi 141kg
Kapasitas Tangki 12 – 14 liter
Rangka Double Cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monocross
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80 / 100-18-47P
Ban Belakang 100 / 90-18-56P
Kelistrikan BateraiGM7B-4B
Busi NGK / DP8EA-9
Sistem Pengapian DC-CDI

 

Mesin

Mesin scorpio 2008 ini tidak mengalami perubahan apa-apa. Kapasitas 250cc dan performanya memang sudah teruji dan diakui secara luas.

 

Rangka body

Rangka body double cradle yang rigid dan kokoh dari Yamah Scorpio tidak mengalami perubahan kecuali di bagian penyangga joknya

 

Setang

lebar stang scrambler yang memberikan kontrol yang lebih baik pada pengendara membuat tampilan motor ini terlihat lebih macho dan berjiwa petualang.

 

Grip setang

Model custom terasa nyaman ditelapak tangan dan bernuansa klasik pula, dengan sirip-sirip kecil anti selip yang khas retro.

 

Set Lampu

Headlight custom vintage klasik menjadi pilihan yang tepat dan sesuai untuk konsep desain modifikasi motor ini. Head light bulat dengan bentuk bunda yang diperlengkapi lampu led memberikan penerangan sempurna untuk berkendara dimalam hari.

 

Fork

Sistem teleskopik fork yang dilengkapi dengan cover gagah gaya muscular bike yang memberikan suspensi depan yang memberi kenyamanan maksimal pada pengendara.

 

Monoshock

Shock Yamaha Scorpio memang menjadi ciri keunggulan scorpio. Selain kualitas suspensi yang baik, desain monoshock seperti ini dengan tegas menampilkan teknologi yang kontras dengan retro stylenya.

 

Spedometer

Digunakan custom analog retro yang juga bertengger dengan elegan pada motor ini. Speedometer analog dewasa ini marak kembali dan seringkali dikombinasikan dengan digital panel.

 

Tangki

Tangki bahan bakar custom yang elegan ini bergaya Jap-style dengan dimensi sedang dan bentuknya mengadopsi desain minimalis dari klasik style.

 

Jok

Double seat Jap-style yang tipis dan ramping tetap terlihat proporsional dengan desain modifikasi secara keseluruhan. Meskipun sederhana dan tampak tidak menonjol jok dari motor ini menjadi elemen estetika yang sangat penting.

 

Footstep

Model lipat cnc dari footstep yang futuristik terlihat melengkapi harmonisasi desain antara modern dengan klasik style. Meskipun terlihat sepele tetapi footstep ini memegang peranan sangat penting bagi kenyamanan pengendara.

 

Knalpot

Sistem exhoust dengan muffler cone custom minimalis seolah menjadi aksen dari body hitam modifikasi Scorpio ini. Aksen ini dari segi estetika sangatlah penting untuk mengimbangi tangkinya.

 

Spakbor

Bagian depan dicopot seluruhnya untuk lebih menampilkan fork yang berkesan gagah dari Scrambler japs ini. Sementara itu spakbor belakang klasik vintage terlihat kokoh dan mewah dan dari segi estetik berfungsi sebagai pengakhiran dari penampilan motor yang bernuansa metal rebel ini.

 

Velg

Warna hitam dengan jari-jari crhome memperkuat kesan retronya dan disamping itu jari-jari ini juga dapat menyerap getaran dengan lebih baik. Hal ini perlu terlebih lagi bila mengingat bahwa motor ini memakai rangka double cradle yang rigid.

 

Ban

Jenis semi off road dengan tapak lebar menunjukan bahwa motor ini sudah dipersiapkan untuk menjelajah segala medan. Ukurannya terlihat lebih lebar dan tinggi dari ukuran sebenarnya. Kesan ini ditimbulkan oleh velg yang juga berwarna hitam.

 

Rem

Sistem cakram di ban depan dan tromol di ban belakang terasa sudah memenuhi standard keamanan yang optimum untuk daya dari mesin Scorpio ini.

 

Warna

Biru metalik dari tangki bensin menjadi aksen sekaligus center dalam konsep desain modifikasi motor ini. Striping lembut double line dengan warna biru tua tampak sangat elegan dan sekaligus berkelas.

 

Penggabungan beberapa style kedalam suatu konsep desain modifikasi menuntut pemahaman yang baik berkaitan dengan karakteristik elemen-elemen estetika yang ada dalam setiap parts disamping juga pertimbangan-pertimbangan teknis yang tentunya tidak dapat diabaikan.

 

Dari banyak karya yang telah dikeluarkan oleh maximum garage kita dapat mengambil kesimpulan bahwa modifikasi motor custom sama sekali tidak dimonopoli oleh style-style tertentu saja dan tidak bersifat kaku dan terbatas hanya pada suatu style saja.

 

Maximum Garage telah membuktikan bahwa tantangan dari suatu konsep desain modifikasi sebuah motor adalah justru tentak eksplorasi lintas style dalam rangka mencari style baru yang lebih baik, segar dan berkualitas.

 

 

Kreatifitas dalam konsep desain modifikasi memang bersifat melampaui segala batasan-batasan, dan seolah menolak segala pakem yang dianut sebelumnya.

 

Demikian juga Maximum Garage, terlihat secara konsisten selalu merasakan tuntutan untuk terus menggali dan menemukan desain-desain motor custom yang segar dan dapat eksis sebagai karya yang berharga.