MotoFoto : Close Up Black and White Sebagai Alternatif Foto Motobike

Perkembangan dunia fotografi digital dewasa ini sungguh memanjakan kita, termasuk pula para pencinta otomotif yang tentu saja tidak ingin ketinggalan untuk mengabadikan motor kesayangannya dalam koleksi foto-foto yang berkualitas.

 

Bahkan tidak jarang kita jumpai bikers yang menggeluti hobi fotografi. Sebagai biker tentunya ia akan mempunyai

Sudut pandang tersendiri yang berbeda dengan non bikers.

 

Bila kita perhatikan ternyata ada suatu kesamaan mendasar dalam dunia otomotif khususnya modifikasi dan restorasi motor disatu pihak dengan dunia fotografi dilain pihak. Keduanya sangat mengutamakan keindahan dan segi estetika, baik itu dalam bentuk 3 dimensi maupun berupa foto 2 dimensi.

 

Mengapa Black and White

Sobat OtoRaja mungkin akan mempertanyakan, mengapa black and white. Untuk menjawab peranyaan itu maka terlebih dahulu kita harus memahami perbedaan antara foto colour dan black and white serta pada situasi-situasi seperti apa kita dapat menggunakannya

 

Pertama sekali ternyata ada keuntungan atau kelebihan- kelebihan tersendiri dari foto black and white bila dibandingkan dengan foto berwarna yaitu:

  • Foto Black and White akan terlihat lebih abadi karena seolah tidak ada jejak waktu.
  • Foto black and white dapat menampilkan efek cahaya dan bayangan dengan lebih baik.
  • Foto black and white.memberikan efek dramatis yang lebih kuat.
  • Foto Black and white seolah membuka realitas baru yang berbeda dengan realitas keseharian kita.
  • Foto black and white mengarahkan perhatian kita untuk terfokus pada bentuk dan penampilan objek dengan lebih seksama tanpa terganggu oleh warna disekelilingnya.

 

Cahaya bentuk dan tekstur suatu objek akan lebih menarik bila ditampilkan melalui foto black and white kareana warna cenderung mengalihkan perhatian kita dari ketiga hal tersebut.

 

Tetapi memang perlu diingat bahwa penilaian kita adalah bersifat subjektif yang berbeda pada setiap orang sehingga sepenuhnya tergantung pada selera sang photographer.

 

Motor sebagai objek foto tentu saja akan sangat menarik dan memberikan kemungkinan yang tidak terbatas untuk menghasilkan karya-karya fotografi yang berkualitas maupun untuk mengabadikan motor kesayangan para bikers khususnya sobat OtoRaja.

 

Dalam ulasan kali ini team OtoRaja akan mengangkat teknik foto hitam putih yang terasa tidak pernah ketinggalan zaman.

 

Foto hitam putih selalu menarik dan mendapat tempat yang baik dan memberikan kesan tersendiri baik untuk si fotographer maupun untuk mereka yang melihatnya.

 

 

Jenis kamera yang dibutuhkan

Setelah era DSLR yang merupakan generasi baru dari digital fotografi, kita kini mengenal kamera mirrorless yang merupakan teknologi terakhir dari digital forografi yang terus berkembang dengan pesatnya.

 

Kamera mirrorless saat ini sangat digemari dikalangan fotographer karena lebih kecil, ringan dan compact. Sehingga sangat memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

 

Tetapi meskipun demikian tentu saja DSLR masih sangat populer dan digunakan dimana-mana karena secara fungsional memang tidak berbeda dengan kamera mirrorless yang baru keluar dalam beberapa tahun terakhir ini.

 

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari mirrorless camera dibandingkan dengan DSLR, Compact Camera, dan Camera pada HP:

  • Berat yang ringan jadi terasa lebih nyaman untuk aktifitas fotografi sehari-hari
  • Ukurannya yang kecil sehingga mudah dibawa untuk hunting foto dan tidak menarik perhatian.
  • Lensa yang dapat diganti-ganti sesuai dengan kebutuhan sperti layaknya DSLR
  • Point autofocus yang lebih banyak bila dibandingkan dengan DLSR. Point focus pada mirrorles dapat dipilih pada LCD monitor seperti layaknya camera HP.
  • Fitur digital yang lengkap tidak kalah dibandingkan dengan camera DLSR
  • Manual focus lebih mudah dilakukan

 

Jadi sebagai kesimpulan mirrorless dewasa ini sudah mempunyai semua kelebihan-kelebihan dari segi dari camera HP yang sangat praktis digunakan ditambah dengan power dan teknologi dari DSLR sebagai camera profesional.

 

Singkatnya mirrorless camera menggabungkan semua kelebihan yang dimiliki oleh camera HP dan camera DSLR ditambah dengan fitur-fitur canggih baru yang akan lebih memberikan kenyamanan pada aktifitas fotography kita.

 

Beberapa tahun kedepan diramalkan mirrorless camera akan menjadi pilihan setiap photographer baik hanya sebagaii hobi maupun kebutuhan sebagai profesional.

 

Jenis lensa yang cocok

Untuk lensa sendiri kita mengenal berbagai jenis lensa seperti lensa fix, maupun telezoom yang masing masing mempunyai kelebihan dan kekurangan yang perlu kita pertimbangkan dalam memilih lensa..

 

Lensa fix dikenal akan menghasilkan ketajaman foto yang lebih baik bila dibandingkan dengan lensa telezoom. Namun demikian jenis lensa yang terakhir ini sangat populer karena segi kepraktisan dan range nya yang akan sangat memudahkan kita untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

 

Pemilihan ukuran (focal length) lensa dapat disesuaikan dengan objek dan komposisi foto yang kita ingin hasilkan. Sebagai contoh bila kita ingin mengambil motor sebagai objek foto motor kita maka hal yang harus kita pertimbangkan adalah seberapa besar motor tersebut akan menjadi bagian dalam komposisi foto kita.

  • Apakah kita akan memotret sebagaian atau keseluruhan motor
  • Apakah akan ada background atau objek lain yang ingin kita tampilkan bersama motor kita

 

Jadi yang menentukan jenis lensa yang akan kita pilih adalah seberapa besar objek utama yang akan kita masukan dalam foto kita. Bila motor atau objek kita akan mengisi seluruh foto maka lensa tele lebih cocok untuk digunakan. Tetapi bila motor tersebut hanya akan menjadi bagian kecil dalam komposisi foto kita maka lensa wide lah yang lebih cocok.

 

Jenis pencahayaan

Jenis pencahayaan yang dipilih dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi pemotreran. Kita dapat memanfaatkan pencahayaan alami maupun menggunakan flash light, ataupun keduanya sesuai dengan kebutuhan.

 

Pada umumnya semua jenis pencahayaan dapat kita gunakan dan akan memberikan hasil yang memuaskan selama kita menggunakan exposure yang benar dan sesuai dengan yang kita inginkan.

 

Foto Motobike Close Up

Seperti telah disinggung diatas, lensa tele lebih cocok untuk foto foto close up termasuk untuk motor kita.Seperti fjoto-foto yang ada dalam artikel ini.

 

Khususnya untuk objek motor yang memiliki banyak detail menarik pada setiap komponennya maka foto close up sangat cocok untuk diterapkan.

 

Penutup

Komponen-komponen motor kita dapat dijadikan objek yang sangat menarik dalam foto close up black and white kita. Kemungkinannya sangat luas dan akan menantang kreatifitas kita.

 

Sebagai contoh kita dapat memilah-milah komponen motor kita menjadi bagian body, stang, mesin, lampu, dll. Lebih jauh lagi setiap bagian itu masing-masing mempunyai detail-detail yang menarik dan dapat menghasilkan foto yang menarik.

 

Selain foto close up, aktifitas sehari-hari yang berkaitan dengan kehidupan sebagai bikers seting pula terasa begitu berkesan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja

 

Sebagai contoh aktifitas touring, pekerjaan mekanik, ataupun pengalaman berkendara sehari-hari dapat menjadi objek dan tema foto yang sangat menarik.

 

Demikianlah ulasan mengenai Motobike foto kali ini semoga dapat menjadi informasi yang berguna bagi sobat OtoRaja sekalian.