Siapa bilang cc kecil ga bisa tampil gaya Chopper Cantik dari Kota Kembang.

Kreatifitas memang menjadi modal utama untuk melakukan modifikasi sebuah motor. Adian nama pemilik Chopper asal kota kembang ini mulai menceritakan pengalamannya dalam  melekukkan modifikasi pada GL 100 nya.

Dunia otomotif memang sudah menjadi pilihannya sejak lama. Perlahan-lahan dengan sabar dan teliti serta  mempertimbangkan segala sesuatunya dia mulai melakukan proses modifikasi pada motor kesayangannya  ini. Proses modifikasinya sendiri dilakukan bertahap dan memakan waktu selama kurang lebih lima bulan. Hal ini dilakukan disela-sela kesibukan pekerjaannya yang utama. Adian selalu menyempatkan diri untuk perlahan lahan tapi pasti melakukan perubahan-perubahan modifikasi. Chopper menjadi pilihan terakhirnya. Setelah sebelumnya dia lebih ke style road-race dan Bobber.

Chopper mempunyai bentuk yang sangat khas dan berbeda dari tipe-tipe motor lainnya. Fork depan yang panjang memberikan posisi berkendara yang khas chopper. Model ini sebenarnya mulai muncul di Amerika pada saat akhir perang dunia kedua. Pada saat itu banyak kendaraan jaman perang yang mengalami kerusakan bodi. Langkanya parts pada waktu itu membuat para pemodifikator memakai komponen-komponen yang  tersedia itu pun terbatas jumlahnya. Mix and match menjadi lazim.

Chopper mungkin lebih tepat dipakai sebagai motor untuk keperluan rekreasi atau show. Bentuknya yang khas sangat menarik dan berbeda dari motor lain nya. Banyak motor chopper sebenarnya adalah merupakan modifikasi Tetapi ada pula chopper yang memang didesain dari awal seperti itu. Posisi duduk yang khas dari chopper meski pun terlihat nyaman tetapi tidak begitu mudah dikendalikan untuk pengemudi yang belum terbiasa. Bentuknya yang khas adalah daya tarik utama dari jenis motor ini.

Hal yang menarik dari Copper modifikasi Adian ini adalah cc nya yang kecil, Tampilan mungil dengan detil yang baik menjadi kunci utama keberhasilannya.

Pertama sekali yang menjadi pembeda adalah fork yang panjang. Adian menambahkan 30 cm pada fork GL nya sedangkan shock belakang tidak dirubah ketinggiannya. Setelah itu tangki bensin dan jok dia ganti sehingga lebih sesuai dengan tongkrongan baru motornya. Minat pada Otomotif memang tidak saja mencakup segi teknis engineering tetapi yang utama juga adalah segi estetis dan selera seni keindahan dari pemiliknya.

 

Jok

Berbeda dengan chopper lain nya yang memakai jok single seat, Chopper ini memakai jok double seat dengan bentuk yang khusus. Untuk itu dipasang plat besi sebagai penyangga jok yang posisi nya berada di atas mud guard. Tampak sekali kreatifitas Adian dalam mengatasi masalah-masalah keteknikan dan detil dari modifikasi yang dilakukannya

Kesan comfort langsung terlihat dari jok motor ini. Bagian  tempat duduk penumpang dibuat lebih tinggi dari pengemudi sehingga penumpang pun akan mempunyai pandangan ke depan yang lebih leluasa. Selain itu desain jok seperti ini juga akan memberikan keseimbangan visual bagi bentuk Chopper secara keseluruhan. Posisi motor yang mendongak ke atas sementara posisi pengendara akan lebih nyaman bila dibuat tegak menghadap muka.

Kelebihan lain dari desain jok ini adalah bahwa seat penumpang dapat juga berfungsi sebagai sandaran bagi pengemudi, hal ini tentunya dapat memberi kenyamanan extra.

Motif kulit jok diadopsi dari desain kursi dengan button khas kursi duduk mewah di rumah. Detil sederhana tapi menunjukan ketelitian dan keseriusan pemiliknya dalam melakukan modifikasi

 

Setang

Adian kemudian menjelaskan setang custom yang di pasang. Dia sesuaikan lebar base dari setang dengan lebar fork. Ini menyebabkan setang yang dipasang mempunyai kesan menerus dan menyatu dengan fork depan dan memberikan balance yang baik. Handling otomatis akan lebih nyaman dan aman terlebih di tikungan

Stang melengkung khas chopper menjadi daya  tarik utama yang mendominasi penampilan. Tampaknya Adian sudah bereksperimen dan menemukan konfigurasi yang cocok buat setang nya.

Rear view dari motor ini sangat menarik tampak proporsional dan direncanakan dengan baik. Rear mud guard sungguh enak dipandang.

 

Knalpot

Knalpot custom yang dipasang sungguh memperhatikan segi desain visual yang baik. Knalpot condong ke atas memberi keseimbangan  pada bentuk dan konfigurasi motor secara keseluruhan. Knalpot ini mempunyai silencer untuk  menghindari suara bising yang tidak dikehendaki oleh Adian. Bentuk double cone yang sederhana tapi elegan ini adalah pilihan yang tepat.

Mud guard di desain dengan hati-hati dan hasilnya sangat indah cocok dengan lampu belakang motor. Secara keseluruhan desain terlihat manis dan elegan.

 

Engine

Modifikasi juga dilakukan pada engine untuk menambah horse power. Piston diganti dengan piston tiger yang lebih bertenaga. Untuk ini dia melakukan penyesuaian pada chamber, modifikasi sederhana tapi dengan efek yang besar. Adian tampak sudah memikirkan segala sesuatunya. Warna chrome cerah yang dominan  menjadikan penampilan motor ini tampak ceria dan muda. Model Klasik Chopper yang kekinian.

 

Jari-jari roda tampak indah menyatu dengan pelek dan ban, pemilihan ukuran ban depan dan belakang  yang tepat sangat mendukung penampilan dan menonjolkan style klasik dengan detil dan ornamen yang menarik. Ornamen ini juga tampak di bagian belakang motor. Variasi pipa vertikal dan horizontal yang juga berfungsi sebagai pengkaku sekaligus menyangga knalpot tampak serasi dan menambahkan kesan klasik

Lampu Custom depan dan belakang juga tampak manis,  Style Klasik-Chopper cocok untuk menjadi tema modifikasi GL-100 ini. Standar penyangga motor disesuaikan dengan bentuknya yang baru. Karena posisi parkir pun harus dipertimbangkan sehingga motor ini bukan sekadar tampak gaya dan memikat di janan tetapi juga keren dan mempesona di tempat parkir.

Memang tidak mudah untuk melakukan sebuah modifikasi yang berhasil banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil akhir sebuah modifikasi. Karena yang kita lakukan tentu bukanlah sekadar melakukan perubahan pada sebuah motor. Tetapi perubahan itu haruslah dapat menjadikan sesuatu yang lebih baik dan bernilai lebih tinggi dari sebelumnya, baik dari segi performa maupun dari segi estetis nya.

Dalam modifikasi pertama-tama yang harus dilakukan adalah menentukan hasil akhir yang ingin didapat, Modifikasi sambil jalan jarang menghasilkan sesuatu yang memuaskan.Untuk mengetahui tentang ketersediaan parts juga menjadi mutlak. Bila yang kita inginkan sudah tersedia di pasaran maka buat apa kita bersusah payah membuang waktu untuk membuatnya, biayanya pun akan jatuh lebih mahal.

Tentu saja desain rencana kita tidak kaku dan bersifat mutlak. Artinya perubahan-perubahan dan penyesuaian-penyesuaian di lapangan dapat saja dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan yang ada. Adian memperhatikan detil, termasuk dimensi-dimensi karena hal yang mutlak dan perlu diperhatikan  serta menjadi pertimbangan adalah dimensi dan konfigurasi parts serta dimensi ruang yang tersedia Usahakan melakukan modifikasi se minim mungkin pada parts. Itulah cara smart untuk melakukan modifikasi.