Modifikasi Ko Yonk, Honda Forza 300 Gesit Bertenaga Besar

Yonk Jaya Motor, yang berlokasi di jl. A.Yani Bandung adalah bengkel modifikasi yang sudah dikenal dan memberikan servis yang memuaskan kepada para pelanggan nya. Kita dapat berkonsultasi dengan Ko Yonk dari Yonk Jaya Motor berkenaan dengan pemasangan variasi yang kita inginkan, Dengan senang hati Ko Yonk akan membantu dan membagi pengalamannya untuk membantu kita dalam memilih komponen yang sesuai untuk di pasang kan pada motor kita.

Seperti contoh nya modifikasi yang dilakukan pada Honda Forza 300 ini cukup menyeluruh, dengan dengan dana sekitar Rp 9,5 juta untuk blok mesin nya, Mesin di upgrade dari 250 cc menjadi 300 cc. Shock depan belakang juga di upgrade ke YSS untuk menambah ke nyamanan, demikian pula knalpot SC moto. Selain modifikasi mesin, body striping cantik yang menempel pada motor ini, komponen-komponen vital nya pun mendapat sentuhan ko Yonk. Keseluruhan modifikasi motor ini berkisar di Rp 75 juta

 

Pada Skuter matic, kesan pertama nya adalah Bodi yang tertutup dan menyatu, bahkan shock pun hanya terlihat sebagian kecil saja. Cover bodi skuter matic cenderung terlihat sebagai casing yang membalut rangka. Dengan desain seperti itu yang dapat kita lakukan untuk mengubahnya menjadi terbatas hanya pada permainan cutting sticker sebagai faktor estetika.

Trend modifikasi pada skuter matic berbeda dengan modifikasi motor lelaki yang pada umumnya kita temui di jalanan. Bodi Compact keluaran pabrik hampir tidak pernah menjadi objek modifikasi, dalam hal bodi yang dirubah biasanya hanya striping nya. Desain motor kopling cenderung mengekspos komponen motor seperti : rangka, tangki bensin, blok mesin, shock dll.

omponen2 ini tampak berdiri sendiri dan dapat dengan mudah dibedakan dari komponen-komponen lainnya.Meski pun demikian mengingat bahwa warna dan body striping adalah suatu hal yang sangat menunjang penampilan, maka kreatifitas untuk mempercantik penampilan skuter matic tidak kalah bila dibandingkan dengan motor manual. Selain itu mengingat permukaan cover dari skuter matic yang lebih luas bila dibandingkan dengan motor manual maka efek dari desain bodi striping sungguh sangat besar dan menentukan. Body striping benar benar dapat mengangkat penampilan dari skuter matic ini.

 

Dengan singkat dapat disebut kan modifikasi, yang telah dilakukan pada Honda forza 300 cc ini sebagai berikut :

  • Mesin 300 cc
  • Shock depan Fork upgrade YSS
  • Shock belakang sport red series YSS
  • Knalpot SC moto
  • Caliper depan Frando
  • Piringan Arashi
  • Master rem atas Frando
  • Pijakan kaki Evolution
  • Behel blkg SR1
  • Caliper belakang Frando
  • Brecket calliper dpn belakang SR1
  • Master rem atas Brembo

 

Modifikasi pada skuter matic lebih sering merupakan penggantian komponen parts dengan spec yang lebih tinggi dari spec pabrik. Spesifikasi ini tentu berkaitan dengan kualitas parts yang akan sangat terasa pada kenyamanan berkendara. Selain kenyamanan, parts dengan spec yg lebih tinggi juga memberikan keamanan yang lebih terjamin.

Velg dan ban lebar memberikan grip yang lebih baik. Untuk motor berukuran besar seperti Yamaha Forza 300 cc ini, daya cengkeram ban tentu saja sangat penting terutama di tikungan. Pengendara perlu merasakan rasa aman, percaya diri dan kontrol yang baik. Kesemuanya itu tidak terlepas dari pilihan ban.

Rem double-cakram memberikan sistem pengereman yang lebih baik untuk skuter matic dengan kapasaitas mesin seperti Forza ini. Ada beberapa hal yang langsung berpengaruh pada sistem rem. Termasuk di dalamnya adalah, Lebar ban, profil ban, sistem supensi depan belakang dan tentu saja sistem rem yang dipakai.

Exhaust atau knalpot memberikan tampilan visual yang menonjol. Selain itu juga mengeluarkan suara yang berbeda dan menjadi hal yang tidak dapat dipisahkan dari identitas motor yang bersangkutan, Skuter matic bersuara halus dan lembut menjadi idaman para pemilik motor jenis ini.

Dalam Modifikasi, faktor-faktor yang sangat berpengaruh dan penting untuk dipertimbangkan adalah : sistem sus-pensi, segi bentuk aerodinamik, konstruksi rangka, sistem rem, sistem lampu dan elektrik, dan tentu saja tidak ketinggalan adalah segi estetika sebagai daya tarik utama. Secara singkat dapat disebutkan bahwa hasil akhir desain sebuah kendaraan bermotor roda dua adalah perpaduan antara : performa mesin, keamanan, kenyamanan dan penampilan estetika.

Sebenarnya ketiga faktor diatas saling mempunyai keterkaitan dan tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya. Meski pun demikian ada perbedaan dari komponen yang satu dengan komponen lain dalam hal prioritas mana yang diutamakan. Para desainer tidak pernah kehabisan ide untuk selalu menciptakan komponen yang mengakomodasi ketiga faktor tadi secara maksimal.

Faktor keamanan kenyamannan dan segi estetika adalah faktor yang umum menjadi objek modifikasi para pemilik kendaraan bermotor roda dua. Modifikasi performa mesin dewasa ini jarang dilakukan oleh para pemilik kendaraan, mesin lebih merupakan domain dari pabrik produsen yang bersangkutan,

Mungkin harus kita bedakan di sini antara variasi dengan modifikasi. Variasi adalah tambahan aksesori yang kita berikan pada motor kita tanpa melakukan pekerjaan yang terlalu besar. Sedangkan modifikasi sifat nya adalah perubahan yang dilakukan terhadap motor kita, yang memerlukan pekerjaan mekanik yang lebih besar dan memakan waktu yang lebih lama bila dibandingkan dengan sekadar pemasangan variasi biasa. Jadi variasi dan modifikasi dibedakan dari volume pekerjaan yang harus dilakukan. Variasi relatif lebih ringan dibandingkan dengan modifikasi.

Penambahan cover lampu depan misalnya, dapat disebut sebagai variasi. Tetapi mengganti lampu depan standar dengan lampu custom, misalnya, memerlukan modifikasi pada motor yang bersangkutan. Ini disebabkan oleh karena lampu custom tidak bisa langsung dipasang pada motor yang bersangkutan.

Contoh lain lagi adalah pemasangan ban atau pelek dengan ukuran yang tidak standar, akan memerlukan modifikasi-modifikasi tertentu pada motor. Pemilihan ban harus dilakukan dengan hati-hati karena sangat berkaitan dengan aspek fungsional dan masalah keamanan.

 

Dash-board Hi tech dan sporty Analog yang praktis, dilengkapi dengan indikator digital tampak jelas terlihat , mudah dan menyenangkan untuk di lirik pada saat berkendara
Modifikasi juga dapat dan sering dilakukan pada jok motor. Modifikasi jok sudah dipermudah sedemikian rupa. Di pasaran sudah tersedia berbagai macam model jok yang sudah dipersiapkan untuk tinggal pasang. Merk merk motor tertentu mempunyai pilihan model jok yang beragam, Dari yang bergaya klasik sampai yang bergaya modern