Vespa PX 150 Vespa Jadul Dengan Tampilan Milenial Yang Segar.

Vespa PX generasi pertama mulai hadir di Indonesia pada tahun 1978. Generasi pertama Vespa PX hadir dengan jok depan dan belakang yang terpisah.

 

Sejak saat itu modelnya terus berkembang hingga sampai pada periode tahun 90 an dimana harir ditengah-tengah kita Vespa PX 150 exclusive.

 

Vespa yang pertama kali diluncurkan tahun 1991 ini punya penampilan yang sangat istimewa Desainnya sungguh seolah tidak termakan zaman. Bahkan setelah hampir 30 tahun motor ini tetap tampil seperti layaknya motor masa kini.

 

Kelebihannya mungkin terletak pada garis garis lengkung dari desainnya yang bernuansa klasik sekaligus modern, timeless.

 

Dengan kapasitas mesin yang cukup besar motor ini sungguh dapat diandalkan untuk aktifitas sehari-hari dan dengan penampilan yang elegan yang tidak pernah ketinggalan zaman.

 

Konsep desain Vespa terlihat sangat indah dan terlihat mempertimbangkan segala sesuatunya dengan cermat. Termasuk dengan tempat barang yang sudah disediakan dengan tapih dan merupakan terobosan desain yang brilyan dari Vespa.

 

Restorasi yang dilakukan tampak berhasil mengembalikan Vespa PX 150 exclusive ini ke bentuk orisinilnya. Warna asli dari motor ini adalah biru navy kemudian dirubah menjadi ivory sehingga tampilannya tampak lebih segar.

 

Jok meskipun agak berbeda tapi dibuat sangat mirip dengan jok orisinilnya. Lampu-lampu termasuk sein dan stop lamp berhasil dikumpulkan oleh kang Yadi pemilik Vespa ini.

 

Yang terlihat menonjol juga adalah suspensi depan teleskopic dari Vespa. Suspensi depannya tampak kokoh dan memberikan suspensi yang empuk.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari vespa PX 150 exclusive

 

 

Tipe Mesin Single cylinder air cooled 2 stroke
Kapasitas Mesin 150cc
Sistem Pengapian Karburator
Pendinginan Udara
Tenaga Maksimal 5.8kW / 6,000rpm
Torsi Maksimal 11.2Nm / 4.000rpm
Sistem Transmisi Four speed manual
Tinggi Jok 810mm
Berat Kering 112kg
Kapasitas Tangki 8 liter
Rangka Monocoque
Suspensi Depan Single sided link arm design with coil
spring & dual effect shock absorber
Suspensi Belakang Single coil spring shock absorber
Rem Depan 200 mm Ø stainless steel disc
Rem Belakang 150mm drum
Roda Depan 3.50 – 10″
Roda Belakang 3.50 – 10″</td

 

Mesin

Mesin 150cc yang tangguh dengan sistem carburator ori Delorti 20:20, Pengapian CDI ori tiic. Pengapian CDI ini secara signifikan berhasil mengangkat performa dari Vespa PX 150cc ini.

 

Rangka body

Monocock adalah rangka dimana gaya-gaya atau beban yang ditanggungnya disalurkan melalui permukaan luar. Dalam hal ini berupa plat rangka dari motor ini. Berbeda dengan rangka diamond pada motor lain yang menyalurkan gaya-gaya nya melalui batang tekan dan tarik sebagaimana umumnya rigid frame. Hal ini menunjukan bahwa memang ada perbedaan desain bentuk yang prinsip antara Vespa dengan motor pada umumnya.

 

Setang

Setang datar dengan ketinggian yang didesain sedemikian rupa untuk kenyamanan berkendara juga menjadi ciri khusus dari Vespa. Fungsinya sebagai city motobike memang sangat kentara dari desain bentuknya. Vespa tidak hanya digunakan untuk aktifitas sehari-hari tetapi juga sebagai kendaraan pribadi yang punya karakter dan personality yang khas dan bergaya.

 

Grip setang

Perbedaan yang paling menonjol dari Vespa bila dibandingkan dengan kendaraan roda dua pada umumnya adalah posisi gigi yang berada pada grip stang sebelah kiri. Hal ini juga merupakan inovasi khusus dari Vespa yang sejak lama menjadi ciri khasnya.

 

Lampu Spion

Lampu spion besar berbentuk kotak tampak duduk dengan manis pada stang Vespa ini. Spion ini selain tampak indah dan menambah gagah penampilan Vespa. Juga secara fungsional terlihat sangat baik dan sesuai. Dengan spion besar ini pengemudi dapat memantau situasi dibelakang motor dengan mudah dan jelas serta nyaman.

 

Set Lampu

Selain headlight kotak, hal yang menonjol dari set lampu Vespa ini adalah lampu sein yang dibuat menyatu dengan body dan tampak sangat memperhitungkan segi keamanannya. Lampu rem Vespa ini tampak mempunyai desain bentuk yang sangat unik dan menarik.

 

Suspensi Depan

Untuk suspensi depan, telah digunakan suspensi teleskopic. Dengan demikian kenyamanan berkendara dijalan bergelombang tidak akan menjadi masalah untuk Vespa PX 150 exclusive ini.

 

Spedometer

Speedometer analog yang dibuat menyatu dengan stang menunjukan indikator dengan jelas dan akurat pada pengemudi Vespa ini. Desain speedometernya sendiri terlihat sebagai desain minimalis yang compact dan sangat fungsional.

 

Jok

Jok Vespa yang biasanya terpisah antara pengemudi dan penumpang pada Vespa P150X tamapak telah mengalami perubahan menjadi jok double seat yang tampak lebih modern. Desain jok tampa dibuat tebal untuk memberikan proporsi yang maksimal pada bentuk motor secara keseluruhan. Selain itu jok yang tebal ini juga menambah kenyamanan berkendara baik untuk pengemudi maupun untuk penumpangnya

 

Footstep

Seperti kita ketahui bersama footstep vespa adalah berupa platform yang dibuat menyatu dan merupakan perpanjangan horizontal dari winshieldnya. Desain khas Vespa ini terlihat banyak ditiru oleh motor-motor bebek dan motor matik dewasa ini.

 

Knalpot

Berbeda dengan knalpot motor pada umumnya yang kita kenal. Knalpot vespa tampak tersembunyi dibawah plat footstep.

 

Spakbor

Vespa hanya memiliki spakbor dan memegang peranan yang sangat penting dari segi desain secara keseluruhan. Dimensi dan bentuk spakbor vespa tampak menjadi elemen estetika yang sangat penting. Bentuknya yang khas menyerupa paruh buruh memang menjadi elemen bentuk yang sama sekali tidak dapat dipisahkan dari desain Vespa secara keseluruhan.

 

Velg

Velg FA italia alumunium dipasangkan dengan ban besar berdiameter kecil terlihat sangat proporsional pada tampilannya. Roda dengan diameter kecil tetapi dengan tapak yang relatif lebar terlihat gemuk dan stabil. Selain itu penampilannya memang sangat cocok dengan konsep desain Vespa PX 150 exclusive ini.

 

Rem

Sistem pengereman depan menggunakan disk sementara untuk roda belakang digunakan tromol. Sistem pengereman Vespa dibantu oleh ban tapak lebarnya. Faktor keamanan dan kenyamanan pada pengereman mendadak sudah diperhitungkan dengan matang dalam desain Vespa.

 

Warna dan striping

Warna gading sebenarnya bukan warna orisinil motor ini. Tetapi terlihat bahwa warna ivory white menjadi salah satu hal sangat penting yang menjadikan penampilan vespa ini menjadi sangat milenial.

 

Merestorasi sebuah motor dengan konsep desain orisinil yang matang seperti Vespa memang sangat mengasyikan dan memberikan kebanggaan dan kepuasan tersendiri pada pemiliknya.

 

Untuk menyelesaikan motonya ini kang Yadi pemilik Vespa ini memakan waktu yang cukup panjang. Waktu yang dihabiskan sebagian besar adalah untuk mendatangkan ataupun mencari komponen-komponen yang dibutuhkan oleh Vespa ini.

 

Hal yang menarik dari desain vespa ini adalah penggabungan antara bentuk lengkung dari body yang dikombinasikan dengan ornamen ornamen kotak seperti pada lampu dan spionnya.