Pulsar 200 Naked Sport Goes Retro Klasik Yang Tetap Garang.

Naked sport  Pulsar NS200 mempunyai tampilan gagah dan sporty. Muncul dengan konsep naked sport yang terlihat merupakan penggabungan dari gayaracing dan cruising. Kapasitas mesinnya pun cukup memadai untuk menjadikan Pulsar NS200 sebagai cruising bike yang cukup handal.

 

Ketik launching kuda besi ini bersaing langsung dengan motor-motor naked bike yang sudah populer seperti tiger dan vixion. Daya tarik utama dari Pulsar adalah penampilannya yang benar benar garang dan gagah dibandingkan dengan pesaing-pesaingnya.

 

Kelebihannya yang lain adalah harganya yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan motor-motor lain dikelas 200 cc. Selain itu Desain motor yang diperuntukan untuk cruising menjadikan motor ini tampak mempunyai pasar tersendiri. Hal ini disebabkan karena motor ini hadir ketengah masyarakat otomotif yang sangat gemar melakukan touring dan cruising.

 

Konsep desain modifikasi yang dilakukan cukup menarik, karena pemilik Pulsar ini memutuskan untuk membuat versi Retro dari ini. Versi retro yang dimaksud adalah dengan mengadopsi konsep desain orisinilnya namun memberikan sentuhan baru yang berkesan retro klasik.

 

Ini dilakukan dengan mengganti tangki bahan bakar dengan volume tangki yang sebenarnya kurang lebih sama dengan tangki bahan bakar orisinilnya, namun mempunyai bentuk klasik dengan dimensi yang besar.

Tangki bahan bakar custom yang dipilih nampak tampil dengan sangat dominan pada motor ini.

 

Selain itu Jok Retro yang dipasang memperkuat tampilan klasik dari motor ini. Motif dan model jok yang mengingatkan kita pada Jps-syle. Hasil akhir dari modifikasi ini memunculkan bentuk hybrid cruising dan racing yang unik dan lain dari yang lain.

 

Kesan sporty dari moror ini didapat dari cover body samping dan engine guardnya yang didesain dengan garis garis tajam, diagonal dan segitiga yang dominan. Sporty dan aero dinamis.

 

Spesifikasi Pabrik

 

Tipe Mesin 4-Stroke,DOHC
Volume Silinder 200cc
Suplai Bahan Bakar Indirect Injection
Gigi Transmisi Manual
Sistem Start Electric Start
Torsi 18.3n.m(1.8kgf.m) / 8,000rpm
Tenaga 17kW(23.1ps) / 9,500rpm
Rasio kompresi 11.0 : 1
Bore x Stroke 72x49mm

 

Rangka

Tipe Suspensi Depan 37mm telescopic fork
Tipe Suspensi Belakang mono shock
Rem Depan single 280mm petal disc
Rem Belakang single 230mm petal disc
Ukuran Ban Depan 100/80-17m/c 52p (tubeless)
Ukuran Ban Belakang 30/70-17m/c 62p (tubeless)
Jarak Sumbu 1,360mm
Jarak Terendah Ke Tanah 805mm
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 litres
Berat Kosong 145kg

 

Mesin

Mesin 200cc yang handal dari Pulsar masih orisinil dan tidak mengalami perubahan apapun. Mesin ini dikenal lumayan irit dan mempunyai performa yang cukup dapat diandalkan dikelasnya. Saingannya adalah tiger dan vicion.

 

Rangka body

Rangka body hanya mengalami perubahan dibagian joknya selebihnya masih orisinil. Rangka diamond yang terkenal dapat menyerap getaran dengan baik dipadukan dengan monoshock menjadikan motor ini mempunyai suspensi yang cukup dapat diandalkan.

 

 

Setang

Setang lebar custom tamkpaknya memang sangat diperlukan pada motor ini mengingat diensi tangki bahan bakar yang relatif besar. Dimensi motor yang besar menuntut kontrol dan kendali yang lebih baik dari pengendaranya. Stang lebar sangat membantu untuk menambah kemudahan handling motor ini.

 

Set Lampu

Untuk set lampu dipilih lampu custom LED bulat dengan ornamen grill yang membuatnya berkesan metal. Untuk stop light dipasang stoplight kecil dengan grill yang serupa dengan headlightnya. Headlight dan stoplight custom yang dipasang memang sedang menjadi trend dan sering kita jumpai pada motor-motor custom dewasa ini.

 

Fork

Suspensi depan motor ini tidak mengalami perubahan apa-apa. Namun demikian tampak dipasang cover suspensi untuk memberikan proporsi yang lebih baik antara tangki bahan bakar dengan suspensi depannya.

 

Shock

Suspensi monoshock dari Pulsar memberikan tampilan high-tech pada modifikasi retro klasik yang dilakukan.Suspensi monoshock dikenal dapat memberikan kestabilan berkendara yang lebih baik pada motor. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan, terlebih lagi fungsi cruising dan touring dari naked bike 200 cc ini.

 

Spedometer

Speedometer masin menggunakan komponen orisinilnya yang masih dapat berfungsi dengan baik. Memang model dari speedometer orisinil ini terlihat kontras dengan bentuk dan dimensi tangki bahan bakarnya. Kontras yang dimaksud disini adalah dalam hal model dan gaya.

 

Tangki bahan bakar

Tangki bahan bakar dimodifikasi sedemikian rupa sehingga menjadi sangat dominan dan menonjol dalam proporsi modifikasinya. Tanki bahan bakar semi moge ini cukup tinggi sehingga terlihat memperbaiki proposi antara panjang dan tinggi motor.

 

Jok

Untuk Jok dipasang jok ramping minimalis Jap-style yang tampak kontras dengan tangki bahan bakanya. Jok ini adalah salah satu komponen dasar yang memberikan kesan retro klasik pada motor secara keseluruhan. Jok dibuat cukup panjang dan ini menambah kenyamanan baik bagi pengendara maupun bagi bagi penumpangnya.

 

Knalpot

Muffler custom dengan bentuk cone dipasang menggantikan muffler orisinil dari motor ini. Bentuk cone memang terasa sesuai untuk digunakan pada modifikasi motor-motor retro. Dengan desainnya minimalis ini muffler yang berdimensi cukup besar tampak dapat menyatu dengan baik pada proporsi bentuk keseluruhannya.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail custam yang dipilih adalah model spakbor yang biasa dipasang pada motor-motor klasik vintage. Model ini juga sering kita jumpai sehari hari dan tampaknya sudah menjadi faforit dikalangan para pencinta motor custom.

 

Velg

Velg orisinil racing khas Pulsa masih terpasang dan memberikandaya tarik tersendiri pada hasil modifikasinya. Bentuk velg tampak seperti pengembangan dari velg jari jari klasik dengan sentuhan gaya racing dalam desainnya. Velg seperti ini juga terlihat lebih kokoh dan sesuai dengan dimensi motor.

 

Ban

Ban tidak mengalami perubahan ukuran. Motif on-road dipilih sesuai dengan konsep dari naked sport cruising dari motor ini. Ban nya sendiri sudah memiliki tapak yang cukup lebar dan sehingga sangat membantu sistem pengeremannya.

 

Rem

Sistem rem menggunakan cakram untu roda depanya dan demikian pula di roda belakang. Dengan ini sistem pengereman motor terasa sangat memenuhi syarat untuk menjamin keamanan berkendara pada motor yang mempunyai dimensi cukup besar ini.

 

Warna dan striping

Untuk warna terlihat hitam metalic menjadi pilihannya. Warna yang gagah sesuai denga konsep desain modifikasi. Pilihan warna memang sangat berpengaruh pada penampilan sebuah motor. Keuntungan lain dari warna hitam adalah kecenderungannya untuk membuat motor terlihat lebih kecil dan ramping.

 

Pulsar NS200 keluaran pabrik muncul dengan konsep desain bentuk yang menggabungkan racing dan touring.

Hal ini terlihat dari tangki bahan bakar pulsar orisinil. Desain tangki bahan bakar orisinil yang furturistik mengusung bentuk aerodinamis yang sangat kental menyerupai fairing motor-motor racing.

 

Desain orisinil ini tampaknya hendak di “lawan” oleh pemilik motor ini dengan modifikasi retro klasiknya. Motor ini ditawarkan dengan harga Rp 15 jutaan.