Gaya Street tracker japs scrambler, retro segar yang sporty.

Street Jap Scrambler berbeda dari Japs style pada umumnya yang terutama di desain untuk aktifitas on road atau city bike. Jap scrambler ini dipersiapkan untuk juga siap untuk bertualang off road ringan atau medium. Stang lebar khas scrambler memberikan motor ini kemampuan manuver yang memadai untuk menghindari rintangan off road. Tanki bensin terlihat menampilkan bentuk yang memadukan Japs style dan scrambler style. Kesan horizontal yang dominan pada motor ini diperkuat oleh tangki bensin yang dominan.

 

Perpaduan gaya scrambler dan Japs yang dikomposisikan dengan baik dalam suatu desain modifikasi custom yang berhasil. Velg ban belakang yang lebih kecil dari ban depan memberikan kesan lain dari yang lain, unik tapi tetap serasi dan terlihat harmonis. Selain itu  ban belakang yang lebih kecil juga terlihat cocok dengan konsep off roadnya.

 

Tracker Japs style diwakili oleh jok press waterproof yang meskipun tipis namun tetap mampu memberikan kenyamanan duduk dengan posisi pengendara yang tegak. Disamping itu clearance mudguard dengan ban belakang mengingatkan kita pada motor-motor trail sehingga sangat sesuai dengan konsep scrambler dan tracker dari modifikasi motor ini.

 

Scrambler style ditandai dengan stang lebar yang tinggi dan juga konfigurasi ban yang dipakai. Ban diperhitungkan untuk mampu bermanuver di jalan raya maupun jalan tanah berlumpur atau pasir.

 

Secara umum, berdasarkan medan jelajahnya, tampaknya motor ini menggabungkan style street Japs dan scrambler style juga tracker style yang mana mempunyai karakteristik berbeda antara satu dengan yang lainnya.

 

Spesifikasi keluaran pabrik scorpio Sx

 

Mesin  
Mesin 4 langkah, SOHC pendingin udara
Volume 223 cc
Daya 19 PS/8.000 RPM
Torsi 1.86 kgf.m/6.500 RPM
Pengkabutan Karburator MIKUNI BS30 x 1
Transmisi Kopling manual, 5 speed
Dimensi  
PxlxT 2020 x 770 x 1090 mm
Jarak Sumbu 1295 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm
Berat Isi 141 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 – 14 liter
Rangka  
Rangka Double Cradle
Susp. Depan Teleskopik
Susp. Belakang Monocross
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/100-18-47 P
Ban Belakang 100/90-18-56 P
Kelistrikan  
Baterai GM7B-4B
Busi NGK / DP8EA-9
Sistem Pengapian DC-CDI

 

Berikut ini mari kita cermati modifikasi  apa saja yang telah dilakukan pada motor ini.

 

Double starter, seperti layaknya motor-motor modern masa kini, merupakan point lebih dari modifikasi ini. Kick start memang terasa kurang praktis dan cukup merepotkan, juga memakan waktu yang lebih lama untuk start motor. Kick start akan terasa merepotkan, terlebih lagi ditengah kemacetan di jalan atau dalam situasi yang menuntut kecepatan start.

 

Mesin Yamaha Scorpio Sx225 yang bertenaga terasa sesuai dengan konsep desain modifikasi motor ini yang membutuhkan tenaga yang cukup besar. Tenaga yang dimilikinya akan membawa motor ini dengan lancar dan tanpa kesulitan dalam penjelajahannya.

 

Rangka body mengalami modifikasi untuk menyesuaikan dengan konsep modifikasi nya. Terutama untuk mengakomodasi Jap style yang menjadi salah saru unsur dalam konsep desain nya.

 

Setang custom scrambler yang lebar dan posisi duduk yang tegak memberikan kenyamanan tersendiri pada pengendara. Memungkinkan motor ini untuk mengarungi medan penuh rintangan, ataupun kemacetan di jalan raya yang menuntut kelincahan. Grip setang custom bitwell warna krem yang menjadi aksen manis dan terlihat kontras dengan body silver hitam dari motor ini.

 

Tachometer led aktif dengan desain klasik yang sederhana  tetapi sekaligus juga tetap tampil modern dan berkesan hi tech. Bila kita perhatikan trend desain hi tech yang tampil modern pada umumnya akan tampak sangat menarik dan memberikan kesan tersendiri.

 

head lamp led 5.75′ day maker memungkinkan perjalanan malam hari yang aman dan nyaman. Penerangan yang baik akan sangat membantu dan menjamin keamanan berkendara. Stop lamp custom grill  yang unik dengan penampilan vintage nya terlihat serasi dengan head lamp dan lampu sein yang keseluruhannya menjadi ciri khas motor-motor retro custom. lampu sein acipi klasik vintage juga tetap menunjukan penampilan yang tetap modern.

 

Fork USD 51mm memberikan suspensi yang akan membuat iri motor-motor custom lainnya. Selain itu schock swing arm custom pada motor ini akan sangat membantu perjalanan off road dari motor ini.

 

Tangki custom dengan ukuran yang cukup besar menjadi ciri scrambler yang contras dengan jok Japs style nya. Tangki bensin ini tampak dominan tetapi tetap terlihat harmonis, menyatu dan menjadi center point dari tampilan motor ini. Tampilan ini tampak diimbangi oleh jok custom waterproof khas Japs style nya. Cover samping custom Vintage yang menawan memberi kesan casual dan spoty yang kental. Footstep hitam tampak menyatu dengan body mesin ban dan kenalpot

 

Set knalpot custom japs full system dari header sampai knalpot yang menjadi satu kesatuan desain yang meningkatkan performa dan memberikan suara mantap, lembut dan tidak bising.

 

Spakbor depan gaya minimalis vintage dan mudguard belakang yang mengadopsi motor off road namun tetap bergaya klasik. Spakbor dan tail yang dibuat dari plat tebal menunjukan kemewahan dan memberikan kesan kokoh dan tidak murahan.

 

Kombinasi velg blk inko 14′ lebar 4′ dan velg depan did 18′ lebar 2.15′ yang dikombinasikan dengan ban belakang yang lebih besar memberikan bentuk unik yang sungguh menarik dan tampak seimbang.

 

Ban depan belakang memakai bridgestone tw 203 yang memberikan kemampuan seimbang untuk on road dan off road tampak cocok dengan konsep scrambler nya. Rem belakang memakai custom discbrake yang aman, juga disesuaikan dengan daya cengkram ban yang besar.

 

Warna dan striping yang dominan hitam dengan sentuhan silver menawan tampak menghiasi kuda besi ini. Striping abu-abu di tangki motor tampak memberi kesan mewah premium dan dengan kreatif membedakan motor ini dari motor-motor lainnya.

 

Secara keseluruhan desain modifikasi motor ini mengadopsi beberapa style sekaligus yang dikomposisikan sedemikian rupa hingga mendapatkan penampilan visual yang pastinya akan menarik hati dan minat para pencinta automotif, khususnya para penggemar motor-motor custom.

 

Style yang diadopsi dalam modifikasi ini dapat diperinci terdiri dari : Japs scrambler style yaitu, gaya motor Japs style on road yang juga siap off road serta dapat dipakai untuk menjelajah jalan dengan medan berlumpur, tanah atau pasir yang tidak terlalu ekstrim. Disisi lain motor ini juga mengadopsi gaya Street traker. Gaya ini juga menunjukan kemampuan on road dan off road yang seimbang. Gaya  ini terasa cocok untuk motor yang diperuntukan untuk dapat melaju dengan baik di jalan aspal. Namun demikian penampilan nya   mengingatkan kita pada gaya motor trail.

 

Kombinasi menarik yang mencerminkan medan yang mampu dijelajahi motor ini dipadukan dengan penampilan visual yang merupakan perkawinan dari berbagai style . Juga desain secara keseluruhan yang menunjukan konsep desain modifikasi yang cerdas dan segar.