Modifikasi Minimalis Kawasaki Z800 , Hampir Rp 40 Jutaan !

Jika dilihat secara sekilas motor satu ini terlihat seperti adiknya Z250 yang mempunyai kapasitas mesin 250CC, sedangkan ini berkapasitas mesin lebih besar yaitu 800cc. Modifikasi pada motor tersebut tidak merubah body motor aslinya, hanya saja merubah warna dari standar pabrik dengan menggunakan sticker oracal berwarna hitam doff yang menyelimuti 1 badan motor.

 

Dengan menghabiskan uang hampir 40 jutaan, motor tersebut tampak masih seperti tidak ada perubahan yang terlihat secara signifikan. Hal tersebut dikarenakan banyak dari aksesoris yang dibeli untuk motor tersebut hanya untuk menambah penampilan agar lebih menjadi terlihat sangar dan menambah keamanan untuk motor itu sendiri. Seluruh aksesoris yang menempel pada motor tersebut merupakan aksesoris branded. Adapun hal yang mendasar pada umumnya diganti oleh pengendara motor besar adalah knalpot, karena ingin raungan suara ciri khas mesin 4 silinder terdengar dibandingkan dengan knalpot standar yang nyaris sunyi senyap. Pertama kami mencoba knalpot  merk Akrapovic, ini hampir sedikit lebih keras dari knalpot bawaan pabrik, sehingga kami merasa agak kurang dan akhirnya jatuh pada pilihan  knalpot dengan brand name Austin Racing GP2 yang suaranya cenderung terdengar lebih keras tapi adem jika dibandingkan dengan knalpot aftermarket lainnya. Tampilan gahar pada motor ini mulai tampak. Tetapi akibatnya harus merogoh uang lebih banyak karena knalpot yang digunakan oleh motor satu ini terbilang cukup mahal yaitu 16 juta hanya untuk slip-on. Namun header dari knalpot tersebut belum dirubah dengan kata lain masih bawaan pabrik.

 

Stiker yang digunakan pada motor tersebut pun bisa dibilang cukup bagus yaitu dengan menggunakan bahan oracal di wrap 1 body. Biaya yang dihabiskan untuk 1 body yaitu 1,5 juta dengan waktu selama 2 hari. Tempat stiker tersebut hanya berselang beberapa  ruko dari bengkel modifikasi motor yang cukup terkenal dikalangan pecinta motor yaitu One3 Motoshop. Tempat stiker tersebut terletak pada lantai 2 ruko tersebut. Dimana lantai 1 digunakan sebagai tempat makan dan pengerjaan. Banyak dari orang tidak tahu pada tempat tersebut jika bukan karena rekomendasi atau bertanya pada pegawai yang bekerja di One3.

 

Untuk sistem pengereman sudah diganti dengan menggunakan Brembo Rcs 19 , “Biar lebih pakem saja pakai Rcs 19 dan untuk selang sudah ganti selang rem Hel.” Kata Ryo, pemilik dari motor Z800 tersebut. Jika dilihat lebih detail tabung untuk minyak pengereman sudah diganti juga dengan menggunakan Brembo untuk bagian depan dan belakang. Namun untuk ukuran tabung sendiri berbeda yang atas menggunakan yang besar dan yang belakang menggunakan yang kecil. Dudukan tabung sendiri juga menggunakan KTC sehingga dapat menyesuaikan dengan stang motor tersebut. Semua aksesoris tersebut tersedia di One3 Motoshop dan bisa dibilang juga sebagai salah satu tempat aksesoris paling lengkap di daerah Tangerang.

 

Dari belakang pun motor satu ini terlihat menjadi lebih sangar. Dengan mengganti spakbor belakang menjadi lebih kecil, “Pasti lebih kotor dibandingkan standarnya” kata pemilik Z800 tersebut. Biaya yang diperlukan cukup terbilang mahal yaitu sebesar 1,5 juta untuk membeli dudukan plat nomor dengan merk cukup terkenal yaitu R&G. Selain itu dengan mengganti jok belakang menjadi single seat, menjadikan motor terlihat lebih sporty walaupun motor tersebut adalah motor naked bike. Single seatnya yang digunakan juga merupakan aksesoris asli dari Kawasaki Indonesia. Yang tersedia berbagai macam warna dan bisa disesuaikan dengan warna motor yang dimiliki.

 

Banyak dari orang bertanya mengapa engine guard dan frame slider itu penting. Mungkin banyak dari pengguna motor tidak terlalu memikirkan hal tersebut, dikarenakan kurang diperlukan. Fakta sebenarnya adalah kebalikannya melainkan kedua barang tersebut sangat penting dan memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda. Keduanya sama-sama untuk melindungi atau menjaga serta menahan dari benturan. Frame slider sendiri berguna untuk menahan motor saat terjatuh agar tidak merusak body secara langsung dari gesekan dengan aspal. Untuk engine guard sendiri berguna untuk menahan mesin ketika terjatuh sehingga mesin tidak mengalami kerusakan yang membuat cover pada bagian mesin tersebut pecah. Selain itu terdapat pelindung radiator dengan merk evotech yang berwarna hitam pada bagian depan motor.

 

Selain itu, hal yang membuat tidak lelah saat mengendarai motor besar yaitu dengan cara mengganti handle kopling menggunakan merk Accosato. Dimana alat tersebut sangat berguna untuk meringankan beban kopling yang dibutuhkan untuk memindahkan gigi. Accosato sendiri bisa dibeli dan dipakai pada semua jenis motor, sehingga membeli handle kopling tersebut sama saja seperti investasi aksesoris untuk motor selanjutnya. Accosato sendiri tersedia berbagai macam warna dan bisa disesuaikan dengan motor atau warna kesukaan dari pengendara.

 

Bengkel modifikasi untuk Z800 sendiri terletak di Tangerang. Lebih tepatnya di Ruko Mendrisio 3 Blok B No.17, Jalan Boulevard iL Lago, Cihuni, Pagedangan, Tangerang, Banten 15332. One3 sendiri menyediakan banyak berbagai parts motor dan juga tersedia berbagai merk yang terkenal dan dijamin originalitasnya. Apa saja yang di kerjakan oleh One3 antara lain yaitu menerima servis, menjual aksesoris, dan ganti gan motor. Banyak dari konsumen One3 adalah orang-orang yang mau memodifikasi motornya dengan parts original. Dalam kata lain adalah dengan menggunakan barang yang sudah plug n play, sehingga tidak mengalami kesulitan atau adanya masalah pada saat pemakaian motor sehari-hari. Selain itu One3 sendiri dapat menjemput motor yang mau dimodifikasi dengan ada biaya tambahan tersendiri untuk membetulkan atau menghiasi motor tersebut.