Manfaat Mengendarai Sepeda Motor Pada Kesehatan Tubuh dan Mental dan Keharmonisan Pasangan

Pendahuluan

 

Banyak hal menarik yang berkaitan dengan motor sebenarnya dapat kita gali dari biker yang bersangkutan.

Karena sebuah motor sebenarnya membawa cerita dan menjadi saksi dari hampir semua aktifitas yang dilakukan pemiliknya.

 

Sebagai kendaraan pribadi yang selalu digunakan untuk aktifitas sehari-hari sebuah motor tentu saja tidak dapat dipisahkan dari kehidupan pemiliknya.

 

Para sobat OtoRaja sekalian pasti memahami kehidupan keseharian para biker diatas motornya, baik itu dari pengalaman pribadi ataupun dari cerita yang sobat sekalian dengar.

 

Untuk itu dalam kesempatan ini team OtoRaja akan menyajikan salah satu aspek dari kehidupan para bikers yang sangat berkaitan dengan motornya. Sisi kehidupan yang akan diangkat kali ini akan mengulas keuntungan atau manfaat berkendara motor bersama pasangan sobat sekalian.

 

Manfaat berkendara motor

 

Pertama-tama sekali marilah kita simak bersama sebenarnya apa saja yang menjadi manfaat dari berkendara motor.

 

Sebelum kita mengulas manfaat secara kejiwaan atau psikologis yang didapatkan oleh seorang biker. Marilah terlebih dahulu kita melihat manfaat berkendara motor dari segi kesehatan fisik para biker.

 

Manfaat pada kesehatan tubuh

 

Secara cukup mengejutkan, penelitian dan studi menunjukan bahwa kebiasaan berkendara motor memberikan banyak manfaat bagi kesehatan fisik kita baik secara langsung maupun secara tidak langsung.

 

Otot perut dan pinggang

Pertama adalah pengaruhnya pada otot perut dan kekuatan otot penunjang tulang belakang kita. Aktifitas yang dilakukan selama berkendara motor seperti berbelok, berjalan lurus, berkendara dengan lambat diantara rintangan dan lain-lain, semuanya akan memperkuat otot perut dan pinggang kita sehingga susunan tulang punggung akan mendapatkan penyangga yang lebih kuat.

 

Metabolisme yang meningkat

Selain itu, manfaat lain yang akan kita peroleh dari kebiasaan berkendara motor adalah metabolisme dan pembakaran kalori yang lebih besar. Hal ini dapat kita rasakan sendiri karena aktifitas berkendara diatas motor memerlukan tenaga dan tingkat kebugaran tertentu. Orang yang pertama kali berkendara motor akan merasakan kelelahan pada otot-otot tubuhnya.

 

Leher dan punggung yang kuat

Posisi berkendara yang baik dan benar sebenarnya merupakan terapi yang sangat baik untuk tulang belakang dan leher. Yang harus diperhatikan disini adalah adalah kebiasaan menggunakan helm yang merupakan beban tambahan. Secara tidak langsung akan memberi latihan beban pada leher sobat sekalian. Selain itu, para sobat harus selalu sadar akan posisi duduk selama berkendara agar selalu pada posisi yang nyaman.

 

Low Impact exercise

Hal lain yang perlu disadari adalah bahwa berkendara motor dapat dikategorikan sebagai low impact exercise yang sangat bermanfaat untuk mereka yang mempunyai kecenderungan menderita diabetes.

 

Lutut dan paha yang lebih sehat dan kuat

Para dokter menemukan bahwa para pengendara motor memiliki lutut dan paha yang lebih kuat. Hal ini menurunkan resiko untuk cedera lutut. Penyebabnya adalah otot-otot penunjang sendi yang lebih kuat dan lentur sebagai akibat dari aktifitas berkendara yang dilakukannya.

 

Asupan vitamin D

Para biker dengan sendirinya akan terekspos oleh sinar matahari yang memberi asupan vitamin D pada tubuh kita terutama bila berkendara di pagi hari.

 

Mood dan kondisi mental yang lebih baik

Selain itu, mengendarai sepeda motor juga diketahui meningkatkan produksi endorphin dalam tubuh yang memberikan perasaan bahagia pada para pengendara sepeda motor. Mungkin faktor ini juga yang sangat berperan dalam menjadikan seseorang jatuh cinta pada bike riding.

 

Meningkatkan kerja otak

Berbeda dengan mengendarai mobil, ketika berkendara  sepeda motor fisik dan juga mental anda akan terus bekerja dengan aktif. Termasuk menjaga keseimbangan dan memantau keadaan sekeliling sobat sekalian. Refleks para pengendara motorpun akan lebih terlatih bila dibandingkan dengan menyetir mobil.

 

Manfaat Psikologis

 

Manfaat yang didapat secara psikologis pada dasarnya adalah sama dengan manfaat kejiwaan yang kita alami ketika berolahraga.

 

Bersifat rekreatif

Berkendara motor terutama touring mempunyai aspek rekreatif yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh pengalaman-pengalaman baru yang diperoleh selama berkendara diatas motor.

 

 

Menurunkan stress

Endorphin yang dikeluarkan ketika kita berkendara secara otomatis akan menurunkan tingkat stress para biker, bahkan akan memberikan kegembiraan tersendiri. Hal ini tentunya dapat para sobat rasakan sendiri. Ketika kita menarik gas sepeda motor kita ada sensasi tersendiri yang kita rasakan.

 

Meningkatkan kewaspadaan mental

Ketika berkendara sepeda motor kita dituntut untuk selalu waspada dan sama sekali tidak boleh lengah. Karena itu, mental dan fisik kita akan terlatih untuk bekerja dalam koordinasi yang baik. Dapat dikatakan ketika berkendara mental dan fisik kita selalu dalam keadaan siaga.

 

Manfaat bagi keharmonisan pasangan

Selain manfaat bagi pengendara sepeda motor ternyata ada pula manfaat bagi bagi mereka yang terbiasa boncengan dengan pasangannya, terlebih lagi bila boncengan dalam suatu touring.

 

Kedekatan emosional

Posisi boncengan secara psikologis akan menambah kedekatan emosional antara pengemudi dengan penumpang. Terlebih lagi bila yang kita bonceng adalah pasangan kita.

 

Meningkatkan kekompakan dan kerjasama

Agar motor dapat berjalan dengan lancar maka diperlukan kerjasama antara pengemudi dengan penumpang terutama dalam hal keseimbangan. Penumpang yang berpengalaman akan menyesuaikan keseimbangan tubuhnya dengan gerakan pengemudi dan motor sehingga pengemudi akan merasa nyaman dan lebih mudah dalam mengendalikan motornya.

 

Meningkatkan tanggung jawab

Pengemudi kendaraan bertanggung jawab atas keselamatan dirinya sekaligus juga bertanggung jawab atas keselamatan penumpangnya. Seorang pengemudi yang terbiasa membawa penumpang secara otomatis akan selalu sadar bahwa dia tidak berkendara sendirian melainkan membawa penumpang yang harus dia perhatikan pula kenyamanannya.

 

Kepercayaan diri

Ketika pertama kali membawa penumpang biasanya kita merasa agak canggung. Tetapi, semakin sering seorang pengendara membawa penumpang maka pengemudi akan semakin percaya diri dalam berkendara. Kepercayaan diri pengemudi dalam berkendara memegang peranan yang sangat penting dan akan mempengaruhi gaya berkendaranya.

 

Kepercayaan pada pasangan

Penumpang makin lama akan makin percaya pada pengemudi dan dengan tenang dia akan menikmati perjalanannya. Pada awalnya penumpang akan merasa was-was ketika pertama kali dibonceng oleh pasangannya. Tetapi, lama kelamaan akan terjalin rasa saling percaya antara penumpang dan pengemudi.

 

Dari ulasan diatas maka secara singkat dapat kita simpulkan disini bahwa berkendara berdua dengan cara boncengan akan memberikan banyak manfaat bagi pasangan. Manfaat ini didapatkan oleh masing-masing maupun secara bersama-sama.

 

Manfaat ini yaitu; kedekatan emosional yang terbangun akibat kebersamaan yang terpupuk dan juga kerjasama serta kekompakan yang tinggi. Selain itu juga, rasa saling percaya satu sama lain akan terbina melalui berkendara bersama terlebih lagi dalam suatu aktifitas touring yang menyenangkan

 

Dari ulasan diatas kita dapat menyimpulkan bahwa mengendarai sepeda motor memberi banyak manfaat bagi tubuh dan mental kita. Bahkan manfaat bagi pasangan kita. Sekaligus pula kita dapat menyanggah pendapat yang mengatakan bahwa mengendarai sepeda motor tidak baik untuk kesehatan dan bahkan merugikan kesehatan.