Bobber Scorpio Dengan Gaya Klasik Yang Sekaligus Modern dan berkesan Hi-Tech.

Yamaha Scorpio hadir di Indonesia tahun 2002. Sampai saat ini telah mengalami banyak perubahan-perubahan yang cukup berarti. Tapi rupanya mesin Yamaha Scorpio yang satu ini bernasib lain. Mesin Scorpio 223cc kini berada pada sebuah motor modifikasi dengan bobber style yang dominan.

Gaya bobber sendiri mulai muncul di zaman sesudah perang dunia II. Gaya bobber secara filosofinya sebenarnya sama dengan gaya minimalis di zamam modern.
Di zamannya, motor-motor peninggalan perang yang rata-rata berukuran besar dengan kapasitas bagasi pengangkut barang ada dirasakan kurang fungsional untuk dipakai sebagai alat transportasi pribadi dalam aktifitas sehari-hari.
Oleh karena itu kemudian dilakukan pemotongan dan pengurangan body motor yang dianggap kurang fungsional dan terasa memberatkan. Hasilnya adalah motor yang lebih ramping dan terasa lebih praktis untuk aktifitas sehari-hari.

Meskipun demikian velg dan ban motor yang berukuran besar (memang pada awalnya di desain untuk beban yang berat) itu tetap terlihat dan menjadi ciri khas dari bobber style ini.

Kemajuan teknologi ban dewasa ini telah memungkinkan kita untuk mendapatkan ban dengan Perbandingan antara tinggi dan lebar yang besar. Hal ini menguntungkan bagi kita yang ingin menampilkan gaya bobber dengan tanpa harus mengganti suspensi depan. Artinya ukuran suspensi depan yang umum kita jumpai dewasa ini tidak menjadi penghalang untuk menampilkan gaya bobber pada modifikasi kita.

Yang juga dapat kita amati adalah gaya klasik motor ini sangat kental terutama dengan mudguard dan ban besar gaya bobber yang tampaknya mulai menjadi trend akhir-akhir ini. Spoke wheel yang dipasang memperkuat klasik stylenya.

 

Berikut ini adalah spesifikasi dari Yamaha Scorpio:

Tipe Mesin 4 langkah, SOHC pendingin udara
Diameter x Langkah 70 x 58 mm
Kopling Manual
Gigi transmisi 5 kecepatan
Pola pergantian gigi 1-N-2-3-4-5
Karburator BS 30 x 1 MIKUNI
Baterai 12V, 7AH/GM7B-4B
Busi BP8EA/x24ES-U
Volume silinder 223 cc
Perbandingan kompresi 9.5 : 1
Susunan silinder Silinder Tunggal Tegak
Sistem Starter Kick & Electric

 

Mesin

Yamaha Scorpio 223cc yang memberikan tenaga cukup besar dan memberi keleluasaan dalam berkendara di daerah berbukit. Kapasitas mesin sebesar ini menjadikannya sebagai motor dengan performa mesin diatas rata-rata motor yang kita jumpai. Hal itu juga menjadi penyebab mengapa mesin Yamaha Scorpio menjadi faforit bagi motor-motor modifikasi custom.

 

Rangka bodi

Rangka body custom yang dibuat khusus untuk motor-motor retro style. Rangka ini di desain untuk jok kecil dengan mud-guard yang dominan.

 

Setang

Setang pendek menjadikan motor ini tampil beda bila dibandingkan dengan motor retro lainnya. Sekilas ada kesan racing yang ditampilkan melalui bentuk setangnya. Perlu diingat pula bahwa ini mengingat kapasitas mesinnya, ini memang motor yang dapat berlari cepat.

 

Grip setang

Grip setang custom warna hitam senada dengan warna motor yang kontras dengan tangki bahan bakarnya. Sengaja dipilih warna hitam polos untuk grip setang mengingat konsep desainnya yang memang sangat menonjolkan biru metalik dari tangki bahan bakar.

 

Set Lampu

Set lampu yang dipakai pada motor ini adalah headlight dan stoplamp custom yang dewasa ini banyak kita jumpai dipasaran. Lampu-lampu sudah memakai LED. Headlight dan stoplamp semacam ini tampak canggih sekaligus tetap klasik dengan desain bundarnya.

 

Fork

Fork teleskopik untuk suspensi depan tampak cukup dapat diandalkan dan seimbang dengan proporsi ban yang dominan.

 

Suspensi

Double shock dengan tabung sebagai peredam kejut dipasang sebagai suspensi belakang motor ini. Shock yang juga kontras dengan gaya klasik yang menjadi konsep desain motor ini

 

Spedometer

Digital indikator yang jelas dan akurat, terasa sangat memudahkan pengendara. Lagi-lagi sentuhan digital yang modern dikontraskan dengan desain klasik dari modifikasi.

 

Tangki

Tangki bahan bakar custom dengan bentuk sederhana dan ukuran yang sedang tampak dengan sengaja menonjolkan ukuran ban oversize yang terpasang pada motor ini.

 

Jok

Jok kecil dan ramping minimalis dengan motif jap style terlihat serasi dengan tangki bahan bakar dari motor ini. Motif jaitan Japstyle yang telah disesuaikan sedemikian tupa tampak manis untuk motor ini. Melihat dari ukurnanya sebenarnya motor ini tegolong single seat.

 

Footstep

Footstep lipat custom berukuran kecil dengan desain modern sengaja dipilih untuk dipasangkan pada motor ini. Warna chrome untuk rear foot-step yang terlipat menjadi ornamen yang sangat menarik yang kontras dengan warna hitam motor.

 

Knalpot

Tetap memakai muffler scorpio, hanya saja lehernya diperpendek sehingga panjang knalpot lebih pendek dibandingkan degan aslinya. Tampak lebih sesuai untuk motor bobber style.

 

Spakbor / tail

Mud-Guard minimalis gaya vintage bobber yang terbuat dari plat tebal memberikan hasil yang elegan. Mud-guard khas motor era perang yang dibuat pendek dan fungsional ini juga tampak telah menjadi trend yang banyak kita jumpai.

 

Velg

Velg tapak lebar dengan jari-jari yang mengingatkan kita pada gaya klasik. Selain itu warna chrome nya juga menjadi pemanis dan kontras dengan warna hitam dari motor ini.

 

Ban

Ban oversize yang menjadi ciri utama gaya bobber. Selain itu ban depan berukuran lebih besar dibandingkan dengan ban belakangnya. Proporsi ban seperti ini kita jumpai pada gaya chopper. Kesan yang ditimbulkannya adalah suasana santai dan rileks yang fun.

 

Rem

Rem depan memakai cakram sementara rem belakang tetap menggunakan tromol yang serupa dengan sistem rem Yamaha Scorpio keluaran pabrik. Konfigurasi rem seperti ini memang lazim dipakai pada motor tahun 2005 an dan terbukti aman dan memberi kenyamanan sekalipun dalam kondisi pengereman mendadak.

 

Warna / striping

Komposisi yang hanya terdiri dari dua warna yaitu hitam dan biru metalic menghadirkan hasil akhir modifikasi yang berkelas. Tampilan metalic juga terasa segar dan menghilangkan kesan kuno dari gaya klasik. Warna motor yang dominan hitam semakin menonjolkan warna biru metalik dari tangki bahan bakarnya.

 

Kekuatan Desain dari modifikasi ini terlihat dibuat dengan cara menghadirkan proporsi komponen-komponen motor yang agak berbeda dengan desain motor klasik yang sering kita jumpai.

Ada gaya Chopper, Bobber, Vintage dan bahkan Racing yang dipadukan dalam konsep desain modifikasi ini.

 

Ban Oversize yang kontras dengan jok dan tangki bahan bakar yang kecil memberikan keseimbangan visual tersendiri.

Selain itu warna tangki biru metalik yang kontras dengan warna hitam dari komponen-komponen yang lain juga menghadirkan tampilan yang khas dengan cirinya sendiri.

 

Dari modifikasi motor ini dapat kita simpulkan bahwa sebenarnya gaya dalam modifikasi sama sekali bukanlah menjadi penghalang bagi kreatifitas kita. Pintu kreatifitas terbuka dengan sangat lebar selama kita jeli untuk memilah dan membedakan elemen-elemen desain yang berupa komponen-komponen motor yang bersangkutan.

 

Seperti umumnya dalam desain, kemampuan untuk melihat, memilih, dan menggabungkan komponen-komponen dalam suatu komposisi yang indah adalah kunci utama dari keberhasilan sebuah modifikasi.