Scorpio Caffee Racer Bobber Yang Siap Ngebut dari Caffe ke Caffe

Motor ini digunakan oleh kepolisian Jakarta Raya. Hal ini membuktikan bahwa yamaha scorpio memang dapat diandalkan dan mempunyai performa yang unggul bila dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

 

Motor bandel ini mempunyai banyak kelebihan-kelebihan. Pertama sekali motor ini mempunyai penampilan yang gagah dan berkesan tangguh. Selain itu kapasitas mesinnya yang relatif besar menjadikan motor ini pas sebagai motor touring yang dapat diandalkan.

 

Performa mesin Yamaha Scorpio juga dinilai sangat dapat diandalkan, bertenaga dengan akselerasi yang unggul. Selain itu motor ini juga dikabarkan sangat nyaman untuk dikendarai terutama untuk aktifitas touring.

 

Disamping itu Yamaha Scorpiopun sudah terkenal dikalangan para pencinta otomotif yang hobi modifikasi motor. Ini disebabkan karena kapasitas mesin yang besar sehingga cocok untuk modifikasi-modifikasi yang cukup berat dan memberikan beban lebih pada motor ini.

 

Kelebihan lain lagi yang tidak bisa diabaikan begitu saja adalah konsumsi bahan bakanya yang irit untuk motor sekelasnya.

 

Khusus untuk para penggemar motor custom. Mesin Yamaha scorpio memang menjadi incaran dan banyak dicari oleh para pencinta otomotif khususnya motor custom.

 

Hal yang akan langsung menarik perhatian kita dalam konsep desain modifikasi motor ini adalah stang rendahnya yang menjadi ciri sebuah caffe racer yang memang diidamkan oleh pemiliknya.

 

Balap motor yang memakai jalan raya sebagai sirkuit pernah menjadi sangat populer dan seperti sobat OtoRaja sekalian ketahui menandai periode waktu dimana gaya motor ini dilahirkan.

 

Tangki bahan bakar custom dengan model rendah dipasang dan sengaja dibuat menerus dengan jok retronya. Hal ini akan memberikan posisi berkendara yang membungkuk dan sangat nyaman untuk berpacu.

 

Cover body yang berfungsi sebagai tutup aki tampak tampil dengan gaya vintage yang minimalis dan keren. Cover body ini kemudian dipadukan dengan spakbor chopper yang tampak kokoh.

 

Untuk bagian roda tampak mempunyai proporsi yang besar bila dibandingkan dengan body motor secara keseluruhan. Hal ini adalah khas bobber.

 

Meskipun pada umumnya motor pacu retro mempunyai roda yang ramping, motor ini justru tampil lelbih gaya dengan sentuhan bobbernya.

 

Berikut ini adalah spesifikasi keluaran pabrik dari Yamaha Scorpio

 

 

Mesin Yamaha 4 langkah SOHC
pendingin udara dengan
Diameter x langkah 70 x 58mm
Volume Silinder 223cm dan
Rasio Kompresi 9.5 : 1
Silindernya Tunggal Tegak
Sistem Pengapiannya DC-CDI
Kopling Manual basah
Gigi Transmisi 5 kecepatan
Pengoperasian Gigi 1-N-2-3-4-5
Rem depannya cakram double piston
Rem belakangnya tromol
Sistem Starter Kick & Electric
Daya Maksimum 19PS / 8,000RPM
Torsi Maksimum 1.86 kgf.m / 6,500RPM
Kapasitas tangki 12 – 14 liter
Tipe Karburator MIKUNI BS30 x 1
Tipe Baterai GM7B-4B
Tipe Busi NGK / DP8EA-9
Berat rangka 125kg Tipe Double Cradle
Tinggi 770mm
Berat isi 141kg

 

Mesin

Mesin 225 cc yang tangguh dan handal menjadi daya tarik utama dari Yamaha Scorpio 2009 ini. Mesinnya masih orisinil dan sangat memadai dan sesuai dengan konsep desain modifikasinya.

 

Rangka body

Perubahan pada rangka double cradlenya hanya dilakukan di bagian penyangga jok dan ada penambahan dibagian samping yang bertujuan sebagai dudukan cover body disamping kiri dan kanannya.

 

Setang

Setang rendah ala caffee racer menjadi penentu gaya dalam modifikasi ini. Posisi rendah dari setang pendek pada motor ditambah dengan kapasitas mesinnya langsung menempatkan motor ini pada jajaran motor motor pacu dengan gaya klasik retro.

 

Grip setang

Grip setang krem yang serasi dengan warna tangkinya terbuat dari bahan lembut yang terasa sangat nyaman ditelapak tangan pengendara. Perhatian pada detail adalah suatu ciri dan syarat dari keberhasilan sebuah modifikasi.

 

Set Lampu

Untuk set lampu dipilih model bundar custom yang dilengkapi dengan LED sehingga dapat memberikan penerangan yang optimum untuk berkendara atau berpacu dimalam hari

 

Fork

Fork oversize yang digunakan menjadikan motor ini tampil lebih gagah dan garang dan mengesankan tenaga yang besar serta suspensi yang nyaman pastinya. Cover shock yang dipasang juga tampil muscular. Ujung atas fork yang muncul setinggi speedometer merupakan elemen estetika tersendiri yang jarang kita temui pada motor-motor custom lain.

 

Shock

Dipasang shock tipe spring yang menggantikan monoshock dari Yamaha Scorpio. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan tampilan retro yang lebih kental pada motor ini. Spring dipasang diagonal sehingga dapat memakai ukuran yang lebih panjang. Selain lebih nyaman posisi schock juga dipertimbangkan terhadap proporsi motor secara keseluruhan.

 

Spedometer

Dipasang speedometer analog yang mempunyai desain minimalis namun mampu menjadi center of attention dalam penampilan motor ini secara keseluruhan.

 

Tangki bahan bakar

Dimensi dan bentuk yang tampak khas dari tangki bahan bakar custom tampak sangat serasi untuk sebuah retro caffe racer yang elegan.

 

Jok

Untuk Jok menggunakan jok press yang ramping dan tipis khas retro. Detail-detail pada jok tampak didesain dan dibuat dengan seksama dan hasilnya sangat rapih. Hal ini menonjolkan kualitas modifikasi papan atas.

 

Footstep

Desain footstep minimalis yang sederhana dan sangat fungsional tampak mengisi detail dari motor ini. Lagi-lagi detail memang sangat menetukan kualitas sebuah modifikasi.

 

Knalpot

Muffler cone pendek yang dipasang tampil gaya dan melengkapi serta menyempurnakan konsep desain modifikasi, Lapisan chrome diujung mufflernya terlihat sebagai aksen indah dalam detail motor ini.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail custom yang terlihat kokoh dan tidak murahan juga mengangkat penampilan mantan scorpio ini. Spakbor dan tail terbuat dari plat baja sehingga kualitasnya berani bersaing.

 

Velg

Velg tapak lebar dengan warna hitam khas bobber masa kini yang menjadikan roda motor ini tampak dominan dan tampil sebagai elemen estetik yang penting dan sekaligus sangat fungsional.

 

 

Ban

Ban tapak lebar yang tentu saja dipersiapkan untuk racing on-road. Sesuai dengan konsep desain modifikasinya. Cakram yang lebar pada roda depan tampak menjadi elemen estetika yang juga menentukan keberhasilan modifikasi motor ini.

 

Rem

Sistem pengereman depan dan belakang memakai sistem cakram untuk keamanan dan kenyamanan yang berkelas sesuai dengan penampilan motor ini.

 

Warna dan striping

Dipilih warna Almond pada tangki bahan bakar dan hitam untuk body dengan aksen chrome pada muffler. Sungguh suatu kombinasi yang enak dilihat.

 

Keberanian dalam desain juga krearifitas maximum garrage memang patut mendpat acungan jempol. Keberhasilan dari sejak konsep sampai pengerjaan menjadikan workshop ini dapat memproduksi motor-motor custom berkualitas.

 

Kualitas dari sebuah modifikasi ternyata tidak hanya ditentukan oleh konsep desainnya tetapi juga kerapihan pengerjaan dari modifikasi itu sendiri. Selain itu detail-detail dalam modifikasi yang dikerjakan dengan seksama akan sangat menentukan kualitas akhir dari modifikasi.