Scorpio gaya Street japs brat bobber, Modifikasi apik yang mempesona

Sekali pandang para penggemar automotif akan langsung jatuh hari pada kuda besi yang tampak kuno tapi mewah ini. Sungguh menarik, betapa tidak, pertama tama sekali kombinasi warna yang digunakan benar-benar menunjukan kelas nya. Warna kontras motor ini benar-benar terlihat harmonis dan mempunyai konsep desain dan komposisi warna yang berkelas. Suspensi warna gold menjadi aksen dengan latar belakang body hitam dof yang lembut dan menghanyutkan.

 

Style yang diadopsi jelas adalah gaya modifikasi Japs dan Bobber dengan sentuhan vintage retro. Ketiga gaya ini berhasil dipadukan dengan sangat baik dan memberi tampilan mempesona yang dengan cepat akan menarik perhatian para penggemar automotif.

 

Jap style sudah sangat populer dan diterima dengan baik di kalangan para bulder dan desainer modifikasi. Style ini mempunyai ciri desain yang berkesan ringan dan sangat casual. Jok, tangki bensin, dan posisi berkendaranya menjadi penanda gaya ini. Bobber Style belakangan ini juga banyak menjadi kiblat modifikasi yang banyak kita jumpai sehari-hari. Ciri dari style ini adalah roda yang besar dan mudguard minimalis sehingga motor tampak berkesan praktis dan compact.

 

Modifikasi ini tampak mengkombinasikan gaya-gaya tersebut dengan sangat baik, dengan mengadopsi Jap style dibagian atas dan Bobber style di bagian bawahnya. Lebih jauh lagi kedua style ini diberi pula sentuhan vintage yang sesungguhnya memang tidak bisa dilepaskan dari Bobber maupun Jap style yang menjadi konsep desain nya.

 

Spesifikasi Pabrik Yamaha Scorpio Xs

 

Mesin  
Mesin 4 langkah, SOHC pendingin udara
Volume 223 cc
Daya 19 PS/8.000 RPM
Torsi 1.86 kgf.m/6.500 RPM
Pengkabutan Karburator MIKUNI BS30 x 1
Transmisi Kopling manual, 5 speed
Dimensi  
PxlxT 2020 x 770 x 1090 mm
Jarak Sumbu 1295 mm
Jarak Terendah Ke Tanah 165 mm
Berat Isi 141 kg
Kapasitas Tangki Bahan Bakar 12 – 14 liter
Rangka  
Rangka Double Cradle
Susp. Depan Teleskopik
Susp. Belakang Monocross
Rem Depan cakram
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 80/100-18-47 P
Ban Belakang 100/90-18-56 P
Kelistrikan  
Baterai GM7B-4B
Busi NGK / DP8EA-9
Sistem Pengapian DC-CDI

 

Berikut ini mari kita simak bagian-bagian komponen nya.

 

Dual starter memberi poin lebih tersendiri pada motor custom ini. Kemudahan yang jarang ditemui pada modifikasi motor-motor custom pada umumnya. Dual starter ini sekaligus juga memberikan “rasa” modern pada motor ini.

 

Mesin Scorpio Sx225 yang dapat diandalkan untuk jadi motor penggerak kuda besi naked bike ini, Mesin dengan pendingin udara memang akan lebih cocok sebagai naked bike. Dengan begitu temperatur mesin akan lebih terjaga.

 

Rangka body mengalamai modifikasi untuk dapat memfasilitasi modifikasi yang dilakukan terutama pada bagian atas atau horizontal dari motor ini.

 

Setang custom tracker tinggi memungkinkan posisi duduk yang tegak dan rileks, sekaligus menghilangkan stigma bahwa mengendarai motor retro atau modifikasi adalah pengalaman yang melelahkan.

 

Grip setang custom hitam yang serasi dengan warna motor secara keseluruhan. Tema Hitam memang sangat dominan dan menjadi tema sentral dalam komposisi warna yang dipilah di motor ini.

 

Tachometer led hitam memberi sentuhan hi-tech segaligus klasik yang sederhana tetapi sangat berkesan. Seperti juga headlamp yang memberi kesan klasik sekaligus modern yang mempesona dan bikin penasaran.

 

Headlamp day-maker 7′ spider yang bulat sesuai dengan tema retro. Headlamp ini memberikan penerangan yang sangat memadai, sesuai dengan sebutannya, daymaker.

Penampilan klasik dengan kesan hi tech terutama karena led bulb yang digunakannya.

 

Stoplamp custom juga disesuaikan dengan tema klasik nya. Stop lamp ini tampak serasi dan menyatu dengan desain modifikasi secara keseluruhan. Demikian pula dengan lampu sein custom yang merupakan kesatuan desain dengan lamp set motor ini.

 

Fork USD asjustable. Teknologi ini sudah diadopsi sebagai suspensi bermacam jenis modifikasi, termasuk motor-motor klasik, Sistem ini juga cocok untuk dipasangkan pada motor-motor standard.

 

Schock tabung 340mm memberikan kualitas suspensi yang menjamin kenyamanan pengendara. Demikian pula swing arm custom dual schock menjadikan motor ini terasa lebih stabil.

 

Tangki custom tear drop dengan ukuran sedang tampak duduk dengan manis dan menjadi centerpoint bagi desain modifikasi ini.

 

Selain tangki bensin ciri khas dari Jap style adalah jok nya. Jok custom press waterproof syang berkualitas tinggi memberikan kenyamanan maksimal dan penampilan visual yang berkelas.

 

Cover samping custom khas vintage menambah keharmonisan desain naked bike yang juga menonjol dalam desain modifikasi ini. Footstep tampil sederhana dengan warna hitam menyatu dengan warna body dan mesin.

 

Kenalpot stainless full system. Header, midpile dan muffler yang menjadi kesatuan memberi pengaruh yang sangat terasa pada performa mesin. Terlihat bahwa desain modifikasi ini tidak hanya berorientasi pada penampilan luar semata, tetapi juga memperhatikan performa mesin disamping kenyamanan berkendara.

 

Spakbor depan tampak dilepas sesuai dengan konsep bobber nya, sementara itu tail custom vintage dipasang sebagai mudguard berbahan metal tebal yang kokoh dan menjadi aksen bagi bagian belakang motor ini.

 

Velg depan belakang merk rossi 17′  tapak leber 35-/350 berwarna hitam dipasang untuk menonjolkan ban secara visual adalah juga merupakan ciri bobber.

 

Ban depan avin distanzia 120/70 17” dengan grip yang meyakinkan dipasangkan dengan ban belakang shinko e 705 170/60 17 yang lebih besar. Kombinasi ini berhasil memunculkan style bobber yang kuat disamping grip maksimal sehingga motor ini dapat bermanuver dengan penuh percaya diri.

 

Skid plate custom sebagai engine cover menjaga mesin dari benturan. Selain itu skid plate ini juga memberikan nuansa klasik yang sangat kuat, berbeda dengan engine cover motor-motor modern.

 

Rem tromol depan belakang vixion chrome terlihat sangat kontras dengan body dan ban hitam nya. Menjadi aksen mewah yang langsung menempatkan motor ini sebagai motor modifikasi papan atas.

 

Warna dan striping dengan kombinasi warna yang sangat manis dan mewah. Warna hitam dof yang lembut berpadu dengan sangat baik dengan suspensi gold motor ini.

 

Modifikasi yang memadukan Jap style dan Bobber style ini tampak sangat berhasil. Penampilan memukaunya tentu saja tidak dapat dilepaskan dari pilihar warna yang jitu, sehingga tampilan akhir secara keseluruhan dapat menarik para pencinta Automotif khususnya penggemar motor custom di tanah air.

 

  • Pilihan warna yang dilakukan tampak disesuaikan dengan fungsi dari masing-masing komponen. Secara umum warna yang dipasang membagi kompenen-komponen motor sebagai berikut :
  • Warna gold untuk suspensi yang kontras memberi kesan mewah yang sangat menonjol pada kuda besi retro ini.
  • Warna chrome untuk rem dan jarijari roda dan handle rem serta kopling
  • Warna hitam untuk mesin, rangkam body set dan lamp set

 

Penempatan logi Yamah dan Maximum Garage sebagai bulder juga tampak ditempatkan pada posisi yang akurat. Sehingga tampil menonjol dengan tanpa merusak komposisi keseluruhan.