Destinasi dan Rute Touring menarik yang Dapat Menjadi Pilihan Sobat OtoRaja

Aktifitas touring sudah tidak dapat dipisahkan dari keseharian para bikers di tanah air. Maklum’lah touring memang sudah menjadi aktifitas rutin dari banyak komunitas motor di Indonesia.

 

Kebetulan rute yang dipilih oleh komunitas ini adalah Rute Bandung, Garut, Singaparna, Ciamis, Purwokerto,  Banyumas, Wonosobo, Dieng. Adapun untuk rute pulang demi kemudahan mereka memilih untuk melewati rute yang sama.

 

Garut

Cagar alam Leweung Sancang adalah salah satu tujuan wisata di Garut yang merupakan tujuan wisata konservasi hutan dan cagar alam yang berkelas dunia. Konservasi hutan Leuweung Sancang terbagi menjadi 3 bagian yaitu pantai, hutan dataran rendah dan hutan mangrove atau bakau

 

Singaparna

Singaparna adalah suatu daerah di kabupaten Tasikmalaya, Jawa barat. Danau Situgede mungkin dapat disebutkan sebagai tujuan wisata yang paling terkenal di Tasikmalaya. Danau ini mempunyai pemandangan yang sangat indah dan menyegarkan. Suasananya sejuk dan terasa sangat nyaman.

 

Ciamis

Kabupaten Ciamis adalah sebuah kabupaten di Jawa barat. Tempat ini memiliki banyak tujuan wisata yang dapat menjadi pilihan bagi para bikers, diantaranya adalah Lengkong Panjalu. Situ Lengkong adalah sebuah danau yang terletak dikecamatan Panjalu dengan luar sekitar 58 hektar. Di tengah-tengah danau ini ada sebuah pulau dengan luas sekitar 9 hektar.

 

Purwokerto

Banyak tempat yang dapat dikunjungi sebagai tujuan wisata maupun rute touring yang ada di Purwokerto. Salah satunya yang paling terkenal adalah Batu Raden.

Batu Raden terletak tepat di lereng gunung Slamet Banyumas. Di tempat ini, sobat sekalian akan menemukan suasana pegunungan yang sejuk dan tenang.

 

Wonosobo

Wonosobo terkenal dengan pemandian Kali Anget yang berjarak sekitar 4 km dari alun-alun Wonosobo. Kolam air hangat ini akan terlewati bila Sobat sekalian menuju Dieng dan sangat ideal untuk menjadi tempat beristirahat mengembalikan tenaga.

 

Dieng

Tujuan wisata Dieng yang berlokasi di kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara ini berada pada ketinggian 2000 mdpl. Seperti lazimnya daerah pegunungan, Dieng mempunyai suhu yang relatif dingin terutama di malam hari.

 

Persiapan Touring

 

Selain destinasi dan rute touring ada hal lain yang harus mendapat perhatian seksama dari para bikers. Yang dimaksud adalah persiapan sebelum melakukan perjalanan.

 

Untuk itu, dibawah ini OtoRaja telah menyiapkan beberapa tips yang dapat menjadikan pengalaman touring sobat sekalian menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

 

Berikut ini adalah tips yang mudah-mudahan dapat membantu para pencinta touring tanah air. Sebenarnya tips-tips dibawah ini bukanlah suatu aturan tapi lebih bersifat anjuran yang dikumpulkan dari pengalaman touring yang telah dilakukan.

 

Pertama, selama perjalanan sobat OtoRaja biasakan’lah untuk membuang sampah pada tempatnya. Pastilah sobat sekalian tidak ingin bila perjalanan touring yang dilakukan meninggalkan jejak sampah.

 

Biasakan untuk hanya berkendara di siang hari. Hindarilah untuk berkendara di malam hari. Yang menjadi pertimbangannya adalah faktor keamanan. Perlu diingat bahwa kita sedang melakukan perjalanan di daerah yang tidak kita kenal. Berkendara di siang hari tentulah lebih bijaksana untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Biasakan untuk berkendara dengan kecepatan yang sesuai dengan jalan yang kita lalui. Dan patuhilah selalu rambu-rambu lalu lintas di sepanjang perjalanan kita.

 

Biasakan untuk berhenti beristirahat sekitar jam 10 pagi  untuk minum kopi sambil menyantap makanan kecil. Banyak orang mengatakan bahwa istirahat sebelum tengah hari akan memberikan energi lebih pada para rider.

 

Selalu pastikan bahwa persediaan air minum untuk perjalanan masih cukup. Sobat OtoRaja tentu saja tidak menginginkan untuk merasa kehausan di tengah jalan, bukan?

 

Selama berkendara sobat Otoraja harus selalu waspada dan memperhatikan kondisi motor yang dikendarai. Kerusakan-kerusakan besar sering kali dapat dihindari bila ditangani sejak dini.

 

Kelengkapan Touring

 

Selain hal-hal yang sudah kita sebutkan diatas sangat penting untuk kita perhatikan adalah barang-barang atau perlengkapan standar yang sebaiknya kita siapkan untuk perjalanan kita.

 

Berikut ini adalah daftar perlengkapan yang harus selalu kita bawa dalam setiap aktifitas touring:

 

Uang Tunai

Tentu saja para sobat sekalian tidak ingin berpergian tanpa bekal uang, bukan? Untuk touring khususnya uang tunai sangat diperlukan karena dalam perjalanan sobat sekalian belum tentu dengan mudah dapat menemukan atm. Meskipun, sekarang ini atm ada dimana-mana tetapi bagaimanapun uang tunai akan lebih praktis dan selalu siap untuk digunakan.

 

GPS atau peta

Meskipun anda tau rute dan jalan ke tempat tujuan. Siapkan peta manual sebagai back up GPS anda. Bukan tidak mungkin anda memasuki daerah-daerah dengan sinyal hp yang kurang baik maka peta manual tadi akan membantu anda. Ketika melakukan touring ada baiknya sobat sekalian selalu memperhitungkan skenario terburuk yang mungkin terjadi dalam perjalanan dan telah mempersiapkan solusinya.

 

Power Bank

Power bank tentu saja menjadi suatu keharusan untuk perjalanan jauh di era digital ini. Smartphone anda harus selalu dalam keadaan hidup. Pilihlah power bank dengan kualitas yang baik dan ukuran yang cukup besar. Sebagai rule of thumb dapat disiapkan power bank yang dapat mengisi penuh baterai hp anda minimal sebanyak tiga kali.

 

Repair kit ban

Resiko ban kempes karena bocor tentu selalu ada. Untuk itu anda harus selalu mempersiapkan diri dengan menyiapkan repair kit untuk ban anda. Di tengah perjalanan yang anda lakukan, ban yang mendadak bocor akan merepotkan bila anda tidak dapat memperbaikinya sendiri.

 

Tool Kit

Hal lain yang selalu harus sobat sekalian bawa dengan motor anda adalah tool kit. Tool kit ini sewaktu-waktu akan berguna dan menjadi perlengkapan standar para rider.

 

Pisau lipat

Pisau lipat swiss army adalah perlengkapan praktis serba guna yang sebaiknya menjadi perlengkapan sobat OtoRaja. Sifat serbaguna itu akan sangat membantu aktifitas sobat sekalian dalam perjalanan yang bersifat petualangan.

 

Jas Hujan

Perlu diingat bahwa tidak selamanya cuaca akan cerah sepanjang perjalanan anda. Untuk itu, sobat harus selalu harus menyiapkan jas hujan yang memadai untuk melindungi tubuh sobat sekalian ketika berkendara dalam kondisi hujan.

 

Pakaian ganti dan alas kaki

Selain itu, sangat dianjurkan juga agar sobat sekalian membawa pakaian ganti untuk persiapan bila sewaktu-waktu diperlukan. Keringat yang berlebihan atau pakaian yang kotor akan mengganggu kenyamanan berkendara para sobat sekalian.

 

Selain baju, sepatu atau alas kaki pun perlu diperhatikan. Kaki anda harus selalu terjaga kenyamanan dan keamanannya. Pertimbangkanlah untuk memakai steel cap shoes atau boot dalam aktifitas touring.

 

Obat-obatan kotak P3K

Seperti halnya dalam mobil sebenarnya setiap motor pun sebaiknya diperlengkapi dengan kotak P3K. Di samping itu, jangan lupa untuk membawa obat-obatan pribadi yang mungkin anda perlukan. Jangan sampai kenyamanan touring anda terganggu oleh kondisi kesehatan yang tidak mendukung.

 

Lampu senter

Kita tidak pernah tahu persis apa yang akan terjadi sepanjang perjalanan. Untuk itu, persiapkanlah diri anda untuk kondisi-kondisi darurat dengan membawa lampu senter.