Modifikasi sporty gaya minimalis pada skuter matik jelajah yamaha

Bila dibandingkan dengan motor transmisi manual skuter  otomatis pun ternyata tidak kalah menarik untuk menjadi objek modifikasi. Seperti misalnya X Ride 125 ini

Dari modifikasi yang dilakukan, selain untuk meningkatkan penampilan, juga tampak konsep yang kuat dan keinginan untuk menambah kenyamanan dan keamanan berkendara.

 

Untuk skuter matik, modifikasi yang dilakukan biasanya memang tidak menyentuh rangka dan body cover. Itu disebabkan karena body cover dari skuter matic  terutama keluaran tahun tahun terakhir ini mempunyai porsi yang lebih besar dan menutup keseluruhan rangka motor.

 

Selain itu body cover pada skuter matik juga dibuat menyatu sehingga tidak mudah untuk mengganti satu bagian saja . Dapat dikatakan body cover untuk skuter matik adalah yang memberikan bentuk pada motor, bahkan tangki bensin pun tidak terlihat. Karena itu komponen yang menjadi objek modifikasi biasanya adalah set lampu, speedometer, suspensi, ban dan lain lain.

 

Berikut ini akan kita ulas modifikasi apa saja yang telah dilakukan pada motor ini. Mari kita simak dan perhatikan  lebih detail apa saja modifikasi dari X Ride 125 ini.

 

Berikut ini adalah spesifikasi pabrik sebelum dilakukan modifikasi

 

Dimensi 1860 x 740 x 1070 mm
Berat 98 kg
Kapasitas tangki 4.2 Liter
Tinggi  tempat duduk 760 mm
Jarak sumbu roda 1260 mm
Ground clearance 135 mm
Tipe Single cylinder, 4 Langkah, 2 Valve SOHC, Berpendingin Angin, Bluecore
Kapasitas 125 cc
Daya maksimum 7,0 Kw / 8000 rpm
Torsi maksimum 9,6 N.m / 5500 rpm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Tipe starter Electric Starter & kick starter
Tipe transmsi Full Automatic
Bore X stroke 52,4 x 57,9 mm
Kapasitas oli mesin Total : 0,84 L ; Berkala : 0,80 L ; Ganti Filter Oli : 0,80 L
Perbandingan kompresi 9,5 : 1
Tipe kopling Dry Centrifugal Clucth
Kapasitas oli mesin

 

Total = 1,7 L ; Berkala = 1,5 L
Rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Unit swing
Ukuran ban depan Velg 14 inci 80/80-14M/C 43P Tubeless
Ukuran ban belakang Velg 14 inci 100/70-14M/C 51P Tubeless
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol

 

Konsep desain yang diterapkan terlihat untuk menonjolkan dan memperkuat konsep desain keluaran pabrik. Artinya pemilik memberikan tambahan tambahan agar hasil akhirnya tidak merubah melainkan justru dapat memperkuat karakter desain keluaran pabriknya. Terlihat bahwa konsep desain keluaran pabrik dari motor ini adalah penjelajah matic high tech. Kesan high tech terlihat dari motif dan lekukan body covernya yang sederhana, aerodinamis tapi dengan menonjolkan kesan kecanggihan.

 

Mesin orisinil yamaha X Ride 125 cc yang praktis dan menampilkan gaya skutik jelajah melampaui skuter matik lain dikelasnya. Desain body cover juga membedakannya dari skutik lain dan mengadopsi tema high tech yang kental. Tampaknya skutik ini memang diperuntukan untuk  kaum lelaki, meskipun tentu saja tetap cocok dan disukai oleh kaum wanita. Desain seperti ini adalah ciri khas dari gaya high tech yang sangat ergonomis dan bersifat all size, cocok untuk semua orang sebagai untuk dipakai sebagai kendaraan pribadi yang praktis.

 

Rangka body, engine dan body cover tidak mengalami perubahan alias orisinil keluaran pabrik. Memang modifikasi pada skuter matic jarang dilakukan pada rangka dan body cover. Berbeda dengan fairing  pada motor manual, body cover pada skuter matik ini memang didesain untuk menutupi dan memberikan bentuk keseluruhan dari skuter ini.

 

Stang/handle bar fat bar protaper dilengkapi dengan bar pad sebagai cusion dan memberi kesan sporty. Beberapa  kalangan mengeluhkan handling yang terasa terlalu ringan. Untuk itu dipakai protaper yang memperkenalkan oversized handle bar hingga terasa lebih berat.

 

Grip stang juga memakai brand protaper yang memang berkualitas. Grip handle bar yang memberikan kenyamanan dan rasa mantap ketika berkendara. Ada banyak jenis dan varian grip yang dikeluarkan oleh protaper yang disesuaikan dengan selera pengguna.

 

Set Lampu hid aes 8000 kelvin memberi penerangan terang dan jelas di malam hari sehingga akan terasa nyaman dan juga lebih aman. Sedangkan untuk saklar dipilih saklar vixion

 

Fork ditambah ketinggiannya untuk memperbesar ground clearance yang terasa lebih sesuai untuk jenis motor penjelajah. Untuk lebih berkesan sporty kemudian dipasang fork cover set cipapzs

 

Shock belakang memakai yss custom yang juga ditambah ketinggiannya sesuai dengan ketinggian fork, sehingga ground clearance yang diingikan dapat tercapai

 

Speedometer digital koso yang trendi kekinian dipasangkan menambah penampilan high tech dari motor ini

 

Jok diberi lapisan mbitech dengan standar kualitas yang tinggi. Bentuk joknya sendiri mengikuti bentuknya  yang asli. Secara keseluruhan motor ini memang terlihat memakai komponen komponen dengan kualitas terbaik, termasuk lapisan joknya

 

Untuk footstep dipakai footstep Ymax yamaha keluaran Thailand dengan bahan cnc yang biasa juga digunakan pada yamaha N Max. Penambahan foot step ini memungkinkan posisi kaki yang lebih melebar dan akan terasa lebih santai terutama bagi pengendara yang berbadan tinggi

 

Knalpot custom xeon rc dengan bentuk yang ringan dan  sporty tampak menyatu dengan desain motor secara keseluruhan. Knalpot ini terkenal memberikan efek suara bas yang ringan namun mantap

 

Spakbor depan memakai spakbor custom milan yang nampak seimbang dengan tail klxnya. Spakbor ini merupakan detail penting dimotor ini ketika dilihat keserasiannya dengan tail.

 

Velg dtracker rim 14 215 dan 250. Sengaja dipilih velg tapak lebar untuk ban depan dan belakang yang dapat menambah keamanan berkendara. Ban tapak lebar juga menambah gaya matik penjelajah ini.

 

Ban corsa sport rain, dengan sengaja dipakai ban basah dengan ukuran 100/80 dan 120/70. Tipe ini mempunyai dry grip yang cukup memadai untuk X Rider karena tapaknya yang lebar. Dan selain itu grip ban juga akan jadi maksimal untuk jalanan basah.

 

Rem tetap memakai rem keluaran pabrik yaitu cakram untuk rem depan dan tromol untuk rem belakang. Ban belakang tapak lebar yang dipasang 120/80 membantu dan meningkatkan pengereman motor ini sehingga menjadi lebih baik dan stabil.

 

Warna keluaran pabrik dari motor ini memang sangat indah, serasi dan sudah maksimal sehingga dirasa tidak perlu menambahkan striping atau sentuhan baru. Konsep simpel dan sederhana tapi berkualitas tampaknya lebih ditonjolkan dalam modifikasi motor ini,

 

Tail yang dipasang langsung memberikan kesan lain dari yang lain pada X Rider ini. Klx custom ini menambahkan kesan off road yang yang sporty, ringan dan sesuai dengan tema penjelajah.

 

Karakter dari desain keluaran pabrik menjadi tampak lebih menonjol setelah modifikasi. Sentuhan sentuhan detail yang manis tampak sudah berhasil menempatkan skuter ini pada kelas yang tersendiri. Dapat disebutkan disini bahwa konsep modifikasi dari skuter matik ini adalah desain minimalis yang simpel dan elegan