Scorpio Kontemporer Dengan Sentuhan Retro Bobber Style

Para sobat OtoRaja pastinya sudah tidak asing lagi dengan Yamaha Scorpio. Motor dengan kapasitas 225 cc ini memang sangat populer di zamannya dan banyak dicari oleh para pencinta otomotif khususnya jenis naked bike.

Daya yang dimilikinya menjadikan Yamaha Scorpio ideal untuk dimodifikasi sesuai dengan konsep desain yang ingin diterapkan. Mesin 225 cc nya memberikan keleluasaan yang bisa dibilang tidak terbatas. Batasannya hanyalah kreatifitas para desainer dan mekanik dalam melakukan modifikasi.

Pada kesempatan ini OtoRaja akan menyuguhkan suatu modifikasi Yamaha Scorpio terlihat cukup unik dan berani. Keunikannya terlihat dari komponen-komponen custom yang ditampilkannya. Selain unik konsep desain modifikasi motor ini tampak dengan berani mencoba konsep-konsep baru yang terasa orisinil.

 

Dari bentuk joknya kita dapat menangkap nuansa Jap-style yang ingin ditampilkan dalam modifikasi ini. Desain jok minimalis yang tipis memang sudah menjadi ciri khas motor-motor Jap-style atau caffe racer.

 

Tangki bahan bakar custom yang dipilih mempunyai dimensi yang cukup besar dan tampak dominan pada modifikasi ini. Tampak sekilas kesan muscle bike yang ingin ditampilkan.

 

Fork dan setangnya sendiri tampak tidak mengalami perubahan dan tetap menggunakan fork dan setang orisinil keluaran pabriknya.

 

Spion dan winshield tampak tampil cukup unik. Spion bulat besar memberikan pandangan kebelakang yang sangat luas dan menjadi nilai tambah tersendiri bagi pengendara. Agak jarang kita temui spion besar seperti ini pada motor-motor pada umumnya.

 

Winshield yang dibuat menyatu dengan lampu juga mempunyai bentuk yang unik dan jarang kita temui. Sementara untuk headlight nya terlihat menggunakan LED yang pastinya memberikan kenyamanan pada saat berkendara dimalam hari.

 

Berikut ini adalah spesifikasi Yamaha Scorpio keluaran pabriknya.

Mesin 4 langkah.SOHC
pendingin udara
diameter x langkah 70 x 58mm
Volume Silinder 223cm
Kompresi 9.5 : 1
Silinder Tunggal
Sistem Pengapian DC-CDI
Kopling Manual basah
Gigi Transmisi 5 kecepatan
Pengoperasian Gigi 1-N-2-3-4-5
Rem depan cakram double piston
rem belakangnya tromol
Dimensi PxLxT 2,020 x 770 x 1,090mm
Starter Kick & Electric
Daya Maksimum 9PS / 8,000RPM
Torsi Maksimum 1.86kgf.m / 6,500RPM
Kapasitas tangki 12 liter
Tipe Karburator MIKUNI BS30 x 1
Tipe Baterai GM7B-4B
Tipe Busi NGK / DP8EA-9
Tinggi tempat duduk 770mm
Berat 141kg

 

Mesin

Mesin Yamaha Scorpio 225 cc dewasa ini banyak dicari sebagai mesin motor modifikasi. Disamping kehandalan dan dayanya harganyapun sangat bersaing. Itulah yang menjadi daya tarik utamanya.

 

Rangka body

Rangka tidak banyak mengalami modifikasi kecuali bagian penyangga jok double seatnya. Selain itu ada sedikit penambahan bracket penyangga knalpot

 

Winshield

Salah satu bentuk kontemporer yang dipasangkan pada motor ini adalah bentuk windhshieldnya yang dipasang menyatu dengan Headlight LED. Bentuk winshield seperti ini jarang kita jumpai dan keberadaannya merupakan komponen yang memberikan ciri khas pada modifikasi ini.

 

Setang

Setang dipertahankan model orisinilnya karena sudah dirasa memberikan kontrol yang cukup bagi pengendara. Meskipun konsep desain modifikasi dewasa ini banyak yang mengadopsi bentuk setang lebar, modifikasi ini tampak dipertahankan bentuk orisinilnya.

 

Grip setang

Grip setang pun masih memakai bentuk dan model orisinil dari Yamaha scorpio. Jadi praktis tidak ada perubahan yang dilakukan pada setang selain penggantian speedometer.

 

Set Lampu

Untuk set lampu dipilih model bundar minimalis gaya vintage sedangkan untuk stop lamp nya dipilih gaya minimalis yang terlihat serasi dengan headlightnya.

 

Fork

Fork masih menggunakan sistem suspensi teleskopik yang merupakan fork orisinil keluaran pabriknya yang dimensinya cukup dapat mengimbangi dimensi tangki bensin yang lumayan besar.

 

Schock

Untuk suspensi belakang digunakan spring dengan peredam kejut. Spring yang digunakan sedikit lebih panjang sehingga membentuk sudut yang lebih kecil dengan horizontal. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan antara tinggi dan modifikasi pada penyangga joknya.

 

Spedometer

Speedomeeter tampak dipilih untuk menggunakan speedometer analog yang terasa cocok dengan tampilan retro dari konsep modifikasi desain motor ini. Kelebihan dari speedometer analog adalah kejelasan dalam memberikan informasi kecepatan. Dengan sekali lirik pengendara dapat mempunyai gambaran yang menyeluruh berkenaan dengan kecepatan berkendara dan top speed dari motornya.

 

Tangki

Tangki custom dengan ukuran yang relatif cukup besar dipasang untuk dapat menampung bensin dengan volume yang lebih besar mengingat daya dan kapasitas mesinnya.

Yang menarik dari tangki bahan bakar custom motor ini adalah bentuknya yang cenderung berkesan gemuk, karena perbandingan antar panjang lebar dan lingkar luarnya.

 

Jok

Jok memakai jok Jap-style yang tipis dan ramping dengan warna krem yang menjadi ciri khas dari motor-motor Jap-style dan cafee racer. Demikian pula motifnya yang tentusaja sudah tidak asing lagi bagi para penggemar motor reto.

 

Kenalpot

Kenalpot diganti keseluruhannya dari feeder, neck dan muffler. Kenalpot terlihat mengadopsi gaya bobber kontemporer yang memberikan kesan lain dari yang lain pada motor ini. Ciri khas dan karakter modifikasi tampak berusaha untuk juga dapat ditampilkan dari bentuk knalpotnya.

 

Spakbor dan tail

Spakbor dan tail menggunakan plat beja tebal sehingga telihat kokoh dan gagah. Bentuknya sendiri adalah bentuk gaya vintage bobber yang populer diakhir masa perang dunia kedua.

 

Velg

Dipakai velg orisinil dengan jari-jari untuk menonjolkan kesan klasiknya. Velg sengaja diberi warna hitam untuk memberikan kesan ban yang lebih besar. Hal ini perlu dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang seimbang antara body motor knalpot dan roda-rodanya.

 

Cover body samping.

Cover atau tutup body disamping kiri dan kanan customnya mempunyai bentuk yang yang senada dengan tangki bahan bakar yang cenderung bulat dan berkesan gemuk.

 

Ban

Memakai ban tapak lebar yang siap untuk penjelajahan off-road. Motor ini tampak dipersiapkan untuk dapat menjelajah ke segala medan.

 

Rem

Sistem pengereman menggunakan sistem cakram untuk roda depan dan tromol untuk roda belakang.

 

Warna / striping

Dipilih warna hitam dan putih untuk tangki bahan bakarĀ  dengan aksen warna coklat untuk joknya.

 

Meskipun joknya menunjukan kesan Jap-style yang kental tetapi motor ini juga mengadopsi gaya bobber dan sekaligus gaya kontemporer yang akhir akhir ini mula iberkembang.

 

Perkembangan dalam konsep desain modifikasi memang selalu terjadi dengan dinamis. Suatu gaya tertentu setelah beberapa lama biasanya akan mulai ditinggalkan atau mulai dicoba untuk dikombinasikan dengan gaya lainnya.

 

Usaha pencarian katakter yang terus menerus patut kita apresiasi. Usaha itu terlihat dari konsep modifikasi desain yang dilakukan pada motor ini. Gaya Jap-style yang sudah mapan tampak dikombinasikan dengan Bobber style dan gaya kontemporer sehingga hasil menghasilkan hasil ahkhir dengan karakter yang tegas.