Tips dan Destinasi Menarik Untuk Touring anda

Touring, kita kenal sebagai suatu perjalanan berbau petualangan yang menyenangkan dan bersifat rekreasi. Satu hal yang khas dari Touring adalah tempat yang dituju. Touring selalu dilakukan dengan mengunjungi beberapa tempat.jadi tidak hanya satu tujuan saja. Tempat-tempat yang dikunjungi biasanya memiliki jarak tempuh yang relatif cukup jauh. Hal ini tidak menjadi masalah karena justru perjalanannyalah yang menjadi daya tarik utama.

Dewasa ini, Touring sudah menjadi acara yang lazim dilakukan oleh para bikers. Pengalaman touring adalah pengalaman yang tidak terlupakan. Touring juga dianggap sebagai olah raga terutama oleh mereka yang berjiwa petualang. Manfaat dari touring adalah dapat memberikan pengalaman rekreasi yang menyegarkan hati dan jiwa. Banyak juga bikers yang menjadikan touring sebagai alat untuk menghilangkan stress dan kepenatan akibat padatnya kesibukan sehari hari.

Manfaat dari aktifitas Touring motor dapat dirangkum sebagai berikut :

  • Manfaat olah raga yang menyehatkan badan
  • Rekreasi yang menyegarkan jiwa
  • Menguatkan hubungan sosial dan kebersamaan
  • Mendekatkan diri dengan alam melalui aktifitas outdoor.
  • Mempererat hubungan sosial, yaitu kedekatan dengan sesama, khususnya para bikers
  • Menyalurkan hobi otomotif,
  • Aktifitas pengisi waktu yang positif.

Kegiatan dengan nilai ekonomis yang tinggi.

 

Karena manfaat yang cukup banyak tadi, tidak heran bila Touring semakin banyak digemari. Tetapi meskipun demikian, agar suatu acara  Touring dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, perlu dilakukan persiapan dan perencanaan yang seksama.

 

Tips untuk Touring yang menyenangkan

Untuk itulah dalam artikel ini OtoRaja ingin memberikan semacap tips-tips praktis sebagai panduan bagi para pembaca yang berniat melakukan touring.

 

  • Bagasi

Periksa bagasi anda. Pastikan semua berada pada kondisi yang aman. Hindari membawa barang berlebihan yang akan membahayakan anda dalam perjalanan.

 

  • Suspensi

Berkaitan dengan bagasi adalah suspensi motor.Mengingat jarak perjalanan yang akan ditempuh, maka pertama sekali kita sebaiknya memeriksa sistem suspensi motor. Terlebih lagi dalam touring biasanya barang atau bagasi yang dibawa relatif lebih banyak dari biasanya.Akibatnya beban yang ditanggung oleh shock akan menjadi lebih besar.

 

  • Helm yang layak.

Helm adalah sangat penting dan harus selalu diperhatikan kelayakannya. Helm bukan hanya dipakai untuk tampil lebih gaya, tetapi yang terutama sekali adalah memberikan perlindungan pada kita bila terjadi hal-hal yang diinginkan. Jenis Helm full face biasanya digemari oleh para pencinta touring karena helm jenis ini juga melindungi hidung dan mulut kita.Terlebih lagi untuk perjalanan malam hari yang dingin.

 

  • Peta

Persiapkan peta perjalanan yang dapat digunakan sewaktu-waktu bila diperlukan. Mungkin ada saat-saat dimana kita harus menentukan rute baru ditengah perjalanan.

 

  • Rute perjalanan.

Rencanakan rute perjalanan dan tempat perhentian sejak awal. Hal ini akan sangat membantu dan memudahkan perjalanan kita.

 

  • Air minum

Bawa bekal air minum yang cukup dan simpan ditempat yang mudah dijangkau.

 

  • Perhatikan dan periksa kondisi mesin sebelum berangkat.Hal ini mutlak dilakukan mengingat perjalanan jauh yang akan kita tempuh.

 

  • Nikmati perjalanan

Sisihkan waktu untuk berhenti dan menikmati perjalanan kita. Karena dalam kegiatan touring tempat yang akan kita tuju memang penting, tetapi bukan yang terpenting.Perjalanannya lah yang menjadi inti dari kegiatan kita,

 

  • Perhatikan kecepatan

Berkendara lah dengan kecepatan yang konstan.Touring dapat di ibaratkan seperti marathon dan bukan sprint.Selain itu selalu patuhi rambu rambu    lalu lintas.

 

  • Istirahat

Jangan ragu untuk beristirahat sejenak bila kita merasa lelah atau mengantuk. Istirahat pendek yang berkualitas dapat mengembalikan kesegaran    kita.

 

  • Tempat isi BBM

Rencanakan pula dimana anda akan mengisi bensin, jangan sampai anda kehabisan bensin di  jalan.

 

  • Periksa kendaraan dalam perjalanan

Cek kendaraan anda selama perjalanan, periksa  rantai dan bila perlu gunakan chain lube. Periksa baut baut yang penting. Jangan sampai anda terdampar ditengah jalan.

 

  • Gunakan jok yang nyaman.

Pertimbangkan untuk mengganti jok motor yang akan anda gunakan untuk touring dengan jok yang lebih nyaman.

 

 

Destinasi Menarik Untuk Touring

Dibawah ini adalah tujuan tujuan touring motor yang sebaiknya jangan dilewatkan oleh para penggemar touring. Dalam memilih destinasi, faktor utama yang biasanya jadi pertimbangan adalah pengalaman berkendara yang diberikan selama perjalanan. Selain itu tampat yang dituju juga berdekatan atau melalui daerah-daerah wisata yang juga akan dikunjungi. Pemandangan yang indah selama perjalanan akan memberikan pengalaman yang tidak terlupakan. Untuk itu dibawah ini kami pilihkan destinasi-destinasi touring yang cukup populer.

 

 1.Situ Patenggang dan sekitarnya

Danau yang satu ini juga menjadi daerah wisata yang sangat dikenal di Profinsi Jawa Barat. Suasana danau yang berbeda dari suasana pegunungan dan pantai rupanya juga digemari sebagai tujuan wisata.

 

 2.Cipanas dan sekitarnya

Jarak yang relatif tidak terlalu jauh dari Bandung dan Jakarta membuat Puncak dan sekitarnya menjadi  destinasi yang cukup populer dikalangan pencinta touring  Puncak, sejak lama memang adalah daerah yang sangat terkenal di Jawa Barat. Pemandangan alam pegunungan dan kebun teh dan udara yang sejuk, sejak lama menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Rasa lelah selama perjalanan akan terobati begitu kita sampai di Puncak.

 

 3.Pantai Sawarna dan sekitarnya

Untuk mereka yang menggemari suasana pantai, Sawarna di Banten tentu tidak dapat dilewatkan begitu saja. Pengalaman berkendara menuju destinasi ini pun tergolong sangat menarik dan memberikan pengalaman tak terlupakan.

 

 4.Pelabuhan Ratu

Kawasan pantai pelabuhan ratu dengan suasana pantainya yang khas juga sering menjadi pilihan sebagai destinasi wisata. Pantai Laut selatan memang mempunyai daya tarik tersendiri. Berdekatan dengan pantai Pelabuhan Ratu ini dapat kita jumpai lokasi-lokasi wisata lain yang berdekatan, seperti:

Pantai Karang Hawu. Di lokasi pantai ini banyak kita temui batu-batu karang dengan bentuk yang khas dan unik. Batu-batu karang ini terbentuk akibat arus laut selatan yang terkenal kuat.

Lokasi pantai lain yang dapat kita kunjungi disekitar pelabuhan Ratu adalah Pantai Cinaja yang terkenal dengan pemandangan alamnya yang sangat indah

 

 5.Cilacap dan sekitarnya

Daerah pantai selalu menjadi tempat yang menarik untuk dikunjungi terutama oleh mereka yang tinggal jauh dari daerah pantai. Suasana baru yang dihadirkan oleh pantai pantai yang indah menjadi daya tarik yang sangat kuat bagi para wisatawan. Banyak daerah wisata yang dapat menjadi tujuan anda di Cilicap. Daerah-daerah itu termasuk:

Benteng Pendem. Diberi nama pendem karena menurut cerita, benteng ini pernah terendam dibawah permukaan tanah sehingga tidak diketahui keberadaannya sampai ditemukan tahun 1986 dan sejak itu kemudian dijadikan objek wisata.

Pantai Teluk Penyu. Pantai yang indah di daerah cilacap ini pastilah juga akan memberikan pengalaman indah tersendiri bagi para penggemar touring.